6 Tips Membuat Makanan Sehat yang Sederhana untuk Anak Kos

6 Tips Membuat Makanan Sehat yang Sederhana untuk Anak Kos

Hidup jauh dari orang tua membuat mahasiswa atau anak kos sering tidak memperhatikan pola makan. Selain itu, kesibukan membuatnya tidak memikirkan apakah makanan yang dikonsumsi sudah cukup sehat. Untuk itu, ada beberapa tips untuk membuat masakan sehat dan sederhana. Tak perlu bahan yang ribet dan cukup dimasak sejenak.

6 Tips Membuat Makanan Sehat yang Sederhana untuk Anak Kos


[caption id="attachment_1088" align="aligncenter" width="635"]Makanan Sehat Untuk Anak Kos Makanan Sehat Untuk Anak Kos (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Oatmeal in a jar


Bahan yang kamu butuhkan ialah oatmeal, buah-buahan yang kamu sukai, dan susu (boleh menggunakan susu cair, kental manis, maupun susu almond). Kamu cukup menggunakan jar atau mangkuk. Ambil oatmeal secukupnya dan rebus hingga berubah tekstur sesuai selera. Tambahkan susu dan letakkan dalam wadah jar atau mangkuk. Tambahkan buah-buahan sebagai topping, topping lain seperti coklat parut atau keju parut juga bisa loh!

2. Schotel macaroni


Siapkan macaroni atau pasta apa saja yang disukai, garam dan penyedap rasa, susu atau santan, pelengkap lain seperti kornet; baso; atau sosis yang sudah diiris-iris. Panaskan susu atau santan, aduk perlahan dan masukkan bahan-bahan yang lain. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Jika sudah matang, masukkan dalam wadah tahan panas dan kukus. Sebenarnya jika tidak ingin mengukus, macaroni bisa dimakan langsung setelah matang.

3. Salad sayuran


Siapkan sayuran yang kamu suka seperti selada yang disobek-sobek, mentimun, wortel, tomat, dan paprika. Potong sayuran tersebut sesuai selera. Tambahkan potongan keju lalu tambah minyak zaitun atau minyak wijen secukupnya. Jika kamu suka, tambahkan mayonnaise dan aduk-aduk hingga tercampur rata. Salad sudah siap hanya kurang dari 10 menit!

4. Onigiri ayam


Onigiri atau nasi kepal ini cukup mudah dibuat dan yang jelas mengenyangkan. Yang perlu disiapkan ialah bahan isi berupa ayam (bisa pula diganti sesuai selera), nasi hangat secukupnya, dan nori. Pertama, tumis bahan isi dengan bumbu sesuai selera, untuk ayam lebih baik dicincang terlebih dahulu. Lalu ambil segenggam nasi hangat dan tambahkan bahan isi yang sudah ditumis. Bentuk menjadi bola-bola atau segitiga. Bungkus dengan nori, jika tidak ada nori pun tidak masalah.
Selain langsung dimakan, onigiri ini bisa dibawa sebagai bekal makan siang agar tidak melewatkan waktu makan.

5. Nasi godog atau nasi rebus


Siapkan bumbu sesuai selera seperti bawang putih, garam, kecap dan penyedap rasa. Ambil pula sayuran sesuai selera, ayam atau sosis, sebutir telur, nasi putih, serta mie yang sudah matang. Tumis bawang putih hingga harum, tuangkan air dan biarkan hingga mendidih serta tambahkan garam dan penyedap rasa. Masukkan kocokan telur sambil terus diaduk.

Telur tersebut akan menjadi gumpalan-gumpalan kecil. Tambahkan kecap dan sayuran. Terakhir, tambahkan nasi dan mie. Aduk hingga matang dan sajikan dalam piring/mangkuk.

6. Tim telur


Siapkan kaldu ayam, 3-4 butir telur ayam, garam, merica, air, dan minyak sayur. Bahan tambahan bisa ditambahkan secara optional.
Kocok lepas telur dan tambahkan bumbu-bumbu. Tuangkan satu gelas air (sekitar 200ml) dan tambahkan bahan tambahan seperti potongan wortel, kentang, daun bawang, sosis, ataupun daging ayam cincang dan aduk hingga tercampur. Letakkan dalam wadah tahan panas dan kukus hingga matang. Tim telur sudah siap!

Memasak bukanlah hal yang sulit. Yang perlu dimiliki ialah bumbu sesuai dengan selera. Resep pun bisa diakali atau dimodifikasi sedemikian rupa. Tumis-tumis yang sudah membosankan pun bisa jadi menarik dengan mengganti bahan yang ditumis.

Jika kamu anak kos yang punya kesibukan segudang dan sering lupa makan, tentu beberapa tips membuat makanan sehat yang sederhana ini bisa membantu! Semoga bermanfaat  :)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar