8 Tips Sebelum Memodifikasi Mobil

8 Tips Sebelum Memodifikasi Mobil

Ternyata bukan hanya dunia properti seperti perumahan dan fashion yang kerapkali berganti-ganti model tiap tahunnya, namun dunia otomotif juga tidak ingin ketinggalan dengan melakukan modifikasi yang unik dan keren pada sejumlah kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Hal itu dikarenakan agar tidak terlihat monoton, mudah bosan serta mampu menciptakan daya kreativitas kita dalam memodifikasikan sebuah kendaraan pribadi bagi pecinta modifikasi otomotif tentunya. Sehingga, belakangan ini semakin marak dan bermunculan penjual aksesoris variasi mobil yang telah menyebar di sejumlah daerah serta kota-kota besar, dan menjadikannya menarik untuk dikupas lantaran usaha tersebut seakan tidak pernah sepi dari pelanggan khususnya yang ingin memodifikasikan mobil pribadinya. Sebab, dengan menjual aksesoris mobil jauh lebih menguntungkan dan tidak akan rugi, karena saat ini dengan kemajuan teknologi yang canggih mayoritas orang sudah semakin menyukai dunia otomotif, apalagi jika mereka yang hobi mobil sport. Bahkan, banyaknya aksesoris mobil juga terkadang membuat para pecinta otomotif terutama modifikasi mobil kebingungan mencari aksesoris yang tepat untuk memodifikasi mobil mereka, dimana mereka sudah merancang terlebih dulu sedemikian rupa sesuai keinginannya.

[caption id="attachment_1174" align="aligncenter" width="635"]Tips sebelum memodifikasi mobil Tips sebelum memodifikasi mobil[/caption]

Di dalam modifikasi mobil itu sendiri tidak memandang mobil-mobil keluaran baru yang akan dimodifikasi, tapi mobil-mobil tua di bawah tahun 2000-an pun masih bisa diperbaharui dengan cukup keren dan menarik. Bagi pecinta modifikasi mobil itu sendiri bahkan merasa puas meskipun harus rela merogoh banyak kocek demi kesenangan hobi dan juga meningkatkan kreativitas dalam mendesainnya. Dari sekian jenis mobil berbagai merek, rata-rata mobil yang kerap dimodifikasi itu biasanya jenis sedan / city car dan MPV. Selain jenis mobil, juga ada bagian-bagian mobil yang orang seringkali modifikasi yakni interior dalam mobil dan bagian kaki.

Membuat bagian kaki itu di dalam modifikasi mobil maksudnya menjadi lebih pendek dalam modifikasi sebenarnya sudah lama merasuki tanah air, terutama bagi para anak muda pengendara mobil. Modifikasi seperti ini lebih akrab atau dikenal dengan sebutan Modifikasi ‘ceper’, jika di negara Eropa biasa disebut low rider. Tampilan modifikasi dengan gaya ceper inilah bisa menjadikan mobil semakin lebih keren untuk dilihat. Banyak cara agar bisa menjadikan mobil terlihat lebih ceper, mulai dari yang rela melakukan potong memotong per dan shock absorber original ataupun after market hingga dengan mengaplikasikan lowering kit suspension yang hanya tinggal plug n play, namun untuk hal ini anda harus rela mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkannya. Karena, untuk memodifikasikan mobil dengan gaya ini diperlukan uang yang berkisar 400.000 hingga 1 juta tergantung tingkat kesulitan per dan shock absorber serta jenis mobilnya.

Tidak ada salahnya sebelum melakukan modifikasi mobil, ada beberapa tips dan kiat untuk memilih aksesoris serta variasi mobil untuk modifikasi mobil kesayangan anda, diantaranya :

  1. Pastikan terlebih dulu konsep desain yang anda buat agar tidak menyesal saat mobil hendak dimodifikasi.

  2. Perhitungkan dan pastikan budget variasi mobil untuk memodifikasi sesuai dengan konsep desain yang anda buat sendiri.

  3. Pastikan bagian mana dahulu yang anda akan modifikasi dan konsepkan dengan detail setiap bagian yang ingin dimodifikasikan.

  4. Variasi mobil juga disesuaikan dengan kebutuhan modifikasi mobil anda sendiri, jadi jangan membeli aksesoris mobil yang terlalu berlebihan dan menjadikan hal tersebut di luar konsep yang anda inginkan, sehingga terjadi pembengkakan pada budget yang anda keluarkan.

  5. Perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil anda, sehingga saat anda memodifikasi mobil, anda dapat mengetahui variasi mobil apa saja yang anda harus beli untuk memodifikasikannya.

  6. Pastikan juga memilih toko penjual variasi mobil atau aksesoris mobil yang lebih berpengalaman atau profesional dan terjamin kualitas produk yang akan dibeli.

  7. Jangan terpaku dengan harga, harga murah belum tentu kualitas rendah demikian sebaliknya. Namun, hendaknya anda lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih aksesoris mobil.

  8. Saat anda hendak memodifikasi mobil tidak ada salahnya anda memastikan spare part mobil asli anda disimpan dengan baik karena apabila suatu saat ingin merubah kembali tampilan mobil anda ke bentuk semula, anda akan dengan mudah dan cepat untuk menggantinya.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar