5 Tips Jitu Meringankan Flu Tanpa Obat

5 Tips Jitu Meringankan Flu Tanpa Obat

Salah satu penyakit yang dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari ialah flu. Bahkan, ketika baru terkena gejala flu, seperti pusing atau hidung tersumbat saja, badan kita bisa lemas seharian. Kebanyakan orang akan langsung meminum obat flu atau antibiotik ketika mereka merasa terkena gejala flu. Padahal, terlalu sering mengonsumsi obat atau antibiotik tidaklah baik untuk tubuh kita. Dampaknya, tubuh kita akan tergantung pada obat dan bahkan akan kebal terhadap obat-obatan tersebut. Selain itu, konsumsi obat terlalu banyak juga dapat menimbulkan efek buruk bagi ginjal. Untuk menghindari konsumsi obat yang berlebihan, berikut ini tips-tips yang bisa anda coba untuk meringankan flu tanpa mengonsumsi obat.

5 Tips Jitu Meringankan Flu Tanpa Obat


[caption id="attachment_1052" align="aligncenter" width="423"]Tips meringankan flu tanpa obat Tips meringankan flu tanpa obat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Minuman jahe itu menenangkan


Ketika anda atau orang terdekat anda terserang flu, buatlah minuman jahe panas. Minuman jahe panas dapat dibuat dengan merebus jahe yang telah dipipihkan dengan air secukupnya, lalu tambahkan gula sesuai selera. Jika anda tidak punya jahe di rumah, maka anda bisa membeli minuman jahe instan di toko terdekat. Minuman jahe panas dapat menghangatkan tubuh yang terserang demam atau melegakan tenggorokan sakit akibat flu.

  1. Stop kompres badan dengan air dingin


Sebagai dampak dari flu, seringkali badan kita juga terserang demam. Masih banyak orang beranggapan bahwa cara mengobati demam ialah dengan mengompres badan menggunakan kain yang dibasahi air es atau air dingin. Padahal, jika badan dikompres air dingin, maka tubuh akan menaikkan suhu sebagai respon dari air dingin tersebut. Upaya tersebut sia-sia untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi ketika demam. Oleh karena itu, tindakan yang benar ketika demam ialah dengan mengompres badan menggunakan air hangat atau mandi air hangat. Air hangat akan membuat badan menurunkan suhunya sebagai respon dari suhu air hangat tersebut.

  1. Perbanyak konsumsi air putih


Air putih sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya untuk orang sakit saja, tetapi juga untuk mereka yang berada dalam kondisi sehat. Air putih dapat membantu membuang zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Pengeluaran zat-zat tersebut dapat melalui air kencing, keringat, atau proses lainnya. Baiknya, kita mengonsumsi air putih minimal 8 gelas perharinya.

  1. Jangan lupa makan makanan bergizi


Di masa yang makin modern ini, kita makin suka mengonsumsi makanan-makanan instan atau junkfood. Kita makin melupakan pentingnya makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Padahal, kandungan makanan bergizi sangat penting untuk membangun daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit, terutama flu. Bagi anda yang kurang suka sayur atau buah, anda bisa mencoba sayur atau buah dengan olahan yang berbeda, seperti jus.

  1. Istirahat cukup


Sehari-harinya tentu kita memiliki rutinitas yang harus dijalani, entah itu pekerjaan atau aktivitas penting lainnya. Namun, ketika flu melanda, rutinitas akan terasa sulit untuk dijalani. Akan lebih baik jika kita memberikan porsi istirahat lebih besar ketika kita terjangkit flu. Istirahat cukup akan memberikan proses recovery yang lebih cepat.

Itu dia tips-tips yang dapat anda lakukan ketika anda atau orang-orang terdekat anda terjangkit flu. Flu memang penyakit yang tidak mudah disembuhkan dan kerap mengganggu rutinitas kita. Tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips di atas. Jika bisa disembuhkan tanpa obat, maka kenapa tidak?
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar