10 Cara yang Harus Dilakukan untuk Membuat Hidup Lebih Bahagia

10 Cara yang Harus Dilakukan untuk Membuat Hidup Lebih Bahagia

Manusia hidup pasti punya problema atau masalah. Anak, remaja, hingga orang tua pasti memiliki masalah yang berbeda-beda. Kita memang memiliki aktifitas dan hidup sosial masing-masing, oleh karena itu problema yang timbul pun berbeda-beda. Masalah yang ada harus kita hadapi dan selesaikan satu per satu dan bukannya lari dari kenyataan. Kadang masalah yang timbul membuat kita merasa kurang bahagia. Namun sebenarnya apakah definisi bahagia itu. Tentu semua orang ingin hidup bahagia, namun masih ada diantara kita yang malah berlarut-larut dengan masalah dan merasa stres. Ingin tahu bagaimana cara membuat hidup lebih bahagia :

10 Cara yang Harus Dilakukan untuk  Membuat Hidup Lebih Bahagia


[caption id="attachment_994" align="aligncenter" width="590"]Cara membuat hidup lebih bahagia Cara membuat hidup lebih bahagia (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Menyibukkan diri dengan hobi


Di tengah rutinitas kita yang membosankan, kita memerlukan aktivitas yang membuat kita bisa bersemangat kembali. Sibukkanlah diri kita dengan hobi yang kita senangi. Masukkanlah hobi anda di dalam jadwal rutinitas anda, dengan begitu kejenuhan dari rutinitas dapat teratasi.

2. Tidak membawa masalah dalam tidur


Kita seharusnya membutuhkan istirahat untuk tidur minimal 8 jam per hari. Namun karena rutinitas kita waktu tidur kita menjadi tidak sesuai dengan yang disarankan. Luangkanlah sebisa mungkin untuk tidur cukup dan jangan pernah membawa masalah ke tempat tidur, bisa-bisa kita tidak bisa tidur karena memikirkan masalah yang ada.

3. Refresing ke tempat baru yang menyenangkan


Perlunya kita refresing atau liburan ke tempat baru untuk meresfresh pikiran kita. Bebaskanlah pikiran sejenak dari masalah dan rutinitas keseharian untuk liburan. Hal ini penting untuk menjauhkan kita dari stres.

4. Minta tolong apabila benar-benar membutuhkan


Kadang apabila berada pada masalah yang sulit terpecahkan kita membutuhkan bantuan orang lain. Janganlah sungkan untuk meminta bantuan pada orang terdekat yang anda percayai. Percayalah kadang orang lain dapat membantu masalah kita.

5. Menjadi pendengar yang baik


Begitupun sebaliknya mungkin kerabat atau teman kita membutuhkan teman untuk bercerita mengenai berbagai hal, tentang pengalaman ataupun masalah. Jadilah pendengar yang baik yang siap sedia mendengarkan orang yang membutuhkan anda.

6. Tidak mengingat masa lalu yang buruk


Fokuslah pada masa depan cerah yang ingin anda raih. Jangan mengingat masa lalu yang menyakitkan apalagi menyesalinya, tutuplah rapi masa lalu dan biarlah menjadi pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya.

7. Jangan Cemas dan berpikir positif


Dalam hidup sehari-hari selalulah berfikir positif dalam hal apapun. Jangan khawatir, cemas ataupun takut karena hal ini bisa menjadi penghalang kesuksesan. Jika terlalu khawatir dan takut maka kadang malah menghentikan apa yang ingin kita kerjakan dan capai. Berfikirlah positif untuk masalah anda dan cari solusi terbaik.

8. Luangkan “Me time”


Selain melakukan hobi, refresing, berkumpul dengan teman-teman atau keluarga, dan rutinitas lainnya. Luangkanlah waktu “me time”. Yang dimaksud di sini ialah waktu untuk anda sendiri melakukan hal yang diinginkan tanpa terpaku oleh orang lain. Anda bebas meluangkan waktu anda sendiri. Sehingga anda akan lebih puas dan senang.

9. Menyisihkan untuk sesama


Usahakanlah untuk menyisihkan sebagian harta kita bagi sesama yang membutuhkan, dengan begini kita akan lebih bersyukur bahwa kita masih bisa membantu orang lain. Hal ini membuat kita bahagia karena dapat membahagiakan orang lain.

10. Bersyukur


Selalulah bersyukur bahwa kita masih diberi nafas kehidupan. Sadarilah bahwa Tuhan masih begitu baik kepada kita untuk masih bisa hidup dan beraktivitas. Gunakanlah waktu yang ada sebaik-baiknya untuk berkarya dan melakukan hal positif.

Itulah 10 cara agar hidup kita lebih bahagia. Kita sering dengar istilah “bahagia itu sederhana” , sebenarnya untuk merasa bahagia itu memang sederhana, hanya menekankan pada bagaimana cara kita menyingkapi rasa bahagia mulai dari dalam diri kita sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Salam sejahtera.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar