7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Secara Alami

7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Apalagi bagi wanita. Karena, mempunyai berat badan yang berlebihan tidak hanya akan membuat kita terasa kurang nyaman. Namun juga bisa membuat krisis rasa percaya diri. Selain itu, mempunyai berat badan yang berlebihan juga beresiko terhadap berbagai macam penyakit mematikan. Seperti jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan berbagai penyakit serius lainnya.

[caption id="attachment_1104" align="aligncenter" width="635"]Tips diet menurunkan berat badan Tips diet menurunkan berat badan (Ilustrasi/pdpics)[/caption]

Oleh karena itu, jika kita mempunyai berat badan di atas rata-rata normal, sudah semestinya kita perlu melakukan cek kesehatan. Atau minimal berusaha untuk mengurangi berat badan secara perlahan. Di pasaran banyak sekali dijual bebas obat pelangsing atau penurun berat badan. Biasanya menggunakan iklan yang sangat menggiurkan. Misalnya dalam sebulan bisa turun hingga 10 kg.
Sebaiknya hati-hati jika mendapat tawaran seperti itu. Karena menurunkan berat badan yang terlalu ekstrim juga akan mengundang masalah baru. Misalnya tubuh akan kehilangan banyak cairan. Karena sistem kerja obat tersebut ialah dengan cara membuang cairan dan makanan yang kita makan melalui buang air kecil atau buang air besar yang berlebihan. Selain itu, tubuh juga akan kekurangan asupan gizi. Karena makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh kita akan serta merta terbuang begitu saja tanpa melakukan proses pencernaan terlebih dahulu.

Maka dari itu, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sebaiknya kurangilah sedikit demi sedikit dengan cara yang proporsional. Jangan tergiur degan berbagai iklan yang ada di media cetak, elektronik, maupun banyak yang ditawarkan di online shop media sosial. Berikut ada beberapa tips cara mengurangi berat badan dengan langkah yang alami dan tentunya lebih aman.

1. Niat Dengan Disertai Komitmen


Ini merupakan langkah pertama dan utama namun sangat menentukan. Menanamkan niat yang sungguh-sungguh untuk bisa menurunkan berat badan saja tidaklah cukup. Harus juga dibarengi dengan komitmen yang sungguh-sungguh pula. Komitmen yang bagus akan membuat kita menjalankan program diet dengan kontinyu atau berkesinambungan. Sehingga, jika ada beberapa hal yang membuat kita merasa tergoda, komitmen tersebut akan membantu kita untuk kembali pada program yang telah kita jalankan.

2. Memahami Tentang Konsep Kalori


Yang membuat tubuh gemuk ialah cadangan makanan yang berlebihan dan tidak digunakan tertumpuk pada bawah lapisan kulit. Cadangan ini akan digunakan jika tubuh merasa kekurangan kalori untuk bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Konsep ini akan sangat penting kita terapkan saat kita sedang diet.
Kita harus mengerti terlebih dahulu. Berapa kebutuhan kalori maksimal yang diperlukan oleh tubuh kita dalam sehari? Setelah kita mengetahui, konsumsilah makanan kurang dari kebutuhan kalori dalam sehari. Karena tubuh akan reflek mengambil kekurangan kalori harian dari cadangan lemak yang ada pada bawah lapisan kulit kita.

Pertanyaannya kemudian ialah, bagaimana kita tahu berapa jumlah kalori yang kita perlukan dalam sehari? Jika kita tidak bisa menghitung sendiri, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter. Agar dokter bisa menghitung berapa jumlah kalori harian kita. Selain itu, dokter akan memberikan resep menu yang bisa kita konsumsi untuk mejalani program diet. Menu ini tentunya menu sehat yang kaya akan zat-zat yang diperlukan tubuh namun rendah kalori dan lemak.

3. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih


Salah satu fungsi air putih bagi tubuh ialah untuk menyuplai cairan tubuh agar tidak terkena dehidrasi. Selain itu, air putih juga akan membantu proses metabolisme. Yaitu sebuah proses yang dilakukan tubuh untuk mengubah kalori menjadi tenaga. Dengan asupan air putih yang cukup, tubuh akan lebih mudah mengubah kalori yang masuk dalam tubuh menjadi tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Sehingga kalori tidak berlebihan dan menumpuk hingga menjadi lemak.
Untuk menunjang diet, sebaiknya minumlah air putih minimal 8 gelas dalam satu hari. Hindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula dan soda.

4. Rutin Berolah Raga


Olah raga juga mempunyai peranan penting dalam usaha kita untuk menurunkan berat badan. Karena dengan kita berolah raga, akan banyak kalori dalam tubuh yang dibakar untuk tenaga. Usahakan berolah raga minimal seminggu tiga kali. Melakukan jogging ringan atau jalan santai selama 45 menit.

Bagi yang mempunyai aktivitas padat, seperti sibuk kerja di kantor, sibuk sekolah atau kuliah, dan berbagai kesibukan lainnya, mungkin tidak ada waktu untuk berolah raga. Kita bisa menyiasatinya. Misalnya, jika ruangan kantor kita masih bisa dijangkau dengan tangga, sebaiknya pilihlah menggunakan tangga daripada menggunakan lift. Parkir mobil atau motor jauh dari kantor. Sehingga kita ada waktu untuk berjalan dengan langkah kaki. Luangkan sedikitnya 15 menit waktu istirahat siang kita untuk sekedar senam ringan atau menggerakkan tubuh lainnya.

5. Perbanyak Mengonsumsi Serat


Sudah bukan rahasia lagi. Serat merupakan makanan utama yang diperlukan untuk bisa mengurangi berat badan. Fungsi serat bagi tubuh ialah untuk mempermudah pembuangan sisa makanan yang tidak diperlukan dalam tubuh. Selain itu, serat juga diperlukan untuk melarutkan lemak dan kolesterol jahat yang mengendap pada tubuh. Sehingga tubuh akan terasa lebih ringan dan sehat dengan banyak mengonsumsi serat.
Serat akan banyak kita temui pada buah-buahan dan sayuran. Seperti buah pisang, nanas, pepaya, pear, jambu buji, dan buah lainnya. Sedangkan pada sayuran, akan banyak kita temui pada bayam, brokoli, beet, asparagus, kangkung, sawi, dan sayuran hijau lainnya.

6. Perbanyak Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat Kompleks

Jenis karbohidrat ada dua. Yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana akan cenderung susah untuk dicerna. Sehingga akan mengendap di bawah jaringan kulit dalam bentuk lemak. Karbohidrat sederhanya banyak kita temukan pada nasi, pasta, mie, dan lain sebagainya.

Sedangkan karbohidrat kompleks ialah karbohidrat yang mudah dicerna menjadi energi. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ialah sereal, kacang-kacangan, oat meal, gandum dan beras merah. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses penurunan berat badan, konsumsilah makanan yang mengandung banyak karbohidrat kompleks.

7. Perhatikan Cara Memasak Makanan


Cara memasak makanan juga berpengaruh terhadap jumlah kalori. Memasak makanan dengan cara menggoreng atau memanggang akan menambah jumlah kalori pada makanan. Jika ingin tetap mengonsumsi makanan sehat namun dengan kalori yang secukupnya, sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi makanan yang pengolahannya dengan cara direbus atau ditanak.
Mungkin rasanya memang kurang lezat. Tapi itu lebih baik daripada kita mengkonsumsi makanan yang kelebihan kalori karena dimasak dengan cara digoreng. Selain itu, hindari juga makanan yang cara penyajiannya dengan cara instan. Seperti makanan-makanan yang disajikan oleh restoran junk food atau food court.

Itulah beberapa cara untuk menurunkan berat badan secara alami. Cara-cara di atas memang tidak bisa menghasilkan hasil yang cepat dan instan. Hasilnya akan dilihat secara perlahan namun tetap pada diet yang sehat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar