10 Cara Jitu Membangun Motivasi Belajar pada Anak

10 Cara Jitu Membangun Motivasi Belajar pada Anak

Untuk membangun motivasi belajar pada anak bukanlah hanya menjadi tanggung jawab guru. Namun kita sebagai orang tua harus berupaya membentuk motivasi anak untuk belajar. Keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak, karena di lingkungan rumah lah anak dibesarkan dan waktunya pun sebagian besar di rumah. Untuk itu perlunya orang tua menjadi pendorong motivasi yang kuat pada anak untuk belajar. Berikut adalah cara jitu membangun motivasi belajar pada anak di rumah :

[caption id="attachment_1092" align="aligncenter" width="635"]Membangun motivasi belajar anak Membangun motivasi belajar anak (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Menciptakan suasana kondusif di rumah


Suasana yang nyaman dan tentram tentu akan membuat anak kerasan di rumah. Hal ini tidak tergantung dari besar kecilnya rumah. Namun situasi yang nyamanlah yang membuat anak menjadi betah melakukan aktivitas dirumah.

2. Menyediakan berbagai sumber dan bahan belajar


Sebagai orang tua kita wajib menyediakan berbagai bahan belajar yang diperlukan oleh anak. Diantaranya buku, media belajar, majalah ataupun bacaan lain yang menarik bagi anak.

3. Memberi reward bagi anak berprestasi


Memberi hadiah jika anak berprestasi di sekolah sebaiknya kita lakukan. Tidak perlu yang mahal, namun hal yang berkesan dan berguna bagi si anak. Hal ini akan membangun motivasi si anak untuk lebih berprestasi lagi.

4. Memberi Pujian


Sebagai orang tua kita mengikuti perkembangan anak. Berikanlah pujian ataupun support lisan agar menambah semangat belajar si kecil.

5. Komunikasi yang sehat dan lancar


Komunikasi antar orang tua dan anak sangat penting. Tidak perlu lagi komunikasi yang formal dan arogan yang membuat anak risih. Sebagai orang tua cobalah mengikuti model komunikasi sesuai perkembangan dinamika anak.

6. Kebiasaan membaca orang tua


Kebiasaan membaca orang tua bisa menimbulkan rasa penasaran pada anak untuk membaca. Jika orang tua senang membaca buku, majalah, koran ataupun senang menceritakan anak buku cerita, maka si anak akan tertarik untuk membaca. Tumbuhkanlah jiwa senang membaca dari kecil.

7. Membangun kreativitas positif


Setiap anak pasti memiliki potensi dan bakat. Sebagai orang tua lihatlah lebih jeli potensi apa yang dimiliki anak kita dan cobalah untuk mengembangkannya menjadi kreatifitas yang positif.

8. Mengontrol kesehatan anak


Dalam aktivitas belajar tentu dibutuhkan keadaan yang fit dan sehat. Perhatikanlah pula kebutuhan nutrisi gizi makanan serta minuman dan juga perhatikanlah keseimbangan antara belajar, bermain dan istirahat.

9. Mengadakan relaksasi


Relaksasi di sini dimaksudkan waktu untuk refresing setelah belajar. Tujuan dari relaksasi ini ialah mengendurkan saraf dan merefresh otak anak yang telah lelah belajar. Ajaklah anak ke tempat yang menarik atau liburan ke tempat wisata.

10. Menumbuhkan nilai spiritual.


Jangan lupa untuk menumbuhkan nilai spritial. Agar anak tetap ingat dengan pencipta dan memiliki nilai moral yang baik. Selain itu pikiranpun menjadi jernih dan tenang sehingga materi pelajaran akan mudah dimengerti.

Itulah 10 cara jitu membangun motivasi belajar pada anak. Semoga trik di atas bisa membantu anak anda lebih berprestasi lagi di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

terimakasih atas tipsnya :) akan saya coba terapkan pada anak didika saya

Balas