6 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi

6 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi

“Jangan bangun siang-siang, nanti rezekinya dipatok ayam”. Pepatah itu rasanya sering kali kita dengar dari orang tua kita untuk membuat kita tidak bangun terlalu siang. Terlepas dari benar atau tidaknya pepatah tersebut, bangun tidur terlalu siang memang tidak baik dari sisi manapun, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas hidup anda. Bangun kesiangan akan membuat anda telat memulai aktivitas anda dan dapat berpengaruh terhadap karir atau prestasi anda. Namun, bagi sebagian orang bangun pagi bukanlah perkara yang mudah. Sulit sekali rasanya untuk membuka mata meskipun berbagai cara sudah dilakukan. Bagi anda yang selalu merasa kesulitan untuk bangun di pagi hari, berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa anda praktekkan.

6 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi



  1. Niatkan untuk bangun di pagi hari.


Ini hal utama yang harus anda lakukan, yaitu niat. Jika anda tidak berniat untuk bangun pagi, maka sekeras apapun cara yang anda lakukan, tetap saja anda mencari-cari alasan untuk menunda-nunda waktu bangun. Jadi, sebelum anda tidur di malam hari, niatkanlah dalam hati untuk bisa bangun pagi keesokan harinya.

  1. Hindari tidur terlalu malam.


Jika pekerjaan anda telah selesai, sebaiknya jangan begadang dan segeralah istirahat. Tubuh anda berhak untuk mendapatkan haknya untuk beristirahat. Apalagi jika keesokan paginya anda harus bangun di pagi hari. Tidur yang terlalu malam membuat jam tidur anda berkurang dan saat pagi datang anda masih akan terlelap dalam tidur.

  1. Posisikan tempat tidur di dekat jendela.


Seberapa berpengaruhnya posisi tempat tidur anda dengan bangun pagi?. Tentu saja berpengaruh. Memposisikan tempat tidur anda di dekat jendela akan membuat wajah anda diterpa sinar matahari saat pagi hari datang. Hal ini dapat membantu anda untuk membuka mata saat matahari datang.

  1. Pasang alarm dengan nada yang menggangu.


[caption id="attachment_918" align="aligncenter" width="590"]Tips supaya bisa bangun pagi Tips supaya bisa bangun pagi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Kalau anda sudah berusaha memakai alarm untuk membangunkan anda di pagi hari namun selalu tidak berhasil, cobalah untuk mengganti nada alarm anda. Pilihlah nada yang sedikit menggangu di telinga dan aturlah dengan volume yang sedikit tinggi.

  1. Simpan alarm di tempat yang tidak mudah terjangkau.


Jika cara di point sebelumnya masih belum bisa membuat anda bangun pagi, cobalah untuk menyimpan alarm di tempat yang tidak mudah terjangkau. Tidak mudah terjangkau di sini maksudnya adalah tempatkan alarm jauh dari tempat tidur anda, misalnya di atas lemari atau di meja yang letaknya berseberangan dengan tempat tidur anda. Meletakan alarm dekat dengan tempat tidur anda akan membuat anda dengan mudah mematikan alarm tersebut dan kembali tertidur. Namun, jika alarm tersebut berada jauh dari anda, anda akan terpaksa untuk bangkit dari tempat tidur anda untuk mencapai tempat alarm tersebut.

  1. Minta bantuan teman untuk menelepon.


Anda juga bisa meminta bantuan dari sahabat anda. Mintalah dia untuk menelepon anda di pagi hari untuk membangunkan anda.

Demikianlah 6 Tips Supaya Bisa Bangun Pagi, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar