6 Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari Bagi Wanita

6 Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari Bagi Wanita

Akhir-Akhir ini tindak kejahatan di jalan semakin sering terjadi. Biasanya para pelaku lebih sering beraksi di malam hari di jalanan yang sepi dan gelap. Terlebih lagi para pelaku kejahatan ini lebih memilih para kaum wanita yang mereka anggap lebih mudah untuk dijadikan korban. Fenomena ini tentu saja membuat banyak wanita khawatir. Apalagi bagi mereka yang setiap harinya harus selalu pulang malam sendirian dan memakai kendaraan roda dua. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh para wanita supaya bisa tetap aman berkendara motor di malam hari?. Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa anda praktekkan.

6 Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari Bagi Wanita


[caption id="attachment_926" align="aligncenter" width="590"]Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari Bagi Wanita Tips Aman Berkendara Motor di Malam Hari Bagi Wanita (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Hindari Jalan yang Sepi dan Gelap.


Jalanan malam hari pada umumnya memang selalu sepi dan gelap. Namun sebisa mungkin carilah jalan pulang melalui jalan jalan besar atau jalan utama, meskipun mungkin bisa menambah jarak perjalanan anda. Jalan utama biasanya akan tetap ramai meskipun malam hari.

  1. Jangan membuka handphone selama di perjalanan.


Kebiasaan ini biasanya sangat sering dilakukan wanita. Di kala menunggu lampu traffic light berubah hijau, mereka sering iseng mengecek handphone mereka. Jika anda sedang berkendara sendirian di malam hari, sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini. Melihat anda memiliki smartphone canggih bisa menimbulkan niat kejahatan bagi orang-orang jahat yang melihatnya.

  1. Siapkan semprotan merica.


Jika anda memang sering berkendara sendirian di malam hari, ada baiknya anda menyiapkan perlengkapan yang satu ini. Semprotan merica. Alat ini sudah cukup banyak dikenal di beberapa negara luar dan digunakan para wanita untuk membela diri ketika mereka menjadi korban kejahatan. Campurlah merica bubuk dengan air dan masukkan ke dalam bekas botol parfum. Simpanlah semprotan merica ini di tas anda. Anda tidak akan pernah tahu kan kapan anda akan membutuhkannya.

  1. Bergaya seperti pria.


Cara ini memang agak sedikit aneh namun tampaknya cukup efektif untuk anda coba. Cobalah bergaya seperti pria saat anda berkendara Anda bisa mengenakan helm full face atau mengenakan jaket dan sepatu model pria. Dengan melihat gaya pengendara motor seperti ini, para pelaku kejahatan akan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya jika mengira calon korbannya adalah seorang laki-laki.

  1. Simpan nomor kantor polisi di handphone anda.


Untuk berjaga-jaga, ada baiknya anda menyimpan nomor kantor polisi yang terdekat dengan daerah yang selalu anda lalui saat pulang di handphone anda. Nomor kantor polisi juga bisa berguna ketika sewaktu-waktu anda butuh bantuan di jalan.

  1. Simpan tas anda di tempat yang aman


Tas adalah barang yang biasanya jadi target utama untuk dirampas. Oleh karena itu, jangan sembarangan menyimpan tas anda. Biasanya para wanita lebih banyak memakai tas jinjing atau tas selendang. Jika anda memakai tas selendang, posisikan tas anda di bagian depan tubuh anda. Jika anda memakai tas jinjing, jangan menaruhnya sembarangan di bawah kaki anda. Akan lebih aman jika anda kaitkan terlebih dahulu tas anda ke dalam jok motor anda, setelah itu barulah simpan tas di bawah kaki anda.

Itulah beberapa tips bagi anda para wanita yang sering berkendara motor sendirian di malam hari. Semoga bermanfaat. Selalu waspada dan berhati-hatilah!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar