Tips Sukses Menulis Novel

Tips Sukses Menulis Novel

Menulis itu gampang, semua orang bisa menulis. Lewat menulis, orang menyalurkan idenya yang terpendam untuk diapresiasikan melalui kata-kata. Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama. Dengan menulis, manusia meninggalkan sebuah karya untuk dikenang. Selain itu, menulis bisa membuat kita terlihat cerdas dan mendapatkan uang.

Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum membuka laptop dan mengetik kata-kata. Tahukah kamu, kata kunci sukses menjadi penulis? PANTANG MENYERAH DAN PERCAYA DIRI. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum memulai menulis novel.

Alasan Menulis

sukses menulis novel
sukses menulis novel

Dari sekian banyak novelis berbakat di Indonesia, kebanyakan dari mereka memiliki alasan menulis adalah:

  • Punya bakat
    Merasa bisa menulis atau punya bakat menulis merupakan salah satu alasan seseorang memilih profesi sebagai penulis. Saat mengembangkan bakat merangkai kata, seseorang bisa menemukan keasyikan tersendiri

  • Hobi
    Sekitar 90% penulis atau calon penulis menjawab karena hobi. Mendapatkan materi atau ketenaran dari hasil tulisan itu soal nanti tapi menulis adalah soal kebahagiaan hati.

  • Media curhat
    Tidak diragukan lagi sebagian besar penulis memulai karier mereka dari kebiasaan menulis di blog atau buku harian. Dari hasil curhat itulah ada yang diangkat menjadi cerita disertai dengan unsur-unsur lain yang menarik minat pembaca.

  • Materi
    Kisah sukses beberapa penulis yang bukunya menjadi mega bestseller dan berlimpah materi menjadi alasan utama bagi penulis muda untuk mencoba keberuntungan.

  • Eksistensi
    Tidak dipungkiri menjadi terkenal adalah sebagian hasil yang diterima jika apa yang kita tulis menjadi hal yang diterima oleh pembaca apalagi jika kemudian penulis diundang ke berbagai workshop atau talkshow di berbagai tempat dan ditonton banyak orang. Tentu eksistensi ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Ide Cerita


Berbagai macam situasi dan kondisi bisa membuat kita mulai menulis. Ada yang mulai menulis setelah tiba-tiba mendapat ide, ada juga yang mulai dengan niat menulis dulu baru mencari ide untuk menulis. Berikut beberapa cara mencari ide atau inspirasi:

  • Pengalaman pribadi
    Punya pengalaman pribadi yang seru, lucu atau menarik seperti gagalnya percintaan raditya dika atau gagalnya alit untuk menjadi sarjana? Kedua hal tersebut bisa menjadi ide cerita untuk dituangkan dalam kata-kata. Membuat cerita dari pengalaman pribadi bukan berarti semua hal kamu ceritakan namun bisa saja ada adegan yang tidak ingin utarakan di novel, kamu bisa membuat adegan rekaan kemudian digabung dengan pengalaman pribadi

  • Pengalaman orang lain
    Sering menjadi tempat curhat atau tong sampah buat orang lain? Hal tersebut bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu untuk membuat cerita. Kamu bisa menggabungkan pengalaman teman kamu menjadi satu bagian cerita yang utuh

  • Kejadian sehari-hari
    Dalam perjalanan pergi atau pulang, ada banyak hal yang kamu lihat. Hal tersebut dapat dijadikan ide cerita untuk dikembangkan. Seperti halnya J.K. Rowling yang mendapatkan ide menulis harry potter dari melihat sapi di padang rumput dari dalam kereta yang ditumpanginya.

Latar Belakang Penulis


Latar belakang penulis biasanya akan mempengaruhi tulisan yang akan dibuatnya. Penulis dengan latar belakang dokter akan lebih sering mengambil tema atau ide cerita yang berhubungan dengan dunia kedokteran. Latar belakang juga mempengaruhi gaya bahasa dan gaya penulisan si penulis. Penulis remaja mempunyai gaya bahasa yang berbeda dengan penulis dewasa walau ide cerita yang diangkat sama. Satu hal yang pasti, penulis dengan latar belakang beraneka ragam mempunyai wawasan yang lebih luas dan dapat menulis cerita yang beraneka ragam pula

Latihan Menulis


Menjadi penulis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang ada penulis yang merasa bahwa tulisannya bagus namun ketika sampai di tangan penerbit, ditolak mentah-mentah. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan, penulis yang menulis tanpa berlatih atau melakukan kegiatan menulis berulang kali sama seperti mengukir batu di atas air. Sulit, dibutuhkan latihan dan kesabaran untuk menghasilkan sebuah karya yang diminati pembaca. Berikut beberapa latihan yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengasah bakat menulismu:

  • Menulis Blog
    Menulis blog menjadi sarana awal bagi penulis pemula untuk mengembangkan tulisannya mulai dari menulis artikel, puisi, cerpen, cerbung atau yang lainnya. Semakin banyak kamu menulis, tulisanmu akan semakin berkembang.

  • Mencoba membuat berbagai tulisan
    Meskipun berencana menjadi penulis novel, cobalah sesekali kamu menulis tulisan seperti cerpen, artikel, resensi atau catatan perjalanan untuk memperkaya wawasan dan memperbanyak jam terbang. Menguasai berbagai macam tulisan bisa membuatmu lebih leluasa menulis novel dengan berbagai jenis cerita dan gaya.

  • Mengikuti workshop penulisan
    Menulis secara otodidak tidaklah cukup, setiap orang memiliki gaya penulisannya tersendiri. Mengikuti workshop penulisan adalah salah satu cara untuk menemukan gaya, ide cerita bahkan teknik menulis. Dengan mengikuti workshop, kamu juga bisa menambah relasi di dunia penerbitan

  • Membaca
    Menulis tanpa membaca seperti sayur tanpa garam. Membaca adalah salah satu bentuk pelatihan untuk menambah wawasan baik dalam hal ilmu pengetahuan atau teknik tulisan. Membantu juga bisa membantu daya ingat dan melatih daya nalar sehingga bisa mengembangkan banyak gagasan dan ide.

Demikianlah Tips Sukses Menulis Novel, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 komentar

makasih gan bisa buat tugas sekolah :)

Balas

Trima kasih ya. Saya sedang melatih diri untuk menjadi penulis novel. Artikel ini sangat membantu.

Balas