5 Tips Menghilangkan Ketergantungan Smartphone

5 Tips Menghilangkan Ketergantungan Smartphone

Di era teknologi seperti sekarang ini, orang-orang lebih sering berkomunikasi dalam dunia maya melalui smartphone. Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya memiliki smartphone. Dilihat dari segi positifnya, teknologi smartphone ini dapat membuat komunikasi dan kegiatan lainnya menjadi lebih mudah. Namun, smartphone juga menimbulkan dampak negatif bagi para pemakainya. Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini yaitu mereka menjadi orang yang ketergantungan dengan smartphone. Mirisnya, kecanduan smartphone ini membuat orang-orang menjadi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan smartphone daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Orang-orang yang sudah ketergantungan dengan smartphone juga bisa menghabiskan waktunya seharian hanya untuk menatap layar sehingga mengurangi produktivitasnya. Apakah anda salah satunya?. Jika iya, anda patut mempraktekkan tips-tips di bawah ini untuk menghilangkan kecanduan smartphone.

5 Tips Menghilangkan Ketergantungan Smartphone


[caption id="attachment_986" align="aligncenter" width="590"]Tips menghilangkan ketergantungan smartphone Tips menghilangkan ketergantungan smartphone (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Cobalah memulai obrolan dengan orang di sekitar anda


Di zaman ini, ketika anda berkumpul dengan keluarga atau teman-teman anda, anda akan melihat fenomena bahwa setiap orang lebih memilih untuk bermain dengan smartphonenya daripada untuk berbincang-bincang dengan orang yang ada di sebelahnya. Cobalah untuk memulai sebuah obrolan dan simpan semua smartphone anda. Mulailah untuk berinteraksi secara nyata.

2. Matikan smartphone ketika anda hendak tidur


Bahkan ketika anda sudah berada di tempat tidurpun, anda masih terus sibuk dengan smartphone. Anda tidak bisa melepas smartphone dan terus membalas semua pesan-pesan yang masuk ke sosial media anda. Hal ini buruk karena dapat membuat jam tidur anda terganggu. Solusinya, matikan smartphone anda saat akan tidur dan simpan jauh dari kasur anda. Berikan tubuh anda hak untuk beristirahat.

3. Pangkas anggaran biaya untuk membeli kuota smartphone


Berapa banyak biaya yang anda habiskan setiap bulannya hanya untuk membeli kuota smartphone?. Jangan-jangan anggaran yang satu ini justru melebihi anggaran biaya untuk kebutuhan primer lainnya. Mulai saat ini, cobalah untuk memotong anggaran biaya untuk membeli kuota smartphone anda. Dengan cara ini, anda menjadi tidak terlalu ketergantungan dengan masalah kuota. Anda akan bisa membatasi diri anda untuk tidak selalu bermain smartphone.

4. Jangan membawa charger / power bank saat bepergian


Kehabisan baterai smartphone nampaknya tidak membuat orang-orang kehilangan akal untuk hal yang satu ini. Orang-orang pasti membawa charger / power bank ke manapun mereka pergi, sehingga mereka tidak perlu khawatir ketika baterai smartphonenya habis. Namun hal ini juga memicu ketergantungan anda terhadap smartphone. Cobalah untuk tidak perlu membawa charger atau power bank saat anda bepergian. Cara ini akan membatasi anda agar tidak selalu ketergantungan dengan smartphone.

5. Jangan gunakan terlalu banyak akun sosial media


Di era smartphone seperti sekarang ini, berbagai perusahaan saling berlomba membuat akun sosial media. Kebanyakan orang-orang mungkin termasuk anda adalah orang yang menghabiskan waktu untuk memakai semua akun sosial media yang ada tersebut. Padahal, kontak-kontak yang ada di semua sosial media anda hanyalah orang yang itu-itu saja. Sebaiknya, batasi pembuatan akun sosial media. Pilihlah beberapa social media yang anda rasa efektif dan anda butuhkan saja.

Demikianlah 5 Tips Menghilangkan Ketergantungan Smartphone, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar