Penyebab Dan 10 Tips Solusi Bau Mulut

Penyebab Dan 10 Tips Solusi Bau Mulut

Bau mulut atau disebut juga halitosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan bau tidak sedap pada mulut yang tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri dan membuat malu. Bau mulut bisa dialami hanya sementara, namun dapat juga dialami dalam waktu relatif lama. Halitosis ini menjadi penyakit umum dan diperkirakan menjadi alasan terbanyak nomor tiga bagi orang-orang untuk mengunjungi dokter gigi, diikuti nomor satu kerusakan gigi dan penyakit pada gusi nomor dua; dan ternyata sekitar 20% populasi umum dunia mengalami halitosis dan telah menderita akibat penyakit ini. Lalu apa yang menjadi penyebab bau mulut ini?

Penyebab bau mulut


[caption id="attachment_1033" align="aligncenter" width="590"]Cara mengatasi bau mulut Cara mengatasi bau mulut (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga

  2. Diet

  3. Produk tembakau

  4. Mulut kering

  5. Pengobatan

  6. Penyakit



  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga


Ketika kita tidak membersihkan gigi secara merata dan menyeluruh, ada sisa-sisa makanan yang akan tertinggal di sela gigi dan tinggal di sana sampai membusuk. Sisa makanan membusuk inilah yang menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam mulut kita dan menyebabkan gigi berlubang, karang gigi, sakit gigi, ngilu, masalah gusi, dan akhirnya bau mulut.

  • Diet


Bau pada makanan akan berdampak pada bau udara yang kita hembuskan ketika berbicara melalui nafas mulut. Misalnya makanan seperti bawang, kari, ikan. Diet rendah karbohidrat seperti kacang juga bisa menyebabkan bau mulut.

  • Produk Tembakau


Hal ini harus lebih ditekankan lagi, karena kita mendengar tentang ini setiap hari. Merokok tembakau membuat nafas dan mulut kita bau. Tembakau atau produk tembakau dapat menguningkan gigi, mengiritasi gusi, dan memperburuk kerusakan gigi yang telah ada.

  • Mulut kering


Disebut juga sebagai xerostomia, air liur berguna untuk membasahkan dan membersihkan mulut. Ketika tubuh gagal memproduksi air liur yang cukup hasilnya adalah bau mulut. Nafas bau saat bangun tidur pada pagi hari merupakan kondisi umum dari kegagalan tubuh dalam memproduksi air liur selama tidur. Bisa terjadi karena kita tidur dalam kondisi mulut terbuka, ngiler, dan kekurangan cairan selama tidur.

  • Pengobatan


Beberapa pengobatan dapat menyebabkan mulut kering, dan pada akhirnya bau mulut. Bau mulut karena pengobatan ini akan berhenti sendiri jika kita tidak lagi mengonsumsi obat-obat tersebut.

  • Penyakit


Beberapa kondisi penyakit dapat menyebabkan bau mulut. Contohnya radang tenggorokan, sariawan, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit hati.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut ?



  1. Membersihkan gigi dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari atau setelah makan dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pastikan juga sebelum tidur gigi telah bersih. Ketika menggosok gigi, bersihkan juga bagian lidah. Dapat juga menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi. Semakin kecil dan halus sikat gigi, semakin baik dalam membersihkan gigi. Namun, jangan terlalu kuat juga saat menggosok agar tidak mengiritasi gusi.

  2. Ganti sikat gigi setiap 2 atau 3 bulan, atau jika sikat gigi sudah kotor atau mengembang dapat langsung diganti.

  3. Gunakan benang gigi teratur.

  4. Bagi yang menggunakan gigi palsu, lepaskan gigi palsu pada malam hari dan bersihkan dengan seksama sebelum menggunakannya kembali.

  5. Berhenti merokok.

  6. Jaga kelembaban mulut dengan sering minum air putih, mengunyah permen karet tanpa gula, atau permen lainnya untuk menstilumasi produksi air liur. Lebih baik jika mengunyah permen karet atau permen biasa yang rasa mint.

  7. Hindari makanan yang mengandung bawang putih dan bawang merah. Termasuk produk- produknya seperti bawang goreng dan lain lain.

  8. Gunakan mouth wash, atau cairan kumur khusus mulut yang dijual bebas di pasaran. Dapat juga kumur dengan air garam hangat.

  9. Kunjungi dokter gigi secara teratur. Meskipun tidak ada keluhan yang berarti, bukan berarti keadaan mulut Anda baik-baik saja. Mengunjungi dokter gigi ada baiknya untuk kontrol dan mencegah munculnya masalah mulut lainnya.

  10. Diet seimbang untuk menjaga asupan gizi yang dibutuhkan tubuh agar tubuh tetap fit, karena penyakit juga dapat menyebabkan bau mulut.


Masalah bau mulut ternyata dapat diobati sendiri dengan mudah. Selamat mencoba, sehat selalu.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar