Pernah Mengkhayal Ada Mobil Bisa Terbang? Waw, Sebentar Lagi KhyalanKamu Bakal Jadi Kenyataan

Pernah Mengkhayal Ada Mobil Bisa Terbang? Waw, Sebentar Lagi KhyalanKamu Bakal Jadi Kenyataan

Buat kamu yang setiap kali mau beraktivitas selalu menghadapi macet, pasti enggak gampang kan mengalihkan perhatian? Apalagi kalau baru saja selesai lembur, rangkaian tugas yang mendekati deadline masih susul-susulan, dan kerjaan berasa enggak ada habis-habisnya. Saat berangkat jalanan macet dan pulang kondisi jalanan masih sama saja. Kesel banget pasti deh rasanya. Apalagi kalau kondisi badan lagi capek banget. Suntuk, mumet, dan berasa pengen ngomel terus-terusan.

Ketika lagi terperangkap dalam keadaan seperti itu biasanya apa yang kamu lakukan? Pernah enggak sih kamu kepikiran saat lagi stuck di jalan rasanya pengen banget terbang. Mengkhayal seandainya mobil yang lagi kamu kendarain punya sayap. Seketika jalanan macet, kamu lagi buru-buru, tapi tetap bisa menerobos barisan kendaraan tanpa perlu pakai sirine kaya ambulance atau mobil pemadam kebakaran. Tinggal pencet tombol khusus di dalam mobil untuk keluarin sayapnya, dan terbang deh!

There is a good news to you. Your wish will be come true soon. Faktanya, bakal ada perusahaan otomotif raksasa yang akan segera memproduksi mobil terbang, yaitu Toyota. Perusahaan otomotif terkemuka ini bahkan sudah mendaftarkan hak patennya di Amerika Serikat (AS).
Mobil terbang
Mobil terbang

Seperti yang dilansir oleh okezone.com, Autoguide, badan paten AS, US Patent Office menyatakan bahwa Toyota telah mempersiapkan mobil yang hampir serupa dengan Sedan, dilengkapi dengan dua sayap besar dan dua sayap kecil yang dapat dilipat.

“Paten ini merupakan rangkaian yang kami gunakan dalam membuat kendaraan terbang, lengkap dengan sayap namun tetap dapat melaju di darat layaknya mobil.” Tulis Toyota dalam lembar bagian latar belakang paten tersebut.

Ternyata sebelumnya Toyota pun pernah mendaftarkan paten pada Februari 2015 dan Agustus 2014 lalu. Dijelaskan bahwa sayap pada mobil terbang tersebut akan memiliki bentuk bergelombang dan juga disertai baling-baling. Meski demikian, sayap dan baling-baling tersebut dapat disembunyikan otomatis ketika kendaraan digunakan di darat. Sehingga bentuk mobil terbang milik Toyota ini pun akan tetap serupa mobil pada umumnya.

Di sisi lain, perusahaan otomotif asal Boston, Amerika Serikat juga telah merancang mobil terbang yang mereka beri nama Terrafugia TF-X. Mobil dengan teknologi canggih tersebut berkapasitas penumpang empat orang, dapat lepas landas secara tegak lurus sehingga tidak memerlukan landasan pacu. Tenaganya berasal dari energi listrik yang digabungkan dengan mesin berkekuatan 300 brake horse power berbahan bakar bensin. Dorongan saat mengangkasa dihasillkan dari kipas di bagian belakang dan baling-baling di ujung kedua sayap. Saat mengarungi udara ‘mobil pesawat’ ini diperkirakan sanggup mencapai kecepatan 321 kilometer per jam untuk jarak 800 kilometer. Seperti jarak dari Jakarta ke Surabaya dengan estimasi waktu tempuh di bawah tiga jam dan sekali jalan.

Bagi kamu pencinta otomotif pasti enggak sabar kan menunggu kapan produk inovatif ini segera dirilis? Jika Toyota berhasil dalam projek mobil terbang ini, itu berarti perusahaan raksasa asal negeri matahari tersebut akan segera bersaing dengan Aeromobile asal Austria. Bahkan perusahaan Aeromobile asal Austria telah mengumumkan kepastian mobil terbang rancangannya akan segera dipasarkan pada tahun 2017 mendatang.

Kebayang andai semua kendaraan bisa terbang pastinya enggak bakal ada kemacaten di jalan lagi dong. Seiring ada kemajuan pasti akan ada hal baru yang harus dipelajari dan peraturan baru juga mengikuti. Akankah mobil terbang ini menjadi jawaban tepat untuk reformasi transportasi di masa depan atau malah jadi bumerang? (Rona Siahaan)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar