9 Tips Jitu Memahami Pelajaran Di Kelas

9 Tips Jitu Memahami Pelajaran Di Kelas

Tugas utama seorang pelajar ialah belajar, baik itu pelajar sekolah dasar sampai sekolah menengah atas hingga mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk belajar. Namun ada berbagai macam permasalahan yang ditemukan oleh para pelajar ini mulai dari tugas yang banyak, pekerjaan rumah yang menumpuk, hingga kesulitan untuk tidur yang menyebabkan ketidakefektifan dalam kegiatan belajar mengajar di keesokan harinya. Banyak pelajar juga merasa tidak mendapat apa-apa ketika mereka pulang, hal ini disebabkan oleh rasa kantuk yang mereka alami ketika pembelajaran. Tentu hal ini harus segera diatasi agar ilmu yang diserap oleh otak kita dapat lebih maksimal. Hal apa sajakah yang harus kita perhatikan untuk menunjang kegiatan pembelajaran tersebut? Berikut ini beberapa tips untuk para pelajar memahami pelajaran di dalam kelas :

9 Tips Jitu Memahami Pelajaran Di Kelas


[caption id="attachment_951" align="aligncenter" width="590"]Tips memahami pelajaran di kelas Tips memahami pelajaran di kelas (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Tidur yang cukup.


Banyak pelajar tidak memiliki tidur yang cukup. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti terlalu lama menggunakan telepon genggam ketika sudah berada di tempat tidur, insomnia, belajar dengan menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS), dan lain-lain. Tidak memiliki tidur yang cukup juga tentunya akan berdampak pada kondisi tubuh pada keesokan harinya, tubuh akan terasa lebih lemas, kurangnya konsentrasi dan efeknya tentu akan berpengaruh pada ilmu yang diserap.

  1. Rekayasa suasana hati ketika bangun tidur.


Menurut beberapa penelitian, suasana hati ketika pertama kali kita bangun tidur di pagi hari akan mempengaruhi suasana hati kita pada hari tersebut. Dengan merekayasa suasana hati kita menjadi senang tentu akan membuat kita merasa semangat di hari tersebut sehingga diri kita siap untuk menyerap materi yang disampaikan di dalam kelas.

  1. Sarapan.


Banyak pelajar meremehkan betapa pentingnya sarapan, selain untuk membuat perut kita terisi ternyata sarapan juga membuat otak kita lebih aktif dan juga meningkatkan konsentrasi pada saat belajar karena asupan yang dibutuhkan oleh otak di pagi hari telah terpenuhi.

  1. Banyak minum air putih.


Banyak sekali manfaat atau khasiat yang dihasilkan dari air putih, selain untuk menjaga fungsi ginjal dan mencegah penuaan dini, air putih juga dapat meningkatkan fungsi otak dan juga menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang tentunya akan sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Karena cairan dalam tubuh kita terisi dengan baik maka darah akan lebih cair sehingga kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh pun akan menjadi lebih ringan dan membuat kita lebih rileks dan tidak mudah lelah untuk menunjang pembelajaran di dalam kelas.

  1. Catat hal hal penting ketika guru menerangkan.


Salah satu kelemahan otak manusia terletak dalam daya ingat. Meskipun relatif, namun rata-rata kemampuan manusia dalam mengingat suatu hal hanya bertahan selama tiga jam saja. Maka dari itu kita harus segera mencatat hal hal penting agar kita tidak segera lupa atau harus meminjam catatan teman.

  1. Ulas pelajaran ketika sampai di rumah.


Salah satu hal penting yang dapat membuat kita semakin memahami apa yang kita pelajari ialah dengan mengulasnya kembali. Ini penting karena banyak dari pelajar yang secara tak sadar menerapkan slogan 4D1L yaitu Datang Duduk Diam Dengarkan Lupakan. Untuk menghindari hal itu kita harus mengulas kembali apa yang kita pelajari di dalam kelas.

  1. Lakukan relaksasi


Otak tidak bisa kita pakai secara terus menerus, hal ini akan berdampak tidak baik seperti munculnya rasa stres, depresi dan tertekan. Untuk menghindari hal-hal tersebut lakukanlah relaksasi sesuai dengan yang anda suka, seperti bermain games, tidur sejenak, jalan-jalan, dan sebagainya.

  1. Berdoa


Biasakan untuk berdoa sebelum belajar karena kekuatan doa sungguh sangat luar biasa. Yakinkan pada diri kita bahwa ilmu yang akan kita dapat tidak ada gunanya jika tidak diberkahi.

  1. Beribadah


Tidak ada ilmu yang tidak datang dari Tuhan, untuk mendapatkan ilmu itu dan menjadikan ilmu tersebut bermanfaat maka kita perlu beribadah untuk menyembah kepada-Nya. Yakinilah bahwa semua kunci dari kesuksesan kita berasal dari-Nya.

Hidup ini penuh dengan peluang, banyak peluang yang tanpa kita sadari telah kita lewati karena kurangnya responsibilitas dari kita termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Jangan sampai peluang-peluang tersebut terlewati hanya karena faktor-faktor yang dapat dengan mudah kita tangani. Kesuksesan berawal dari hari ini.

Demikianlah 9 Tips Jitu Memahami Pelajaran Di Kelas, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar