Cara Membuat 5 Resep Sarapan yang Praktis dan Sehat Bagi Tubuh

Cara Membuat 5 Resep Sarapan yang Praktis dan Sehat Bagi Tubuh

Sarapan pagi merupakan hal yang paling penting dan hukumnya wajib untuk kita melaksanakannya sebelum melaksanakan segala macam kegiatan sehari – hari. Sarapan merupakan hal yang penting yang biasanya selalu dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Biasanya kebanyakan orang tidak sempat untuk sarapan terlebih dahulu karena telat sehingga mengabaikan sarapan dan langsung beraktifitas. Misalnya anak sekolahan yang bangun kesiangan ataupun seorang Ibu yang tidak cukup waktu di pagi hari untuk membuatkan sarapan untuk anaknya merupakan hal yang sudah biasa di kalangan masyarakat.
Cara membuat resep sarapan pagi yang praktis dan sehat
Cara membuat resep sarapan pagi yang praktis dan sehat


Sarapan yang baik harus memilih makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang baik juga untuk mengisi energi ketika kita hendak melakukan aktifitas rutin. Makanan berat memang sangat dianjurkan ketika sarapan pagi karena sangat baik untuk menambah stamina tubuh kita. Sarapan tidak akan membuat tubuh kita menjadi gemuk asalkan makannya dengan porsi yang pas tidak berlebihan.

Beberapa wanita karir sering mengeluhkan dalam hal untuk membuatkan sarapan yang terkesan ribet. Biasanya mereka berpikiran membuat sarapan itu harus membutuhkan waktu yang lama dan mereka harus berangkat kerja di pagi hari. Hal tersebut yang biasanya sering menjadikan orang – orang melalaikan untuk sarapan makanan yang sehat. Padahal membuat sarapan itu tidak selalu ribet dan membutuhkan waktu yang banyak.

Berikut beberapa resep untuk menu sarapan yang praktis dan sehat:
1. Salad buah

Buah mengandung banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari. Salad buah merupakan menu sarapan yang praktis dan menyehatkan tubuh kita. Selain rasa buah yang segar, waktu yang dibutuhkan untuk membuat salad buah ini tidaklah banyak, hanya 5 – 10 menit saja. Sehingga sangat mengefektifkan waktu Anda untuk pergi kerja maupun sekolah.

Cara membuat salad buah cukup mudah yaitu dengan memotong kecil-kecil buah-buahan yang dijadikan sebagai bahan menu sarapan misalnya buah melon, apel, strawberry, dan mangga. Kemudian buah – buahan tersebut dicampurkan dengan yoghurt, susu kental manis, dan sedikit madu. Salad buah ini juga bisa dibuat dalam jumlah yang banyak kemudian disimpan di dalam kulkas, sehingga ketika Anda sarapan atau ingin memakan salad buah tinggal mengambilnya dari kulkas. Sungguh praktis bukan makanan yang satu ini?
2. Sereal

Bagi orang yang biasa terburu – buru, makanan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan. Anda cukup menyediakan sereal dan susu di kulkas dan di pagi hari Anda bisa membuat sereal sebagai menu sarapan Anda. Membuat sereal cukup dengan 5 menit saja bahkan bisa kurang dari 5 menit dan langsung bisa dimakan. Selain cepat dalam pembuatannya namun tetap kandungan gizinya sangat baik untuk sarapan di pagi hari dan tetap mengenyangkan perut Anda.

Anda cukup menaruh sereal ke dalam mangkuk, kemudian menuangkan susu ke dalam sereal tersebut. Selain itu Anda juga bisa menambahkan buah – buahan ke dalam sereal tersebut sesuai selera Anda. Sereal tersebut siap disajikan dan cocok sebagai menu sarapan bagi keluarga Anda.
3. Sandwich

Satu buah sandwich dimakan di pagi hari sangat baik karena kandungan gizi lengkap dari beberapa bahan makanan penyusunnya. Kandungan dari sandwich ini mulai dari karbohidrat, protein, dan vitaminnya bisa diperoleh dengan mengonsumsi satu buah sandwich saja ketika sarapan. Pembuatannya pun sangat praktis dan tidak memakan banyak waktu sehingga sangat efektif bagi Anda yang terburu – buru.

Pembuatan satu buah sandwich ini cukup menyiapkan 2 lembar roti tawar yang sudah dibuang bagian kulitnya. Roti tersebut dipanggang sebentar di teflon hingga warna sedikit kecoklatan tanpa ditambahkan margarin. Kemudian diantara roti tawar tersebut diisi dengan isian yang terdiri dari selembar keju, selembar daun selada, seiris daging, irisan tomat, dan dikasih mayonaise. Selain itu Anda juga bisa menambahkan telur rebus sebagai isiannya yang telah dibelah menjadi 2 hingga 4 bagian. Isian Sandwich tersebut bisa disesuaikan keinginan Anda. Sandwich siap untuk disantap di pagi hari sebelum melakukan aktifitas seharian.
4. Orak – arik / telur dadar

Telur merupakan jenis makanan yang sangat populer di semua kalangan masyarakat. Telur ayam diketahui mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik dijadikan sebagai bahan makanan untuk sarapan di pagi hari. Selain kandungan protein yang tinggi, telur ayam ini juga memiliki kandungan vitamin yang banyak. Kandungan vitamin tersebut meliputi vitamin A, vitamin B6 dan B12, zat besi, kalsium, dan fosfor. Telur ayam ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi anak – anak karena membantu dalam perkembangan otaknya.

Pembuatan orak – arik ini sangat mudah sekali. Anda cukup memecahkan beberapan butir telur misalkan 3 atau 4 butir telur ke dalam mangkuk, kemudian ditambahkan sedikit garam dan dikocok hingga mengembang. Setelah telur mengembang kemudian telur tersebut di goreng di wajan yang telah dipanaskan. Kemudian pada saat digoreng telur tersebut di kocok – kocok sehingga menjadi potongan – potangan kecil dari telur dadar. Lebih baik lagi jika pada telur tersebut sebelum digoreng ditambahkan irisan bawang merah. Tetapi bagi Anda yang tidak menyukai bawang merah Anda cukup membuatnya dengan bahan telur saja tanpa penambahan yang lain.
5. Milkshake

Jika Anda termasuk orang yang susah makan makanan berat di pagi hari, maka milkshake lah solusinya. Sarapan dengan memakan makanan yang berat biasanya sebagian orang merasa malas untuk sarapan. Ketika Anda tidak suka makan makanan yang padat di pagi hari, maka Anda bisa meminum sarapan berbentuk cair ini.

Praktis dalam pembuatannya dan bahan yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Pembuatannya sangat mudah sekali yaitu dengan cara memblender susu ditambah sedikit air yang dicampur dengan buah – buahan sesuai selera misalnya menambahkan buah pisang, apel, dan lain-lain. Biar rasanya tambah enak, Anda bisa menambahkan sedikit vanilli dan madu.

Itulah kelima resep yang sangat praktis untuk Anda buat sebagai menu sarapan pagi. Selain Anda kenyang sarapan di pagi hari, Anda juga dapat tetap menjaga kesehatan tubuh, waktu yang terpakai untuk menyiapkan sarapan pun tidak terlalu banyak sehingga Anda tidak usah terburu – buru lagi untuk pergi bekerja atau sekolah. Kebersihan pun pastinya akan tetap terjaga apabila pengolahannya di buat sendiri.

Jadi untuk sekarang ini tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak sarapan karena keterlambatan waktu, pembuatan sarapan yang ribet, takut gemuk, dan lain sebagainya. Mulailah pola hidup sehat setiap hari dengan cara selalu melakukan sarapan di pagi hari sebelum melakukan kegiatan harian. Selalu menjaga kesehatan tubuh dengan tidak menyepelekan hal – hal yang kecil yang sering Anda tinggalkan. Budayakan hidup sehat dari sekarang juga. Selamat mencoba ya.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar