6 Cara untuk dapat IPK tinggi meskipun anda bukan murid yang terlalu
pintar

6 Cara untuk dapat IPK tinggi meskipun anda bukan murid yang terlalu pintar

Mendapatkan nilai IPK yang tinggi tentunya menjadi tujuan semua mahasiswa. Memang, IPK tinggi tidak menjamin keberhasilan atau kesuksesan hidup seseorang. Namun, mempunyai nilai IPK di atas rata-rata tentu saja menimbulkan sebuah kebanggaan dan meningkatkan rasa percaya diri terutama saat anda akan memasuki dunia kerja. Masalahnya, memperoleh nilai IPK di atas 3 tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa. Faktor penghambatnya bisa berasal dari lingkungan ataupun dari dalam diri anda sendiri. Apalagi bagi anda yang sering merasa kesulitan dalam memahami semua mata kuliah, mendapat IPK tinggi rasanya menjadi hal yang mustahil. Jangan pesimis dulu, berikut ada beberapa tips untuk bisa mendapatkan nilai IPK tinggi meskipun anda bukan termasuk mahasiswa yang pintar di kelas.

6 Cara untuk dapat IPK tinggi meskipun anda bukan murid yang terlalu pintar


1. Hindari terlalu banyak bolos


Faktor kehadiran menjadi salah satu yang menjadi penentu dosen untuk memberikan nilai. Bahkan, anda bisa harus mengulang satu mata kuliah hanya karena absen kehadiran yang kurang, meskipun nilai tugas dan ujian anda sempurna. Jadi, sebaiknya mulai saat ini anda harus lebih kuat untuk menghilangkan rasa malas masuk kuliah.

2. Jangan terlambat datang ke kelas


Datang terlambat akan membuat anda tidak berkonsentrasi dengan materi yang diberikan. Anda juga akan rugi karena tidak mengikuti materi dari awal dan akan kebingungan untuk mengikuti materi selanjutnya. Jadi, mulailah untuk bangun lebih pagi dan berangkat kuliah tepat waktu.

3. Duduk di barisan depan


Carilah posisi yang strategis untuk menyimak materi yang diberikan dosen, misalnya di barisan depan. Duduk di barisan depan akan membuat anda lebih bisa berkonsentrasi dan terhindar dari gangguan teman-teman anda yang biasa mengobrol di kelas. Duduk di barisan depan juga membuat anda lebih mudah dikenali dosen.

4. Kerjakan semua tugas


Jangan pernah menyepelekan tugas yang diberikan oleh dosen. Sekecil apapun tugas itu, kerjakanlah dan kumpulkan tepat waktu. Nilai- nilai dari tugas harian yang anda kumpulkan nantinya akan membantu mendongkrak nilai ujian akhir anda.

5. Rajin mencatat


Biasanya penyakit umum para mahasiswa adalah malas mencatat. Memang terdengar sepele namun ini merupakan hal yang penting jika anda ingin memperoleh nilai IPK yang memuaskan. Sepintar apapun mahasiswa, namun jika dia tidak mencatat materi yang diberikan, kemungkinan besar dia akan lupa mengenai materi tersebut, karena otak kita memiliki daya ingat yang terbatas. Mulailah mencatat dan rapihkan catatan-catatan itu. Karena anda tidak akan pernah tahu, mungkin nanti setelah anda lulus dan berada di dunia kerja, akan akan kembali membutuhkan informasi itu.

6. Jalin hubungan yang baik dengan dosen


Cobalah untuk berteman akrab dengan dosen. Jangan sungkan membantu jika dosen membutuhkan bantuan anda, sekedar untuk merekap nilai atau menjadi penyambung lidah antara dosen dan mahasiswa mengenai info kuliah. Cara ini membuat dosen akan lebih mengingat anda.

[caption id="attachment_914" align="aligncenter" width="590"]Cara mendapatkan IPK Tinggi Cara mendapatkan IPK Tinggi (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Demikianlah 6 Cara untuk dapat IPK tinggi meskipun anda bukan murid yang terlalu pintar, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar