Tips Mencerahkan Kulit Dengan Bahan Sederhana

Tips Mencerahkan Kulit Dengan Bahan Sederhana

Kecantikan wanita sampai saat ini masih identik dengan tubuh yang tinggi, langsing dan berkulit putih. Seperti pada sebagian besar wanita di Indonesia. Banyak wanita yang mencoba berbagai macam cara untuk mendapatkan kulit yang putih tanpa cela baik dengan cara alami maupun dengan tindakan medis seperti suntik putih dan operasi bedah plastik.

[Baca juga: Cara jitu mencerahkan kulit leher]

Seperti yang kita tahu, tindakan medis untuk merubah warna kulit membutuhkan dana yang cukup besar bahkan terhitung mahal untuk sebagian orang dan juga memiliki efek samping yang kurang bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu, cara alami dan natural bisa menjadi pilihan anda untuk mendapatkan kulit yang bersih dan putih alami dan tanpa efek samping.

Dengan bahan yang mudah didapat atau bahkan ada di dapur anda, anda bisa meracik sendiri obat alami untuk memutihkan kulit anda. Berikut bahan yang bisa membantu mencerahkan kulit anda secara alami:

  1. Susu

  2. Jeruk nipis

  3. Beras

  4. Tomat


Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa dari bahan di atas secara bersamaan. Jika menggunakan susu, anda bisa menggunakan susu saja atau mencampurkan susu dengan tepung beras sampai menjadi pasta atau susu kental yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis.

[Baca juga: 6 Cara aman mencerahkan kulit usai liburan]

Usapkan secara merata di tangan, kaki, wajah sebagai masker dan area mana saja yang ingin anda fokuskan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air bersih atau air hangat. Cara ini bisa anda lakukan setiap seminggu sekali, atau sesuai kebutuhan. Campuran antara susu dan tepung beras ini cocok untuk anda yang memiliki kulit sensitive. Tetapi tepung beras yang dipakai harus benar-benar terbuat dari beras yang bersih ya, agar tidak meninggalkan efek gatal pada kulit anda setelah memakainya.

[caption id="attachment_843" align="aligncenter" width="590"]Tips mencerahkan kulit Tips mencerahkan kulit (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Jika anda hanya memiliki jeruk nipis saja di rumah, anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah anda dengan cara memeras sedikit jeruk nipis dan diusap-usapkan di daerah wajah, leher dan beberapa area lain yang dikehendaki. Perlu diingat bahwa tidak semua kulit bisa terkena asam dari air jeruk nipis ini. Bagi yang kulitnya sensitive, air jeruk nipis ini bisa dicampur dengan minyak zaitun, minyak kelapa atau madu yang mempunyai efek melembabkan dan anti peradangan.

Beras sebagai bahan makanan utama orang Indonesia ini juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Dari jaman nenek moyang kita, beras sudah dikenal sebagai pencerah dan penghalus kulit. Pasti anda pernah mendengar tentang air cucian beras yang sering dijadikan air untuk cuci muka bukan? Bahkan beberapa produk kecantikan ternama sekalipun juga mengambil kebaikan dari beras sebagai salah satu bahan produk pemutih wajah yang mereka jual. Untuk air cucian beras, pastikan beras yang anda punya tidak mengandung pemutih dan pengawet, karena akan memberikan pengaruh yang tidak baik bagi tubuh anda. Cara mengolahnyapun mudah. Ketika anda ingin menanak nasi, cucilah beras anda dengan sedikit air lalu saring, dan cuci lagi. Air cucian beras kedua inilah yang bisa anda gunakan untuk mencuci muka. Atau simpan air cucian beras ini selama beberapa jam sampai terdapat endapan. Endapan dari air cucian beras tersebut bisa anda gunakan untuk masker wajah atau lulur badan sebelum anda mandi. Pemakaian air cucian beras atau endapannya selama beberapa hari bisa terlihat jelas perbedaannya. Kulit anda akan menjadi lebih cerah dan bersih.

[Baca juga: Tips meramu produk kecantikan dari beras]

Lalu bagaimana dengan tomat? Kandungan vitamin C pada tomat ini bisa membantu mencerahkan kulit anda dan menyamarkan noda pada wajah anda. Sama seperti jeruk nipis, cukup peras airnya dan aplikasikan ke kulit anda atau iris tomat menjadi dua bagian dan usapkan ke wajah anda sampai merata. Diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Keempat bahan di atas sangat mudah dijumpai. Sebelum menggunakan bahan tersebut untuk diaplikasikan ke tubuh anda, pastikan semua bahan dalam keadaan bersih dan masih layak untuk digunakan. Dengan menggunakan 4 bahan sederhana di atas anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempercantik kulit anda. Akan tetapi karena 4 bahan tersebut merupakan bahan alami, maka hasil yang didapat tidak bisa secepat menggunakan tindakan medis. Oleh karena itu ketelatenan dan kesabaran juga dibutuhkan. Jangan lupa imbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, istirahat cukup serta olahraga ringan juga dilakukan agar anda tetap sehat dan bugar.

Demikianlah Tips Mencerahkan Kulit Dengan Bahan Sederhana, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar