9 Tips Agar Anak Rajin Sholat

9 Tips Agar Anak Rajin Sholat

Ayah / abi dan bunda / umi, anak merupakan titipan dari Tuhan yang sangat berharga, bahkan takkan tergantikan oleh apapun. Sebagai titipan Tuhan, tentu ayah/ bunda atau abi/umi akan berusaha untuk menjadikannya manusia yang berarti bagi orangtua, masyarakat dan agamanya bukan? Ya, mungkin semua orang tua pun akan melakukan hal tersebut.

Anak yang baik tentu menjadi asset dunia akhirat bagi orangtua. Selain menjadi pemanis mata dan hati, dia juga akan menjadi penyelamat di negeri akhirat. Namun permasalahannya adalah bagaimana menjadikan anak sebagai asset dunia dan akhirat bila sholat pun mereka enggan melakukannya?

Jangan cemas ya Bun, berikut ada Tips agar anak menjadi rajin untuk melaksanakan sholat.

TIPS Agar Anak Rajin Sholat


[caption id="attachment_840" align="aligncenter" width="590"]Tips agar anak rajin shalat Tips agar anak rajin shalat (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Ajarkan Anak Untuk Mengenal Islam

Agar anak senantiasa selalu sholat, berilah pembelajaran mengenai dunia keislaman. Bahan yang diajarkan diusahakan jangan terlalu berat ya, bun! Berikan kisah-kisah tentang nabi, tentang Tuhan, tentang pengalaman bunda atau ayah saat masa kecil belajar sholat, tentang surga dan neraka dan hukuman orang-orang yang berdosa juga pahala bagi yang taat dan kisah-kisah lainnya yang memotivasi anak agar cenderung untuk selalu ingat pada identitasnya sebagai muslim.

2. Jaga Selalu Kedekatan dengan Anak

Nah, Bunda dan ayah sekalian, agar anak setiap cerita yang diajarkan membekas pada anak, bunda dan ayah harus selalu menjaga kedekatan dengan sang buah hati. Ingat loh bun / yah, jangan sampai anda sibuk memperhatikan hal-hal pribadi anda sehingga anak menjadi tak terperhatikan. Usahakan dengarkanlah segala curahan hatinya, berikanlah usapan kasih sayang, berikan selalu canda tawa dalam setiap waktu anda bersama sang buah hati dan berilah waktu bermain bersamanya. Jangan pernah atau membiasakan membentak atau berbicara dengan nada yang tinggi pada anak, hal itu akan menjadi contoh buruk pada anak dan membekas sehingga akan menjadi kebiasannya hingga dewasa.

3. Usahakan Agar Pembelajaran Sholat Menyenangkan

Nah, bun setelah terbentuk kedekatan dan fikrah atau pikirannya telah selalu diisi dengan dunia keislaman, mulailah pembelajaran tentang tata cara sholat. Sebelum praktek sholat dilakukan, buatlah suasana agar nyaman bagi anak contohnya adalah membuat sebuah ruangan atau mushala mini untuk tempat khusus sholat dan biarkan mereka menghiasnya bersama ayah dan bunda. Perhatikan dan berilah contoh setiap gerakan sholat dan wudhu tentunya. Selain itu buatlah satu buku sebagai catatan sholat harian. Saya ingatkan kembali lakukanlah dengan kasih sayang, jangan membentak atau meninggikan suara. Bersabarlah dalam menghadapi anak.

4. Berilah Contoh bukan perintah

Ayah / bunda sekalian hal ini adalah hal paling penting loh! Sebagaimana Rasulullah SAW dalam mendidik setiap umatnya, Beliau tak pernah memberi perintah sebelum Beliau sendiri melakukannya. Oleh karena itu ayah / bunda janganlah sekali-kali memerintahkan sesuatu tanpa anda sendiri melakukannya. Ingat loh ayah / bunda pesan ini juga tertulis dalam Kitabullah dalam surat as-shaf ayat 2 dan 3. Ayo ayah bunda, dalam mengajarkan anak berilah contoh dalam sholat biasakan anda sholat bersamanya. Ajarkan sholat dengan membawanya ke masjid untuk berjamaah walaupun dia belum dapat membaca Al-fatihah atau membaca surat-surat dalam al-Qur’an.

5. Biasakan Sholat Sunah di Rumah

Untuk menjaga keistiqomahan dan ingatannya tentang sholat, ajaklah anak anda agar senantiasa melihat anda melakukan sholat sunah di rumah. Kebiasaan sholat sunah di rumah tentu akan memberikan stimulus dalam ingatannya. Oleh karena itu, jagalah sholat-sholat sunah anda terutama di waktu dhuha. Biasakan anak untuk belajar sholat dhuha. Sholat dhuha itu selain menguntungkan bagi kualitas belajar anak, tentu membuat rezeki ayah dan bunda menjadi lebih lancar.

6. Biasakan Anak Menghafal Qur’an

Bunda dan ayah sekalian, tips selanjutnya adalah ajaklah anak anda untuk senantiasa menghafalkan al-Qur’an. Manfaat dari menghafalkan al-Qur’an adalah membuat kecerdasan otak anak anda meningkat. Selain dari itu akhlak dari anak anda senantiasa akan menjadi baik. Kenalkanlah al-Qur’an, maknai dan jelaskan maksudnya (terutama ayat yang berkaitan dengan kisah, perintah dan larangan). Ajarkan buah hati anda untuk menghafalkan surat-surat pendek. Dalam cara menghafalkan al-Qur’an usahakan agar setiap bacaannya dibaca dengan merdu menggunakan lagam yang baik. Salah satu cara agar pembelajarannya lebih efektif adalah dengan menyetelkan murattal Qur’an. (rekomendasi muratal untuk anak adalah Muhammad Taha bin junayd)

7. Batasi dan Perhatikan Kebiasaan Buruknya

Bunda dan ayah yang mengharap ridha Allah. Demi menjaga hafalan dan akhlaknya, setelah kita mengajarkan buah hati kita sholat kita perlu membatasi dan perhatikan kebiasaan buruknya. Hal itu bukan dimaksudkan untuk mengekang anak dengan sesuatu yang ia sukai, melainkan mengontrol akhlak anak. Misalkan apabila kebiasaan buruknya adalah senang bermain. Kebiasaan bermain bagi anak adalah lumrah, namun apabila tidak ada kontrol dari orang tua kebiasaan bermain itu akan menjadi hal yang justru membuat anak akan sulit untuk melakukan sholat. Oleh karena itu perlulah pembatasan bagi buah hati anda untuk mengetahui aturan. Buatlah aturan yang dirasa oleh anak tidak memberatkan namun akan berbekas. Sehingga aturan tersebut akan selalu diingatnya.

8. Berilah Hadiah

Bunda dan ayah sekalian, selain hal-hal yang telah dituliskan di atas tadi, ada satu hal sangat penting dan jangan sampai terlupakan nih. Setelah mereka belajar dan anda terus memperhatikan mereka, berilah suatu hadiah apabila buah hati anda melaksanakan sholat secara penuh atau ketika ia telah dapat melakukan sholat dengan benar. Sebagai referensi bagi anda tanyakanlah pada anak apa keinginannya. Hadiah merupakan motivasi terbesar bagi anak. Catatan pentingnya adalah boleh bunda dan ayah mengadakan kebalikan dari hadiah yaitu hukuman. Hukuman didapatkan bila aturan yang disepakati anda dan buah hati ternyata tidak dapat dipenuhi oleh sang buah hati. Walaupun bersifat hukuman usahakan hukuman tersebut tidak bersifat fisik juga jangan sampai hukuman tersebut menyakiti hati sang buah hati. Berilah hukuman secara bijaksana dan kembali lagi saya ingatkan, janganlah membentak atau meninggikan suara karena hal itu selain tidak bermafaat juga akan mempengaruhi psikologis sang buah hati.

9. Selalu Berdo’a Meminta Diteguhkan dalam Sholat

Ayah dan bunda sekalian, selayaknya semua yang kita lakukan di atas adalah sebuah usaha kita sebagai manusia untuk hasilnya tetap Allah Azza wa Jalla yang menentukan. Oleh karena itu, untuk memperkuat usaha yang telah kita lakukan biasakan untuk berdo’a. Do’a akan menguatkan usaha yang kita bangun. Jangan bosan untuk berdo’a karena semua do’a insya Allah akan terkabul terutama do’a dari orang tua. Berikut adalah do’a yang diajarkan oleh nabi Ibrahim A.S agar senantisa diteguhkan dalam menjaga sholatnya.

Doa nabi Ibrahim a s

Sumber gambar do’a : www.alquran-indonesia.com

Rabbija’lni muqimash sholaati wa mindzurriyyatii rabbana wa taqabbal du’aa.

Artinya : Ya Allah jadikan aku dan keturunanku menjadi orang-orang yang senantisa mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah do’a kami. (Q.S Ibrahim : 40)

Nah ayah dan bunda sekalian, semangat ya dalam mengajarkan sholat anak. Semoga Allah memberi kemudahan dalam segala aktifitas ayah dan bunda sekalian.
Wallahu a’lam bishawaf.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar