5 Cara Mudah Mengatasi Malas Belajar

5 Cara Mudah Mengatasi Malas Belajar

[caption id="attachment_955" align="aligncenter" width="500"]Cara mengatasi malas belajar Cara mengatasi malas belajar (Ilustrasi/tumblr)[/caption]

Malas itu musuh semua orang, sayangnya dia adalah musuh yang cukup sulit dikalahkan. Sebagian besar pelajar pasti pernah mengalami hal ini : MALAS BELAJAR. Sudah mencoba banyak hal tapi tidak ada yang bisa mengatasi malas belajar. Cari cara agar mengatasi malas belajar di internet, justru nyasar browsing hal menarik lainnya. Susah deh!

Di sini ada beberapa tips mudah untuk mengatasi malas belajar. Yuk disimak!

1. Pasang “cita-citamu” di tempat yang selalu terlihat

Semua orang itu pasti punya keinginan untuk dilakukan. Tapi, banyak yang merasa malas untuk melakukan usaha demi mencapai keinginan tersebut.

Saatnya kamu untuk mengingat dan mematri keinginan tersebut dalam benakmu!

  • Ambil sebuah kertas yang polos baik kertas gambar maupun HVS,

  • Tulis cita-cita atau keinginanmu secara tebal menggunakan spidol dengan warna yang kamu senangi,

  • Tempelkan di dinding! Harus di tempat yang bisa selalu kamu lihat saat bangun, saat belajar, atau kalau perlu saat tidur masih terlihat!


Setiap melihat tulisan tersebut kamu akan teringat bahwa kamu memiliki cita-cita untuk diwujudkan. Kamu akan termotivasi dengan cara ini. Sebagai tambahan, tempelkan ini pula di meja belajarmu : “Katanya mau jadi orang sukses, yuk berjuang sekarang biar nanti bisa bikin orang tua bangga!”

2. Memilih metode yang tepat

  • Setiap orang pasti memiliki caranya sendiri untuk belajar. Pilih cara yang menurutmu menyenangkan dan paling efektif. Misalnya, kamu akan lebih mengingat pelajaran dengan mendengar. Maka, kamu coba untuk memiliki kelompok belajar. Kamu bisa mendengar penjelasan dari teman dan mencatat poin-poin penting saja.

  • Buat kamu yang hobi mencatat, buatlah catatan serapi mungkin. Pakai pulpen warna-warni agar kamu bisa memberi heading pada catatan kamu. Judul, sub-judul, dan paragraf isi diberi warna yang berbeda-beda.

  • Untuk si kutu buku yang hobi membaca, gunakan pulpen warna-warni atau stabilo untuk menandai bagian yang penting. Cobalah untuk menggambar sesuatu di sudut-sudut buku karena itu akan membantu kamu untuk meng-capture tulisan dalam buku tersebut ke dalam ingatan. Ingatan itu suka pada tempat loh, dan memberi tanda pada buku akan membuat kamu mengingatnya sebagai tempat dalam ingatan yang telah dicapture.


3. Beda pelajaran beda cara

Pernah heran kenapa kalau belajar malas padahal untuk jalan-jalan, main sama teman, main HP atau nonton TV selalu semangat? Itu berarti kamu tidak menikmati cara kamu belajar.

Nah, coba beberapa trik ini. Tapi untuk satu pelajaran dan pelajaran lain sedikit ada perbedaan.

  • Bahasa : kalau kamu kesulitan belajar bahasa asing, coba untuk mendengarkan musik dengan bahasa tersebut atau menonton film dari Negara tersebut dengan subtitle berbahasa yang sama. Jika ada diksi yang tidak kamu miliki, segera buka kamus. Tidak harus kamus tebal yang membosankan itu. Kamu bisa menginstall kamus portable untuk gadget.

  • Matematika : ini nih, musuh sebagian besar siswa. Sebenarnya, ketika kamu berhasil menyelesaikan satu soal kamu pasti merasa puas dan bangga pada dirimu sendiri. Tapi kalau terlalu sulit, rasanya mau nyerah aja!

    Jangan nyerah dulu dong. Ada solusinya. Untuk memotivasi belajar matematika, coba tonton film atau baca buku dengan tema yang sama. Saya coba sarankan untuk menonton film “Pi”. Film ini adalah kisah dibalik penemuan rumus “Pi”. Di situ dikatakan bahwa dunia ini terbentuk dari angka-angka. Loh kok? Loh kok bisa??? Makanya nonton dulu!

    Untuk buku, beberapa rekomendasi yang bisa saya berikan ada “A History of Mathematics” oleh Carl B. Boyer, buku yang ditulis William Dunhan yaitu “Journey Through Genius”. Yang terakhir adalah “Proofs from the Book” oleh Martin Aigner dan Gunter M. Ziegler. Buku terakhir ini menarik untuk kamu yang menganggap matematika itu buang waktu karena nantinya tidak akan dipakai secara nyata. Buku ini akan mengatakan “Kamu salah besar!” karena ada banyak pembuktian bahwa matematika itu bermanfaat dan esensial.

  • Kimia : cara yang saya sarankan hampir sama dengan cara mengatasi masalah matematika. Adakah yang suka animasi jepang? Coba tonton salah satu berjudul “Fullmetal Alchemist”. Mungkin kamu akan terobsesi menjadi seorang alkemis yang hebat, dan jika kamu telusuri akan ditemukan bahwa itu nyata. Tentunya dalam bentuk yang tidak ajaib seperti dalam animasi tersebut.

    Jika kamu lebih tertarik dengan buku, coba untuk membaca “The Alchemist” karya Paulo Coelho. Novel ini juga sama seperti animasi yang saya sarankan. Akan membuat kamu memandang alkimia dari sudut pandang yang lebih hebat dimana kamu bisa menciptakan suatu hal baru yang mengesankan. Mungkin, nantinya kamu benar-benar bisa mengubah sesuatu menjadi emas!

  • Fisika : salah satu yang juga sulit bagi sebagian siswa. Mengikuti Fisika. Caranya masih sama. Cobalah untuk mengubah cara kamu melihat suatu pelajaran menjadi hal yang lebih kamu hargai, suatu hal yang kamu anggap hebat dan menginspirasi.

    Saya akan mengingatkan kamu bahwa sebenarnya kamu menyukai fisika dan menghayal tentang hal-hal yang berkaitan dengan fisika. Pernah mengkhayal tentang menciptakan mesin waktu? Coba untuk melihat teori di balik adanya kemungkinan untuk menemukan mesin waktu.

    Masih untuk yang suka animasi jepang atau yang disebut anime kamu bisa coba untuk menonton “Steins Gate” yang mengangkat tema tentang time machine. Untuk film, ada beberapa film yang bisa menginspirasi contohnya “Gravity”, “Apollo 3”, “October Sky”, “Infinity”, dan “Stargate and Parallel Worlds, Parallel Lives”.

    Untuk buku, cobalah membaca karya Stephen Hawking seperti “The Theory of Everything”, “A Brief Story of Time”, “The Universe in a Nutshell”, “Black Holes and Baby Universes and Other Essays”, dan juga “The Nature of Space and Time”.

  • Sejarah : yang satu ini hampir selalu dikatakan membosankan. Sebenarnya, banyak sekali hal menarik dari sejarah. Apa kamu suka dengan cerita? Suka dengan fantasy?

    Anggaplah saat ini kamu sedang membaca sebuah cerita saat belajar sejarah. Dengan sejarah, kamu bisa mengetahui peristiwa-peristiwa yang penting. Mungkin, kamu orang yang mendukung HAM, atau mengatakan bahwa pelajar adalah generasi pemimpin di masa depan. Cobalah untuk membangunkan rasa keingintahuan lebih banyak. Masih dengan cara menarik seperti menonton film atau membaca buku. Ada banyak sekali historical film yang mendapat rating tinggi contohnya Schindler’s List. Film ini mengangkat tema holocaust atau Nazi Jerman. Jangan dianggap remeh karena film ini mendapat rating tertinggi di banyak website film, serta mendapatkan banyak penghargaan. Masih dengan tema yang sama, ada film “The Pianist” dan juga “The Boy in the Striped Pyjamas”. Dari menonton film kamu akan tahu sejarah dari suatu kejadian penting di dunia, bahkan bisa melihat gambaran kejadian tersebut.

    Film yang pernah menyabet Piala Oscar seperti “12 Years a Slave” juga akan membuat kamu tahu bagaimana rasisme terhadap orang kulit hitam terjadi saat sebelum Civil War Amerika Serikat.

  • PKn dan IPS : cara yang sedikit berbeda untuk PKn dan IPS. Semua orang pasti tahu bahwa ada banyak sekali kejadian di sekitar kita. Kedua pelajaran ini menyangkut banyak hal tentang kehidupan kita yang nyata dan selalu bisa dilihat. Coba untuk mengamati hal-hal di sekitar kalian dan mengaitkannya dengan pelajaran tersebut. Jadilah orang yang selalu penasaran dan mencari tahu!


4. Mengubah sudut pandang

Cara ini adalah kelanjutan dari tips ketiga. Setelah melihat hal-hal baru, sebenarnya kamu pasti akan melihat pelajaran-pelajaran tersebut dengan sudut pandang yang berbeda. Dengan mengetahui bahwa ada hal-hal yang menarik dari sebuah pelajaran, dengan sendirinya kamu akan termotivasi untuk belajar.

Bagaimana jika efek dari buku dan film tersebut hanya memberikan motivasi sesaat? Terus belajar selama kamu masih termotivasi! Motivasi itu seperti kebutuhan primer manusia. Jadi, ketika kamu merasa tidak termotivasi, tonton ulang atau baca ulang sesuatu yang menginspirasi dirimu. Jangan takut membuang waktu karena semua hal tersebut akan bermanfaat. Ingat bahwa mengetahui hal baru, selalu belajar dan mencari pengetahuan akan berguna dan membuatmu senang.

5. Lakukan semuanya untuk dirimu sendiri

Menjadi rajin, berprestasi, dan membanggakan semuanya adalah untuk dirimu sendiri. Bukan untuk orangtua, guru, teman, pacar apalagi tetangga. Semua hal tersebut akan mendatangkan manfaat untuk diri kamu sendiri baik saat ini maupun di masa depan. Sayangi diri sendiri, dengan begitu kamu akan berjuang sekeras-kerasnya sekarang daripada bersusah-susah saat tua nanti.

5 Hal tersebut adalah triks sederhana yang bisa kamu lakukan, dan tentu saja menyenangkan. Belajar memang membosankan, tapi ada cara mudah untuk mengatasi malas belajar. Semoga bermanfaat :)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar