8 Tips Berkendara Motor Aman di Musim Hujan

8 Tips Berkendara Motor Aman di Musim Hujan

Hampir semua wilayah di Indonesia telah mengalami musim penghujan. Musim yang telah lama ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dimana dengan datangnya hujan ini akan sangat membantu proses pemadaman asap yang selama beberapa bulan terakhir terjadi di beberapa provinsi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun, hujan juga bisa menjadi sebuah ‘hambatan’ untuk beraktifitas terlebih lagi bagi sebagian orang yang rutinintasnya lebih banyak menggunakan motor. Oleh sebab itu, saya akan memberikan beberapa tips aman dalam berkendara motor di musim hujan.

[Baca juga: Tips mengemudi dalam kondisi cuaca ekstrim]

8 Tips Berkendara Motor Aman di Musim Hujan


[caption id="attachment_885" align="aligncenter" width="590"]Tips berkendara motor aman di musim hujan Tips berkendara motor aman di musim hujan (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Jalanan menjadi licin lantaran hujan


Sering kita jumpai bahwasanya jalanan menjadi sangat licin ketika hujan turun. Hal tersebut disebabkan oleh minyak, air, dan tanah serta bahan-bahan aspal yang bercampur menjadi satu sehingga membuat pengendara motor menjadi sulit mengemudi. Oleh sebab itu lebih mawas diri dalam berkendara sangat dianjurkan.

2. Jangan menjadi raja jalanan


Sangat tidak dianjurkan mengebut dalam berkendara sekalipun pada saat musim kemarau dan terlebih lagi pada saat musim penghujan. Genangan air hujan biasanya akan menutupi jalanan yang berlubang. Apabila anda mengendarai motor dengan kecepatan tinggi hal tersebut selain mengganggu pengendara lain dengan ikut terkena cipratan juga dapat membahayakan keselamatan anda sendiri.

3. Selalu cek kondisi kendaraan


Mengecek kendaraan bermotor sebelum berkendara merupakan suatu kewajiban. Dengan melakukan pengecekan maka secara tidak langsung anda membantu meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Cek ban motor anda. Apabila dirasa permukaan ban motor telah halus atau botak, maka segerakan mengganti. Kondisi ban yang seperti itu akan sangat membuat tidak nyaman ketika digunakan untuk berkendara. Ban dengan kondisi licin dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Perhatikan tekanan pada ban motor


Tekanan yang ada pada ban sebaiknya diturunkan ketika hujan. Dengan kondisi jalanan yang penuh dengan genangan air, akan menyebabkan permukaan ban tidak seleruhnya menempel pada aspal. Kondisi seperti itu akan membuat ban mudah slip. Anda bisa sedikit mengempiskan ban. Hal tersebut dapat membuat permukaan ban yang menempel pada aspal semakin banyak.

5. Sediakan mantel atau jas hujan di jok motor


Kondisi hujan yang tidak bisa diterka kapan datangnya, bisa menjadi pengganggu aktifitas anda. Oleh sebab itu, melakukan persiapan serba ekstra akan sangat bermanfaat. Seperti selalu siap sedia jas hujan. Anda bisa menggunakan jas hujan serupa pakaian atau yang langsungan. Dengan menggunakan jas hujan selain sedikit meminimalisir anda terkena masuk angin, hal itu juga berpengaruh pada konsentrasi anda ketika berkendara. Ketika anda mengendarai motor, kehujanan dan kedinginan sedikit banyak akan membuat Anda tidak fokus dalam berkendara.

6. Gunakan helm standard


Helm standard di Indonesia adalah helm yang telah memiliki tanda khusus yakni SNI. Dengan helm standard tersebut, air hujan tidak akan mudah masuk. Sehingga tidak akan mengganggu jarak pandang anda ketika berkendara.

7. Oleskan tembakau pada kaca helm


Derasnya air hujan seringkali menimbulkan embun dan mempengaruhi jarak pandang pengendara motor. Tembakau rokok ternyata bermanfaat untuk menghilangkan kumpulan air dan embun yang terdapat pada kaca helm. Taburkan sedikir tembakau pada permukaan kaca helm lalu bersihkan. Dipastikan air tidak akan berkumpul lagi pada satu tempat.

8. Selalu nyalakan lampu pada saat berkendara


Kondisi hujan akan membuat jarak pandang pengendara motor menjadi terbatas. Oleh karena itu lampu motor akan sangat membantu untuk mengetahui kendaraan dari arah berlawanan, pengemudi lain pun akan menjadi waspada.

Itulah sedikit tips berkendara aman pada saat hujan. Selalu hati-hati ya guys. Jaga keselamatan, anak, istri, orang tua anda menunggu dirumah :)
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar