5 Tips Aman Dan Nyaman “Bike To Work”

5 Tips Aman Dan Nyaman “Bike To Work”

Suasana perkotaan yang selalu macet setiap harinya membuat kita sering stres dan kesal karena membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Fenomena ini membuat sebagian orang saat ini lebih memilih untuk bersepeda untuk menuju kantor mereka, atau lebih dikenal orang-orang dengan istilah “bike to work”. Selain bisa menghindari kemacetan di jalanan, bike to work juga bisa membuat hidup anda menjadi lebih sehat karena bisa berolahraga setiap hari. Namun, berkendara dengan sepeda di jalanan kota-kota besar bukanlah sesuatu yang mudah. Golongan orang bersepeda yang merupakan kaum minoritas di jalanan kota membuat beberapa orang ragu untuk melakukan kegiatan bike to work ini. Apakah anda salah satunya yang masih ragu untuk mencoba bike to work?. Jika iya, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa tips aman dan nyaman bike to work di bawah ini.

5 Tips Aman Dan Nyaman “Bike To Work”


[caption id="attachment_930" align="aligncenter" width="590"]Bike to work Bike to work (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Kenakan peralatan pelindung lengkap


Hal yang pertama terlintas di benak banyak orang saat memikirkan mengenai bike to work adalah jalanan perkotaan yang panas dan berdebu. Oleh karena itu, jika anda ingin melakukan bike to work, pakailah peralatan-peralatan pelindung, seperti helm, jaket sepeda, sarung tangan, masker, kaus kaki, dan sepatu. Untuk keamanan anda, Gunakan juga perlengkapan pelindung untuk lutut dan siku anda. Penggunaan kacamata sunglasses juga bisa membantu mata anda terhindar dari debu dan teriknya sinar matahari.

2. Berangkat lebih awal


Meskipun bisa terhindar dari kemacetan, namun anda juga harus tetap memperhitungkan waktu tempuh menuju kantor jika anda beralih menggunakan sepeda. Ada baiknya anda berangkat lebih awal supaya anda tidak terburu-buru saat mengendarai sepeda di jalan. Berangkat lebih awal juga membuat anda masih bisa menghirup udara sejuk pagi hari sehingga badan anda akan terasa lebih segar

3. Simpan kostum kerja anda di tas dan kenakan kostum yang nyaman untuk bersepeda


Jangan memakai kostum kerja anda langsung dari rumah dan menggunakannya untuk berkendara sepeda hingga sampai ke kantor. Bersepeda merupakan aktivitas olahraga yang cukup menguras tenaga dan mengeluarkan banyak keringat. Anda tentu tidak mau tiba di kantor dengan kostum kerja yang sudah lusuh dan dipenuhi dengan keringat. Lagipula, bersepeda dengan kostum kerja akan terasa tidak nyaman. Simpanlah kostum kerja anda di tas dan gunakan kostum yang nyaman untuk bersepeda. Pilihlah baju yang bisa menyerap keringat. Ketika anda tiba di kantor, barulah anda berganti kostum dengan kostum kerja anda.

4. Bersepeda di sisi kiri


Mayoritas pengguna jalan raya ialah pengendara kendaraan bermotor. Maka, sebagai pengendara sepeda, anda harus sangat berhati-hati. Tips aman untuk para pengendara sepeda adalah selalu berkendara di sisi kiri. Ini akan membuat anda terhindar dari para pengendara kendaraan bermotor yang terkadang sering ugal-ugalan di jalan dan membahayakan anda.

5. Ajak teman-teman yang lain untuk “bike to work”


Akan lebih menyenangkan jika anda melakukan “bike to work” secara berkelompok. Bersepeda dengan teman-teman akan membuat waktu tempuh ke kantor menjadi tidak terasa jauh. Selain itu, bersepeda secara berkelompok juga membuat anda lebih aman karena bukan lagi menjadi kaum minoritas di jalanan. Dengan mengajak mereka untuk bike to work, anda juga telah ikut andil dalam mengurangi polusi di kota anda dan membuat teman-teman anda lebih sehat.

Selamat bersepeda!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar