8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang penting bagi manusia. Dengan memiliki mata yang sehat maka dapat dipastikan, seseorang dapat melihat keindahan dunia beserta segala hal ihwal ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi, banyak orang yang tidak bersyukur yakni dengan tidak menjaga kesehatan mata. Sehingga banyak kita temui remaja-remaja Indonesia dalam kisaran umur yang masih belia sudah memakai alat bantu berupa kaca mata. Di bawah ini, akan saya paparkan beberapa tips menjaga kesehatan mata:

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata


[caption id="attachment_867" align="aligncenter" width="590"]Cara menjaga kesehatan mata Cara menjaga kesehatan mata (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Perhatikan Jarak Baca


Banyak yang menyalahi aturan di dalam membaca buku. Sebaiknya membaca buku dilakukan dengan jarak yang ideal yakni 30 cm dari mata ke buku. Hal ini dilakukan guna mencegah rabun jauh atau rabun dekat.

2. Tegakkan badan


Sangat tidak dianjurkan untuk membaca dalam kondisi tiduran. Bacalah buku, koran, atau majalah dengan posisi duduk. Hal ini akan berpengaruh selain ke kesehatan mata juga ke tulang belakang. Membaca dengan posisi yang benar akan menghindarkan mata dari miopi atau rabun jauh.

3. Gunakan penerangan yang cukup


Penerangan atau lampu berperan penting ketika seseorang melakukan aktifitas membaca. Apabila penerangan kurang maka hal tersebut akan memicu mata untuk bekerja secara ekstra. Hal tersebut menyebabkan ketegangan pada mata.

4. Batasi diri untuk tidak terlalu lama menghadap layar komputer


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan tidak terus-terusan atau terlalu lama menghadap layar komputer. Apabila mata telah terasa capek, maka berhentilah menghadap komputer, pergi jalan-jalan untuk melihat suasana luar atau pepohonan. Hal tersebut dapat merenggangkan dan merupakan cara untuk mengistirahatkan indera penglihatan.

5. Hindari mengucek mata


Mengucek mata dengan kondisi tangan kotor akan berakibat buruk untuk mata, antara lain mata menjadi terinfeksi. Usahakan cuci tangan dan jaga kebersihan mata sebelum mengucek mata anda. Atau anda bisa menggunakan kain bersih untuk menghindari sentuhan langsung antara mata dengan jari tangan.

6. Perhatikan makanan anda


Makanan adalah salah satu sumber nutrisi untuk tubuh. Begitu juga mata, membutuhkan nutrisi agar senantiasa terjaga kesehatannya. Jenis makanan yang paling baik adalah makan sayur sayuran atau buah buahan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, cabai merah, bayam, tomat, pepaya, buah naga, buah apel, sereal, pisang, umbi-umbian, hati sapi, olahan susu, dan lain-lain.

7. Jangan memakai kontak lensa lebih dari 8-17 jam


Memakai kontak lensa terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Maka gunakanlah kontak lensa ataupun kacamata sewajarnya saja. Memakai alat bantu memang diharuskan tetapi juga jangan terlalu lama. Ada kalanya alat bantu tersebut dilepas untuk mengistirahatkan mata.

8. Pakai Mentimun


Mentimun selain digunakan sebagai acar, dan kudapan ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Iris tipis timun kemudian gunakan sebagai kompres mata. Lakukan selama 10 menit di malam hari sebelum tidur. Mentimun dapat mengurangi kantung mata.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata anda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar