7 Cara Merawat Baterai Laptop dan Smartphone-mu Saat Di Kampus

7 Cara Merawat Baterai Laptop dan Smartphone-mu Saat Di Kampus

Laptop dan Smartphone saat ini bukan menjadi barang yang mewah lagi. Karena harganya yang relatif terjangkau sehingga hampir semua mahasiswa sudah dapat mempunyainya. Kemudahan menggunakan laptop dan Smartphone yang bisa dibawa kemana-mana termasuk ke kampus terkadang membuat kita melupakan perawatan baterai sendiri.

Saat di kampus, kamu tentu sering membawa laptop dan Smartphone untuk mendukung kegiatan perkuliahan kamu. Fungsi laptop yang sering dipakai untuk media presentasi di depan ruangan atau hanya sekadar searching.

Bagaimana cara merawat baterai laptop dan Smartphone-mu ketika sedang di kampus? Kenapa harus baterai? Karena Baterai adalah komponen penting yang terdapat pada laptop atau Smartphone, yang merupakan sumber daya atau dalam bahasa Betawi-nya power supply. Coba bayangkan kalau perangkat elektronikmu seperti laptop dan Smartphone tidak memiliki baterai? Tentunya kita akan kerepotan setiap PLN mengadakan pemadaman bergilir bukan?

Nah, ketika di kampus kita bisa merawat baterai laptop dan Smartphone kita dengan beberapa tips berikut ini:

7 Cara Merawat Baterai Laptop dan Smartphone-mu Saat Di Kampus


[caption id="attachment_834" align="aligncenter" width="423"]Cara merawat baterai laptop dan smartphone Cara merawat baterai laptop dan smartphone (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Siapkan Baterai Penuh Dari Rumah.


Kamu tidak harus capek-capek lagi mencari stop kontak yang menganggur di kampus gara-gara ternyata lupa mengisi daya baterai dari rumah. Bayangkan bila tugas presentasi harus ditampilkan saat itu juga, dan listrik di kampus padam? Kamu tentunya akan kelabakan. Jadi selalu ingat untuk mengisi penuh baterai dari rumah sebelum berangkat ke kampus.

Khusus untuk Smartphone-mu, kamu bisa menggunakan powerbank untuk mengantisipasi kondisi yang tidak terduga ketika berada di ruangan kuliah. Tapi sebisa mungkin kurangi menggunakan powerbank. Gunakan powerbank hanya untuk saat-saat genting saja.

2. Cari Stop Kontak Yang Aman Dan Sesuai Daya


Ketika baterai laptop atau Smartphone mu habis, cari stop kontak yang memang benar-benar aman untuk di sambungkan dengan perangkat elektronikmu. Walaupun daya yang disediakan sudah standar, tapi tidak ada salahnya untuk memastikan tidak ada kabel misalnya yang terkelupas untuk menghindari korslet.

3. Nonaktifkan Laptop Dan Smartphone-Mu Ketika Charging Di Kampus.


Untuk menghindari kerja laptop dan Smartphone yang berlebih saat charging, kamu disarankan untuk menonaktifkan perangkatmu. Setidaknya jangan melakukan multi-tasking yang berlebih ketika laptop atau Smartphonemu sedang diisi daya.

Ketika kamu menyambungkan perangkat laptop-mu ke infokus untuk tujuan presentasi, tidak ada salahnya kamu menghidupkan mode pesawat terbang untuk memaksimalkan daya masuk ke perangkatmu.

4. Jangan Biarkan Keadaan Baterai Laptop Dan Smartphone-Mu Dalam Keadaan Ekstrim Di Kampus.


Seperti banyak kita ketahui, Melakukan charge kepenuhan terbukti menyebabkan daya tahan baterai berkurang. Kebiasaan kita men-charge laptop dan Smartphone kemudian ditinggal ke kantin. Atau membiasakan baterai laptop dan Smartphone habis dalam kondisi 0% . Selalu cabut baterai ketika perangkatmu belum benar-benar penuh (mungkin 95%) dan selalu isi baterai perangkatmu ketika tidak benar-benar habis (mungkin 30%).

5. Install Aplikasi Power Management Pada Laptop Dan Smartphone-Mu.


Kamu bisa memasang aplikasi untuk memonitor daya bateraimu. Aplikasi ini akan mambantumu untuk mengontrol aktifitas laptop dan Smartphone-mu. Sehingga kinerja baterai akan lebih efisien.

6. Jangan Simpan Laptop Dan Smartphone-Mu Di Dalam Tas Yang Berisi Banyak Buku-Buku.


Kalau kamu suka menyimpan laptop dan smartphone di tas ranselmu menumpuk bersama buku-buku kuliahmu, maka kamu harus mengubah kebiasaan lamamu itu. Laptop dan Smartphone butuh sirkulasi udara karena mengeluarkan panas. Kalau kita menyimpan di tas bersamaan dengan buku-buku kuliah, panasnya akan sulit keluar.
Lebih disarankan untuk menggunakan tas khusus laptop. Untuk Smartphone simpan di saku celana yang lumayan longgar agar sirkulasi udara cukup untuk menahan panas yang dihasilkan akibat aktifitas Smartphone yang menangkap sinyal.

7. Jangan lupa install ulang perangkat laptop dan Smartphone-mu bila menemukan gejala umum


Seperti keseringan hang (macet), sistem terinfeksi virus dan partisi C yang sudah dipenuhi aplikasi yang semuanya dapat berimbas pada kinerja baterai yang lebih berat.
Kamu bisa mencari ahli service laptop dan Smartphone di dinding pengumuman kampus. Biasanya biaya yang ditawarkan lebih murah dari kalangan umum. Pastikan si ahli adalah orang yang dapat dipercaya untuk menangani permasalahan perangkat-mu.

Demikian 7 Cara Merawat Baterai Laptop dan Smartphone-mu Saat Di Kampus. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang menghabiskan waktu di kampus menggunakan perangkat laptop dan Smartphone-mu untuk berbagai kepentingan.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar