7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehabisan Ide Menulis Artikel

7 Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehabisan Ide Menulis Artikel

Menulis itu susah-susah gampang. Untuk pemula, hal ini tidaklah mudah tentunya. Lalu, gimana kalau deadline mewajibkan kita untuk tetap menulis dan itu justru menyebabkan writer’s block? Tenang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kehabisan ide menulis artikel.

[caption id="attachment_1138" align="aligncenter" width="500"]Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehabisan Ide Menulis Artikel Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehabisan Ide Menulis Artikel (Ilustrasi/flickr)[/caption]

1. Nonton TV


Tonton apa saja, bagi yang suka berita, kartun, drama korea, atau suka iklan salam hormat cekrek pun boleh. Dari menonton TV, biarkan imajinasimu bekerja dan menyiratkan suatu hal untuk dijadikan topik artikel.
Misalnya, sedang menonton iklan, lalu tiba-tiba ingin menuliskan tentang gaya selfie paling apalah, atau mungkin menonton infotainment dan berpikir untuk menulis tentang bagaimana tips untuk membuat sensasi yang panas! Itu pun sah-sah saja. Jadi, berimajinasilah!

2. Membaca buku


Memang untuk saat ini, masih sedikit orang yang memiliki kegemaran membaca buku. Tapi, biasanya penulis memiliki kegemaran yang angker satu ini. Coba untuk membuka koleksi buku-buku lama, atau sekadar browsing di goodreads untuk melihat buku-buku tertentu yang disukai.
Lagi-lagi, biarkan imajinasi mengambil alih kendali pikiran itu. Dari buku, biasanya akan ditemui banyak hal baru yang ternyata terjadi di suatu tempat entah di mana. Misalnya, dari buku bisa mengenal jenis penyakit tertentu, maka bisa dibuatlah artikel tentang bagaimana mengatasi hal tersebut.

3. Piknik


Jika masih punya waktu luang, ini yang harus dilakukan supaya tidak dibilang kurang piknik—eh bukan, supaya mendapatkan ide untuk menulis. Kalau untuk piknik atau jalan-jalan, ajaklah seorang atau beberapa teman agar bisa ada teman ngobrol dan tidak dikira seorang antisosial yang hanya berteman dengan buku.
Selama perjalanan, pasti akan banyak hal yang bisa dilihat dan dibicarakan, cobalah untuk mengingat atau menulis dan mengabadikan gambar. Mungkin setelah pulang, bisa menuliskan tentang tempat-tempat yang bagus dikunjungi ketika suntuk atau manfaat menjadi orang yang cukup piknik.

4. Membuat craft


Membuat kerajinan tangan bisa ditemukan dengan kata kunci DIY (Do It Yourself). Seperti kata-katanya, lakukan sendiri. Ini mungkin tidak akan memberikan ide apa-apa untuk menulis. Tapi, jika tidak punya ide menulis, cobalah mencari uang dengan cara lain yang menyenangkan dan mudah dilakukan!
Tapi, mungkin dengan ini bisa pula ditulis tentang bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minimalis.

5. Memasak


Sama seperti sebelumnya, hal ini bisa jadi tidak akan menghasilkan ide, kecuali menuliskan tentang masakan itu sendiri. Tapi ini akan membuat kenyang. Itu menyenangkan, apalagi penulis kebanyakan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk dan lupa makan.

6. Tidur


Santai dan beristirahatlah. Cobalah untuk memikirkan tentang ide tulisan sebelum tidur hingga terbawa mimpi. Saat akan terbangun, jangan segera bangkit, coba untuk menyimpan mimpi dalam ingatan jika itu nantinya berguna. Jika tidak bermimpi, silakan ulang kembali.

7. Mencari tips di internet


Sebenarnya, ini sudah tidak perlu ditulis karena saat ini pasti yang membaca sedang kehabisan ide. Sama seperti saya. Tapi, penulis itu kreatif. Bahkan, dari kehabisan ide pun bisa menjadi sebuah ide.
Seperti ini, saya menulis karena memang kehabisan ide untuk menulis.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kehabisan ide menulis artikel. Yang penting, jangan berputus asa, tetap semangat. Jika memang sedang tidak ada ide menulis artikel, cobalah untuk menulis yang lain, atau lakukan kegiatan lain. Membebani diri hanya membuat writer’s block semakin meracau. Semoga bermanfaat  :)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar