Banyak Hama Penggangu Di Rumah? Ini 4 Cara Alami Membasminya

Banyak Hama Penggangu Di Rumah? Ini 4 Cara Alami Membasminya

Risih rasanya kalau di rumah banyak hama pengganggu. Selain itu juga berpengaruh terhadap ancaman berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh keberadaan hama tersebut. Di tempat tinggal kamu pasti ada hama yang bikin kamu merasa enggak nyaman. Entah itu memang karena merasa jijik atau phobia. Misalnya, tikus, kecoa, cacing, semut, nyamuk, dan lain sebagainya.

Di swayalan memang sih banyak ditawarkan beragam produk pembasmi hama. Pada dasarnya produk itu bisa dibilang ‘racun’, makanya enggak heran kalau mereka memiliki bau menyengat. Kalau kamu punya alergi pernafasan dan mudah merasa sesak dengan bau menyengat tentu enggak nyaman dong, mending coba cara alami ini yuk!

4 Cara Alami Membasmi Hama



  1. Cara Alami Membasmi kecoa


Sama sekali enggak susah untuk membasmi hewan yang punya bau khas ini. Kamu hanya perlu membuat ramuan sakti yang bahan-bahannya alami dan sangat mudah didapat.

Buat adonan dari asam borat (bisa dibeli di apotek), tepung terigu, bubuk cocoa atau bisa diganti dengan gula. Setelah itu, larutkan dengan jumlah air yang seimbang hingga membentuk adonan. Letakkan di daerah yang menjadi sarang kecoa atau yang biasa disinggahi kecoa. Metode ini efektif membasmi setiap kecoa yang ada di rumah kamu. Loh kok bisa? Tepung terigu, gula atau bubuk cocoa bertindak sebagai umpan sedangkan asam borat memiliki efek racun bagi kecoa.

2. Cara Alami Mengusir tikus




[caption id="attachment_947" align="aligncenter" width="590"]Cara mengusir tikus Cara alami mengusir tikus (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Sebelum mengusir keberadaan hama ini dari rumah kamu , hal yang perlu dilakukan ialah cari tahu lubang yang menjadi ‘gerbang’ bagi si tikus bisa masuk ke rumah. Kenali tempat-tempat di sekitar rumah yang menjadi penjelajahannnya. Lalu bagaimana cara mengusirnya? Manfaatkan kulit telur ayam.

Berikut caranya, keringkan cangkang telur ayam dengan cara dijemur. Lalu, tumbuk hingga menjadi bubuk. Taburkan bubuk ajaib ini ke tempat-tempat yang biasa disambangi si tikus. Kandungan kalsium yang terdapat pada kulit telur akan membuat tikus menggeliat. Lama-kelamaan akan mati. Bubuk ajaib dari kulit telur ini efektif juga untuk mengusir hama lain selain tikus, yaitu siput, kutu, keong, dan kumbang.

3. Cara Alami Bikin cacing pusing


Jijik ngeliat cacing ada di lantai kamar mandi? Gampang banget cara ngebasminya. Ambil garam sejumput jari kamu. Lalu, taburkan di atas cacing. Setelah menggeliat, cacing lama-kelamaan akan mati.

4. Agar Ruangan bebas semut


Kamu tahu enggak ternyata penyebab banyak semut di rumah bukan semata-mata karena ada makanan atau minuman manis yang berserakan loh. Tetapi juga, karena perubahan cuaca. Semut lebih menyukai tempat yang kering dan tidak menyukai air. Makanya, saat musim hujan ia mencari tempat kering untuk berlindung.

Banyak cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengusir semut. Jangan buang lalapan yang enggak doyan kamu makan. Timun bisa jadi bahan alami untuk mengusir semut. Tinggalkan beberapa irisan timun di dekat sarang semut atau tempat yang biasa dilalui semut.

Selain itu, kamu juga bisa bikin cairan sakti. Dengan perbandingan seimbang, campurkan air dan cuka atau daun salam. Lalu, semprotkan di area yang banyak semutnya.

Demikianlah 4 Cara Alami Membasmi Hama. Semua caranya mudah kan? Selamat bereksperimen!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar