6 Cara Merawat Wajah Alami dengan Buah-Buahan

6 Cara Merawat Wajah Alami dengan Buah-Buahan

Wajah yang cerah, halus, dan bersih bersinar, bebas dari jerawat merupakan dambaan bagi kaum perempuan. Banyak dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan wajah. Berbagai perawatan wajah mereka lakukan, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak heran, jika ada yang menempuh jalur operasi plastik atau suntik silikon pada bagian wajah, agar tetap terlihat cantik mempesona dan awet muda.

[caption id="attachment_1185" align="aligncenter" width="525"]Cara alami merawat wajah dengan buah-buahan Cara alami merawat wajah dengan buah-buahan (Ilustrasi/pexels)[/caption]

Dari berbagai jenis perawatan wajah, dari menggunakan pembersih wajah yang mahal, facial, hingga suntik silikon semua mengandung zat kimia yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Dan tidak sedikit produk kecantikan yang dijual di pasaran dengan harga murah, dengan iming-iming dapat membuat wajah putih, bersih dan tidak berjerawat. Namun dalam produk tersebut, terdapat zat kimia berbahaya yang tidak diijinkan penggunaannya untuk kulit, karena dapat menyebabkan resiko kanker. Dan tidak sedikit dari mereka yang menggunakan produk kecantikan tersebut, wajahnya menjadi seperti terbakar atau jerawat yang tumbuh semakin banyak.

Dalam perawatan wajah yang paling baik ialah melakukannya dengan bahan-bahan alami, yang dapat kita olah sendiri pembuatannya. Dalam melakukan perawatan wajah yang alami, tentu tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dan jauh lebih aman juga lebih sehat untuk kulit wajah kita. Jadi, kita pun tidak perlu khawatir pada zat kimia yang biasanya dapat kita temukan dalam produk kecantikan. Yang paling penting ialah kita tetap konsisten untuk melakukan perawatan wajah.

Tahukah anda, bahwa banyak sekali bahan-bahan alami yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita gunakan untuk merawat kulit wajah. Dan, salah satu bahan alami tersebut ialah buah-buahan yang sering kita kosumsi. Kalau biasanya kita mengosumsi buah-buahan sebagai pencuci mulut, atau jus maupun tambahan dalam masakan yang kita makan sehari-hari, tapi kali ini kita akan menggunakan buah-buahan tersebut sebagai cara alami dalam merawat wajah, selain buah . Untuk mendapatkannya pun tidak sulit. Karena buah-buahan yang kita gunakan untuk perawatan wajah, banyak dijual di pasar tradisional atau pasar modern, maupun supermarket. Dari bahan-bahan yang alami, kita dapat merawat wajah tanpa efek samping apapun.

Lalu, buah apa saja yang dapat kita gunakan untuk perawatan wajah sebagai masker selain buah bengkoang?

Di sini saya akan memberikan, tips dan cara merawat wajah dengan alami menggunakan buah-buahan:

  1. Buah Mentimun.


Kalau kita sering menjadikan buah mentimun ini sebagai salah satu yang sering kita makan untuk lalapan bersama sambal, tapi di sini saya akan menjadikan buah mentimun sebagai masker untuk wajah.

Banyak manfaat yang dapat kita ambil dan rasakan dari buah mentimun, salah satunya ialah untuk kulit sebagai masker wajah. Berikut ini cara membuat masker buah mentimun :

  • Siapkan buah mentimun, putih telur dan perasan air jeruk nipis.

  • Bersihkan buah mentimun dengan air hingga kotoran pada kulit mentimun hilang, lalu haluskan dengan blender.

  • Saringlah jus mentimun tersebut, lalu buang ampasnya.

  • Tambahkan perasan air jeruk nipis, lalu aduk rata.

  • Tambahkan sedikit putih telur pada jus mentimun, lalu aduk rata hingga menjadi seperti pasta.

  • Masker mentimun siap digunakan


Sebelum menggunakan masker mentimun, cuci terlebih dahulu wajah anda dengan air hangat. Setelah itu baru masker mentimun dibalurkan ke seluruh permukaan wajah. Biarkan masker mentimun itu selama 30 menit, sampai benar-benar meresap ke dalam pori-pori wajah anda. Lalu, bersihkan wajah anda dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin, agar pori-pori wajah anda tertutup kembali.

Manfaat buah mentimun untuk wajah adalah :

  • Mencerahkan kulit wajah

  • Mengencangkan kulit wajah

  • Melembabkan kulit wajah

  • Menghaluskan kulit wajah

  • Mengatasi wajah berjerawat


Atau yang paling sederhana, anda dapat memotong bagian buah mentimun yang sudah dibersihkan seperti bentuk potongan mentimun yang akan dijadikan lalapan tapi potongannya lebih tipis. Namun mentimun tersebut tidak untuk dimakan, tempelkan mentimun yang sudah dipotong pada permukaan wajah. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bersihkan wajah anda dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin. Ini yang biasa saya gunakan saat pagi hari dan menjelang tidur.

  1. Buah Tomat


Buah tomat ini sering kita temukan dalam sajian makanan. Buah tomat mengandung vitamin C dan bersifat antioksidan yang mampu mengatasi jerawat dan flek hitam pada wajah.

Berikut cara membuat masker tomat :

  • Haluskan tomat dengan blender, seperti membuat jus tomat. Tapi bukan untuk diminum. Untuk menambah khasiat, anda dapat mencampurnya dengan gula merah dan jeruk nipis.

  • Oleskan masker tomat pada wajah, sambil dipijit perlahan membentuk lingkaran O. Lalu diamkan 15-20 menit.

  • Bersihkan dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin, agar pori-porinya tertutup


Manfaat masker tomat :

  • Membersihkan kulit wajah

  • Mengecilkan pori-pori kulit wajah

  • Mengatasi wajah berjerawat dan flek hitam

  • Mengatasi kulit berminyak

  • Mencerahkan kulit



  1. Buah Wortel


Yang kita tahu selama ini, buah wortel sangat baik untuk mata. Tapi sebenaranya, buah wortel ini sangat kaya manfaatnya. Bukan hanya untuk kesehatan saja, salah satunya ialah untuk kesehatan kulit wajah. Kita dapat menjadikan buah wortel sebagai masker untuk wajah. Berikut cara membuat masker buah wortel :

  • Gunakan 2-3 wortel, lalu tambahkan 3-4 sendok teh madu.

  • Rebus wortel hingga matang, lalu hancurkan wortel menggunakan sendok atau garpu hingga halus.

  • Lalu campurkan madu, tuangkan secara perlahan dan aduk hingga rata seperti pasta.

  • Setelah itu, oleskan masker wortel pada kulit wajah dan diamkan selama 20 menit.

  • Jika sudah selesai, bersihkan wajah anda dengan air hangat.



  1. Buah Pisang


Kalau biasanya kita memakan buah pisang sebagai pencuci mulut atau pengganti nasi saat diet, tapi kali ini kita akan menggunakan buah pisang untuk kulit wajah sebagai masker.

Memang bisa buah pisang digunakan sebagai masker wajah?

Tentu bisa. Buah pisang mengandung antioksidan dan mucopolysaccharides yang dapat membuat wajah anda bersinar dan mengatasi jerawat. Berikut cara membuat masker pisang :

  • Siapkan 2-3 buah pisang yang berukuran sedang.

  • Tumbuklah buah pisang hingga halus, lalu pindahkan ke dalam mangkok.

  • Tambahkan 2 sendok teh madu, lalu diaduk hingga membentuk seperti pasta.

  • Jika sudah selesai, oleskan masker buah pisang ke wajah hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat dan bilas dengan air dingin.



  1. Kayu Manis


Kayu manis ini sebenarnya sudah digunakan sejak dulu oleh nenek moyang kita dalam mengatasi jerawat. Kita dapat menemukan kayu manis dalam beberapa menu masakan, seperti semur daging.

Cara membuat masker kayu manis ini sangat mudah dan sederhana, anda hanya cukup mencari kayu manis yang sudah menjadi bubuk dan ditambahkan madu. Lalu dua bahan tersebut dicampurkan dan dioleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat. Penggunaan masker kayu manis ini lebih baik digunakan saat malam hari menjelang tidur agar lebih maksimal, lalu biarkan selama semalam.

  1. Buah Alpukat


Buah alpukat biasanya kita sering meminumnya sebagai jus yang di atasnya ditambahkan susu cokelat. Betapa nikmatnya jus alpukat.

Selain nikmat untuk jus, buah alpukat mempunyai manfaat yang juga sangat baik untuk wajah. Buah alpukat dapat kita jadikan sebagai masker untuk wajah yang kusam. Karena wajah yang kusam membuat anda tidak bersemangat.

Cara membuat masker alpukat sangat mudah dan tidak perlu banyak bahan tambahan untuk menambah khasiatnya. Cukup tambahkan madu dan beberapa tetesan air perasan jeruk nipis saja. Lalu campurkan semua bahan dan aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah. Gunakan minimal sehari sekali, untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itu sedikit tips dari saya, dalam merawat wajah secara alami dengan buah-buahan. Dari beberapa buah yang disebutkan di atas, saya sudah mencobanya dan mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang saya inginkan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dicoba, karena bahan-bahan alami yang digunakan dalam perawatan wajah tidak menimbukan efek samping apapun. Selain murah meriah, kita juga dapat merasakan khasiatnya, dan tentu hidup lebih sehat tanpa harus menggunakan zat kimia apapun dalam perawatan kulit wajah kita. Dan pastinya, membuat anda menjadi lebih hemat. Karena tidak lagi mengeluarkan biaya perawatan wajah yang mahal.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar