5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Ingin membuka usaha sendiri pastinya kita memerlukan modal. Terkadang persepsi orang ketika ingin membuka suatu usaha tidak perlu modal. Siapa bilang? Justru modal adalah hal terpenting saat kita ingin melakukan usaha atau investasi. Namun, mengumpulkan modal tidaklah mudah karena tergantung dari jenis usaha apa yang akan kita rintis atau rencanakan. Sebab, semakin besarnya perencanaan usaha dan biaya produksi maka modal yang dikeluarkan juga besar.

Jika kita mampu membuka usaha dengan modal sendiri maka tidak masalah. Tetapi, jika kita kekurangan modal, pihak ketigalah yang kita butuhkan. Entah kita meminjam uang atau melakukan kerja sama dengan pihak lain agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu berat. Berikut ada lima cara untuk mendapatkan modal dengan mudah.

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah


[caption id="attachment_939" align="aligncenter" width="590"]Cara mendapatkan modal usaha Cara mendapatkan modal usaha (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Menjadi Makelar


Dengan menjadi makelar, kita tidak perlu modal uang sepeserpun malah kita nanti yang akan mendapatkan keuntungan. Modal utamanya hanya percaya diri. Karena, tugas kita mencari pebisnis. Misalkan, pebisnis kue bolu. Kita tawarkan diri dan meminta ijin untuk menjual kembali kue bolu tersebut. Selanjutnya kita juallah kuenya dengan selisih harga tentunya agar kita mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut dapat kita kumpulkan dan jika sudah terkumpul banyak maka putar kembali otak kita agar lebih banyak mendapatkan keuntungannya. Cara ini berbeda dengan reseller. Sebab, reseller hanya menjual produknya saja tanpa ada selisih harga untuk kita sendiri melainkan kita mendapatkan fee.

2. Mencari Investor


Para investor sangat menyukai orang yang banyak memiliki ide cemerlang dan berbeda dari yang lainnya. Karena, nantinya ide tersebut akan dijadikan suatu usaha yang menguntungkan bagi perusahaan. Presentasikan ide kita tersebut dan meyakinkan para investor bahwa ide kita itu dapat berjalan lancar dan banyak meraup keuntungan. Tentunya saat kita presentasi, kita gunakan data dan fakta-fakta yang real bukan hanya sekedar khalayan saja. Jangan lupa juga, kita harus memberitahukan bahwa kita tidak memiliki modal tapi siap untuk menggerakkan bisnis tersebut. Jika para investor tertarik, maka ide kita akan diberi apresiasi dan diberikan modal oleh investor.

3. Meminjam


Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang saat ingin membuka usaha baru akan melakukan tindakan meminjam uang di bank atau sejenisnya. Selain mudah dan langsung mendapatkan uangnya, tapi kita juga menjaminkan sesuatu agar sektor tersebut mau meminjamkan uangnya kepada kita. Jaminan itu berguna agar peminjam mampu membayar uang pinjamannya. Atau kita juga bisa meminjam kepada teman dan keluarga. Hal yang terpenting saat meminjam kepada teman atau keluarga ialah jagalah kepercayaan mereka. Saat kita berjanji akan mencicil uang pinjaman, maka kita harus menepati janji tersebut dan jangan sampai membayar cicilan di luar rentan waktu yang sudah kita janjikan. Jika hal itu terjadi, bisa jadi nanti teman atau keluarga tidak akan mau meminjamkan uangnya lagi pada kita saat kita benar-benar membutuhkannya.

4. Memakai Tabungan


Fungsi menabung yaitu dapat menolong kita ketika membutuhkan uang secara mendadak atau saat ingin memulai bisnis. Tabungan yang kita punya dapat digunakan sebagai modal usaha. Tidak ada ruginya kita menabung karena hal itu juga untuk diri kita sendiri.

5. Menjual Barang Yang Dimiliki


Menjual barang yang berharga memang tidak mudah. Seperti HP, komputer atau barang lainnya yang memiliki nilai jual tinggi. Tapi, jangan takut untuk menjualnya. Karena uang itu nantinya untuk kita berbisnis. Jika bisnis kita sukses, kita dapat membelinya kembali.

Demikianlah 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar