5 Tips - Trik Supaya Hidupmu Tidak Terbatas pada Dunia Kerja

5 Tips - Trik Supaya Hidupmu Tidak Terbatas pada Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja bagi para freshgradute tentu awalnya dunia yang menyenangkan. Mendapatkan pekerjaan yang diimpi-impikan dengan gaji yang mencukupi membuat para pekerja kantoran “baru” semangat untuk meraih prestasi di dunia kerja. Kesibukan hampir 24 jam yang tersedia membuat alokasi hari menjadi terasa kurang bahkan kamu tak segan-segan untuk lembur di kantor, membawa pulang kerjaan ke rumah, kejar setoran demi dapur ngepul setiap hari hingga membuat ritme hidup berantakan. Sampai akhirnya, kamu lupa bahwa duniamu tidak sebatas hanya dunia kerja semata. Ada dunia lain yang harus kamu lihat, manfaatkan usia mudamu untuk berekspresi sesuai jalurnya. Berikut tips dan trik supaya hidupmu tidak terbatas pada dunia kerja namun juga dunia sosialisasi:

[caption id="attachment_1006" align="aligncenter" width="590"]Agar hidupmu tidak terbatas pada dunia kerja Agar hidupmu tidak terbatas pada dunia kerja[/caption]

  1. Habiskan waktu bersama keluarga


Menjadi pekerja kantoran membuat kamu menjadi terfokus mengerjakan segala tugas yang diberikan oleh atasan. Hari demi hari kamu lakukan hanya terbatas pada kerjaan saja hingga kamu lupa bahwa ada keluarga yang harus kamu ajak ngobrol ketika kamu pulang kerja. Orangtua yang menunggu kehadiranmu bercengkrama sambil minum teh, adik yang menunggumu pulang sekadar untuk menceritakan dongeng agar ia bisa tertidur atau istri yang rela menunggu hingga larut malam demi melihat wajahmu. Namun, terkadang kerjaan membuatmu lupa dengan orang-orang sekitar dan terlalu ngoyo mencari uang padahal hidup bukan sekadar uang dan kerja saja.

2. Lakukan hobi yang sudah lama kamu tinggalkan


Menyandang predikat pegawai membuat tidak lagi bisa melakukan hal-hal istimewa atau sederhana seperti sebelum kamu memasuki dunia kantoran. Menghirup udara segar sambil mengobrol santai dengan tetangga saja sekarang sudah tidak bisa kamu lakukan, dering telepon atau bunyi SMS dari atasan membuatmu langsung sigap menuju layar laptop dan mengerjakan pekerjaan yang diminta.

Bekerja boleh saja rajin namun ingat, badanmu juga butuh keseimbangan antara jiwa dan raga. Jika raga saja yang kamu penuhi, maka jiwamu akan berontak meminta keseimbangan. Jika sudah begitu yang ada kamu akan menarik-narik rambut dan ingin teriak kesal kepada atasanmu. Untuk bisa seimbang dalam hidup, lakukan hobi yang kamu sukai dan telah lama kamu tinggalkan seperti melukis, menulis, membaca atau mungkin yoga sehingga pikiranmu dapat rileks dan segar.

3. Hangout bersama teman


Pergi bersama dengan teman-teman baik teman kantor atau teman lama, salah satu cara ampuh untuk kamu bisa bersosialisasi. Tidak hanya di depan komputer saja selama 24 jam, 7 hari seminggu. Otakmu butuh penyegaran setelah 8 jam berada di depan layar dengan teriakan bos maha dahsyat. Minum secangkir kopi sambil nongkrong cantik bisa menjadi pelepas lelahmu. Bekerja tidak seharusnya membuatmu lupa bersosialisasi dengan teman-teman. Berikan reward tersendiri bagi dirimu setelah lima hari bekerja agar hidup tidak terlalu jenuh dengan rutinitas.

4. Lupakan semua tugas kantor saat akhir pekan tiba


Weekend, SAATNYA LIBURAN. Buang semua kertas dan matikan layar komputer sejenak. Akhir pekan bukan saatnya memenuhi target atasan atau perusahaan. Tubuhmu butuh istirahat, otakmu butuh dikosongkan. Ada waktu dan tempat dimana kamu bisa menyelesaikan semua tugas kantor. Selesaikan tugas kantor di meja kantor dari jam 8 sampai jam 5. Sisanya harus kamu berikan kepada keluarga dan juga dirimu sendiri. Cintailah pekerjaanmu bukan perusahaanmu.

5. Ambil cuti sejenak dan rasakan sensasi alam segar menerpa wajahmu yang kusut


Libur telah tiba, hore hore hore. Masih ingat lagu Tasya yang dulu sering dinyanyikan. Bagi sebagian orang sudah lupa dengan lagu tersebut apalagi pegawai kantoran, lagu tersebut mungkin hanya lagu pelipur lara di kubikel. Saking banyaknya kerjaan, kamu hanya bisa menatap melas tiket-tiket promo dan tempat-tempat wisata yang mengasyikkan untuk didatangi. Sementara dirimu masih harus berkutat dengan bejibun kerjaan.

Rekeningmu boleh menggendut namun wajah kusut tidak bisa dibohongi, kini saatnya mengajukan cuti kepada atasanmu jauh-jauh hari dan pesan tiket wisata sekarang. Tidak ada alasan tidak ada waktu untuk berlibur, jangan menua hanya karena kerjaan.

Demikianlah 5 Tips - Trik Supaya Hidupmu Tidak Terbatas pada Dunia Kerja , semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar