5 Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita

5 Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita

Wanita merupakan makhluk yang lembut dan sering khawatir akan sesuatu hal. Nah jika terpaksa seorang diri harus berkendara ke luar kota terutama membawa mobil untuk urusan kerjaan atau hal lain karena tidak ada yang bisa menemani atau menyetirkan mobil, kaum hawa dituntut untuk mandiri. Untuk kamu para wanita berikut beberapa tips mengendarai mobil ke luar kota untuk pertama kalinya.

5 Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita


[caption id="attachment_1025" align="aligncenter" width="590"]Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Pastikan kamu mempunyai SIM atau Surat Ijin Mengemudi yang dikeluarkan resmi oleh pihak kepolisian.


Jika kamu belum mempunyai SIM jangan nekat untuk mengambil resiko mengendarai kendaraan bermotor baik di dalam kota atau keluar kota. Uruslah SIM ke kantor polisi tempat domisili kamu tinggal. Siapkan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sebagai identitas kendaraan yang kamu kendarai.

2. Periksa kondisi mobil dan jika tidak mengerti mengenai kondisi mesin langsung saja bawa ke dealer terdekat atau bengkel terpercaya.


Pastikan mobil dalam keadaan yang prima dan siap dibawa untuk perjalanan ke luar kota. Isi penuh bahan bakar mobil kamu sebelum berangkat. Pastikan juga kotak P3K selalu berada di mobil. Simpan nomor telepon bengkel atau asuransi mobil agar mudah dihubungi jika hal yang tidak diinginkan terjadi saat perjalananmu seperti mogok mendadak atau kecelakaan lalu lintas.

3. Berdo’alah sebelum berangkat.


Yakinkan diri bahwa kamu berani seorang diri dan mampu untuk menempuh perjalanan ke luar kota. Jika kamu merasa ragu, sebaiknya jangan berangkat dan mengendarai mobil seorang diri. Pasang sabuk pengaman dan juga taati peraturan lalu lintas. Berkonsentrasilah saat berkendara. Mendengarkan radio atau musik ringan dapat menekan rasa gugupmu untuk pertama kalinya berkendara seorang diri ke luar kota.

4. Beristirahatlah jika kamu merasa lelah.


Jangan sampai kamu mengemudi sambil mengantuk karena sangat berbahaya dan berpotensi sebagai salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Untuk itu sebelum berangkat, sebaiknya beristirahat dan tidurlah yang cukup untuk menjaga stamina sebelum berangkat ke luar kota. Dianjurkan tidak meminum obat yang dapat menyebabkan kantuk saat akan mengemudikan mobil seperti obat anti mabuk.

5. Jangan pernah menerima telepon atau membaca sms hingga bermain dengan smartphone kamu saat mengendarai mobil.


Ini sangat berbahaya. Sebaiknya jika ingin menerima atau menelpon sebaiknya menepi ke pinggir jalan atau gunakan headset blutooth.

Tips yang telah disebutkan di atas tidak untuk pemula yang baru bisa atau baru selesai belajar cara mengendarai mobil. Jam terbangmu dalam mengendarai mobil juga menjadi hal yang penting dalam berkendara ke luar kota. Hal ini sangat berpengaruh karena cara mengemudi kendaraan di dalam kota dan luar kota sangat berbeda. Untuk dalam kota kecepatan kendaraan lebih lamban daripada saat perjalanan ke luar kota yang lebih cepat dan liar dalam berkendara.

Demikianlah 5 Tips Pertama Kali Mengendarai Mobil Ke Luar Kota Untuk Wanita, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar