6 Tips Menghentikan Kebiasaan Melamun

6 Tips Menghentikan Kebiasaan Melamun

Melamun adalah bentuk fantasi, imajinasi atau pikiran seseorang saat terjaga. Menurut psikolog, sepertiga dari pikiran manusia merupakan bagian dari melamun, dan orang rata-rata melamun setiap sembilan puluh menit sekali tapi lamunan tersebut hanya bertahan beberapa menit saja.

Melamun memiliki banyak dampak negatif bagi manusia, antara lain menimbulkan halusinasi visual, kurang fokus bahkan tidak bahagia. Melamun juga dapat membuat manusia menarik diri dari kegiatan sosialnya, hal ini membuat orang tersebut lebih sering menyendiri.

Adapun penyakit untuk melamun akut adalah Maladaptive daydreaming atau MD. Hal ini membuat penderitanya menjadi kurang produktif karena mereka cenderung membangun mimpi dalam lamunannya daripada fokus pada pekerjaan yang dia lakukan.

Sedikit saya bagikan tips mengatasi kebiasaan melamun:

6 Tips Menghentikan Kebiasaan Melamun


[caption id="attachment_826" align="aligncenter" width="640"]Cara menghentikan kebiasaan melamun Cara menghentikan kebiasaan melamun (ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Isi waktu luang anda!


Jika anda memiliki banyak waktu luang, manfaatkanlah untuk kegiatan yang berguna! Misalkan belajar, membaca, blogging dan melakukan kegiatan yang anda sukai. Karena pada dasarnya melamun adalah kegiatan seseorang untuk lari dari kenyataan serta masalah dalam hidup.

2. Batasi lamunan anda


Jika anda adalah pelamun berat, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membatasi lamunan anda. Misalkan biasanya anda melamun hingga 7 jam per hari, maka mulai kurangilah waktunya menjadi 6 jam, dan jika berhasil kurangkan lagi menjadi 5 jam dan begitu seterusnya.

3. Realisasikan lamunan anda


Melamun sering dialami oleh orang-orang yang keinginanya belum terpenuhi. Misalkan anda sangat ingin menjadi sukses, maka mulailah bekerja dengan giat. Jika anda ingin main basket maka bermainlah dan jika anda ingin berprestasi di kelas mulailah belajar. Dengan terealisasinya lamunan anda, dapat membuat anda lebih bahagia dan mampu mengurangi kebiasaan melamun.

4. Jangan biarkan diri anda sendiri


Melamun sering terjadi jika anda sedang sendiri dan bosan. Berkumpullah dengan teman maupun keluarga anda, dan berbincanglah walaupun topik yang anda bicarakan kurang penting tapi hal ini dapat membantu anda menghentikan lamunan anda.

5. Kenali alasan anda berkhayal dan selesaikan


Setiap pelamun memiliki permasalahan yang dialaminya dan tak mampu diselesaikannya. Masalah ini akan terus dikhayalkan oleh orang tersebut, sebab orang tersebut selalu ingin mendapatkan solusinya. Misalnya anda berkhayal sebab ketidakpuasaan perlakuan ibu kepada anda, maka komunikasikan hal tersebut dengan ibu anda dan mencari jalan keluar terbaik bersama.

6. Yakinkan diri anda bahwa anda dapat menghentikan kebiaasaan ini


Segala usaha yang dilakukan membutuhkan keyakinan, begitu juga dengan upaya berhenti mengkhayal. Anda harus yakin bahwa anda dapat fokus dan menghentikan kebiasaan ini.

Tetapi ada juga sisi positif dari melamun yakni meningkatkan kreatifitas dan dapat juga memunculkan ide-ide. Banyak penulis, ilmuwan, pelukis dan seniman mengembangkan ide baru saat melamun. Melamun dapat juga memberikan motivasi serta inspirasi kepada pelamun untuk mencapai tujuan hidupnya. Melamun akan memberikan dampak positif jika anda mampu mengontrolnya dengan baik.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar