6 Langkah Mengajari Si Kecil Mengetik 10 Jari

6 Langkah Mengajari Si Kecil Mengetik 10 Jari

Perkembangan dunia kembang anak dewasa ini beriringan dengan pesatnya kemajuan era Teknologi Informasi. Orang tua berlomba-lomba menginginkan anak mereka cerdas dan selalu up-to-date mengenai perkembangan teknologi. Mulai dari memasukan anak ke sekolah dengan citra yang baik hingga mengikutkan anak les di luar jam sekolah. Sekolah tidak hanya untuk membaca, menulis dan berhitung. Kini, anak-anak dituntut mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi diantaranya dengan pendidikan berbasis komputerisasi. Nah untuk ayah dan bunda yuk mari mengajari si kecil untuk mulai belajar mengetik 10 jari.

Kapan waktu yang tepat mengajari anak mengetik di depan komputer/ laptop?

Waktu yang paling tepat mengajari si kecil belajar mengetik ialah ketika si kecil sudah bisa menggunakan keyboard (papan tombol) pada komputer/ laptop. Terlalu dini juga tidak baik karena masa bermainnya lebih penting untuk perkembangan motoriknya. Usia sekolah dasar merupakan saat yang tepat mengajari si kecil cara mengetik dan cara mengetik sepuluh jari akan membuatnya mahir dalam mengetik untuk mengerjakan tugas sekolah yang berbasis komputer beberapa tahun kemudian.

6 Langkah Mengajari Si Kecil Mengetik 10 Jari


[caption id="attachment_1011" align="aligncenter" width="590"]Langkah mengajari si kecil mengetik 10 jari Langkah mengajari si kecil mengetik 10 jari (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Jangan paksa anak untuk belajar mengetik.


Tunggu ia tidak lelah sepulang sekolah atau waktu senggangnya sebelum atau setelah bermain. Selalu siapkan kudapan untuk mencegah rasa bosannya.

2. Anak akan dihadapkan dengan komputer atau laptop.


Nah, ayah dan bunda bisa menyiapkan perangkat lunak (software) edukasi cara mengetik sepuluh jari. Animasi dan efek suara yang berasal dari perangkat lunak ini akan membuat si kecil tertarik mengerjakan berbagai latihan mengetik sepuluh jari bagi pemula.

3. Si kecil juga bisa dilatih mengetik dan menggerakan kesepuluh jarinya yang biasanya hanya menggunakan “sebelas jari” kini bisa semua jari.


Caranya hampir sama dengan perangkat lunak edukasi tapi tidak berbentuk sebuah pelajaran yakni perangkat lunak berbentuk permainan (game). Si kecil akan semakin tertarik menyelesaikan tahapan permainan untuk menyelesaikan level selanjutnya.

4. Batasi jam berlatih si kecil.


Cukup 30-60 menit sehari ya ayah dan bunda. Selain mencegah kejenuhan yang muncul dari si kecil, hal ini juga bertujuan untuk menghindari risiko radiasi yang dimunculkan dari penggunaan komputer/ laptop berlebihan. Otot-otot si kecil juga akan mengalami kelelahan jika terlalu lama berdiam diri di depan komputer/ laptop.

5. Selalu puji dan beri hadiah


Boleh kado atau makanan ringan untuk si kecil setelah menyelesaikan latihannya baik dengan mengetik karena permainan komputer atau perangkat lunak edukasi.

6. Tidak ada yang instan untuk mengajari si kecil.


Jangan berharap si kecil akan cepat bisa dan memahami apa yang ia kerjakan. Nilailah proses yang anak ayah dan bunda kerjakan. Orang dewasa pun jika pertama kali diajari mengetik sepuluh jari akan bingung dan waktu yang paling cepat untuk mahir tanpa melihat ke keyboard ialah dua hingga lima tahun lamanya.

Demikianlah 6 Langkah Mengajari Si Kecil Mengetik 10 Jari, semoga bermanfaat
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar