6 Tips Memasak Bagi Pemula

6 Tips Memasak Bagi Pemula

Memasak sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan. Terlebih bagi wanita, memasak terkadang juga dijadikan sebagai hobi. Bagi orang-orang yang gemar memasak, mengolah dan mengeksplorasi sebuah makanan adalah suatu hal yang memberikan kepuasan tersendiri. Namun hal ini tidak berlaku bagi sebagian orang yang tidak suka memasak. Memasak terkadang dianggap sebagai kegiatan yang merepotkan. Padahal dengan memasak sendiri makanan anda, anda lebih bisa menghemat pengeluaran dan menjamin sehatnya makanan yang anda makan. Terlebih bagi anda yang merupakan kaum wanita, memasak merupakan sebuah keahlian yang haruslah anda miliki. Nah, bagi anda yang baru mulai mencoba-coba memasak, berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa anda praktekkan.

6 Tips Memasak Bagi Pemula


[caption id="attachment_978" align="aligncenter" width="590"]Tips memasak bagi pemula Tips memasak bagi pemula (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Beli buku resep masakan


Anda yang belum terbiasa memasak tentunya belum hapal bahan-bahan dan bumbu-bumbu apa saja yang anda perlukan untuk memasak sebuah makanan. Ada baiknya anda membeli kumpulan resep-resep makanan yang banyak tersedia di toko-toko buku. Simpanlah buku resep ini di dapur anda. Jadi, anda bisa mendapat referensi mengenai masakan-masakan yang bisa anda masak. Dengan melihat resep-resep ini anda juga bisa memasak menu-menu baru setiap harinya sehingga masakan anda tidak membosankan.

2. Susun dan beri tanda setiap bumbu masak


Sebagai koki pemula anda pasti akan sering kebingungan mengenai nama-nama bumbu yang ada di dapur anda. Hal ini akan berakibat fatal pada masakan anda jika anda salah memasukan bumbu masakan. Solusinya, beri nama atau tanda untuk setiap bumbu dan simpan secara tersusun di dapur anda. Jangan sampai  tertukar antara tepung terigu dengan tepung tapioka atau antara jahe dan lengkuas.

3. Siapkan waktu yang lebih lama untuk memasak


Anda yang belum terbiasa dengan kegiatan memasak ini akan lebih membutuhkan banyak waktu untuk memasak. Keahlian memotong, mengupas, atau meracik masakan anda belum bisa secepat orang-orang yang sudah terbiasa memasak. Maka, ketika anda berniat untuk memasak, siapkan waktu yang lebih lama sehingga anda tidak akan merasa terburu-buru. Jika dalam panduan buku resep waktu memasak sebuah masakan adalah 30 menit, buatlah waktu memasak anda sendiri menjadi 60 menit.

4. Mulailah dengan bahan-bahan sederhana yang mudah diolah


Untuk memulai hobi baru anda, cobalah mulai dengan memasak bahan-bahan sederhana yang mudah diolah. Anda bisa mulai dengan bahan-bahan seperti tempe, tahu, atau telur. Sebaiknya tunda dulu niat anda untuk mengolah bahan-bahan seperti daging atau ikan, Terlebih lagi jika bahan-bahan itu akan anda goreng. Jika anda belum ahli dengan tehnik memasaknya, ini akan sedikit merepotkan.

5. Minta keluarga dan teman-teman untuk mencicipi hasil masakan anda


Percaya dirilah dengan hasil masakan anda. Cobalah sajikan masakan tersebut pada keluarga atau teman-teman dekat anda. Biarkan mereka memberi komentar terhadap rasa masakan anda. Dengan cara ini, anda bisa mengetahui apa yang kurang dari masakan tersebut.

6. Sering-seringlah memasak


Pada akhirnya, memasak merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan perasaan. Jika anda sering memasak, maka kemampuan anda akan semakin terlatih. Rasa dari masakan andapun akan semakin enak.

Demikianlah 6 Tips Memasak Bagi Pemula, semoga bermanfaat. Selamat memasak!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar