4 Tips Menata dan Merawat Koleksi Buku

4 Tips Menata dan Merawat Koleksi Buku

Bagi orang-orang yang gemar membaca, mempunyai banyak koleksi buku-buku di rumahnya merupakan sebuah kepuasan tersendiri. Apalagi koleksi buku yang dimiliki merupakan koleksi langka dan merupakan barang limited edition. Pasti anda tidak mau kan kalau koleksi-koleksi buku yang susah payah anda dapatkan tiba-tiba rusak begitu saja ketika ingin anda baca kembali? Atau mungkin anda terkejut ketika tidak menemukan buku yang anda cari dalam tumpukan koleksi anda? Oleh karena itu, koleksi-koleksi buku ini harus dirawat dan dijaga dengan baik. Ada beberapa tips sederhana yang dapat anda praktekkan supaya koleksi buku-buku anda dapat tetap terawat dengan baik. Berikut tipsnya.

4 Tips Menata dan Merawat Koleksi Buku


1. Sediakan rak khusus untuk buku-buku anda

Siapkanlah satu rak khusus untuk menyimpan koleksi-koleksi buku anda. Jangan sampai mencampurnya dengan barang-barang lain. Selain tidak rapi, mencampur buku dengan barang-barang lain di kamar anda juga bisa membuat buku-buku terselip di sela-sela barang yang lain. Kalau anda mempunyai ruangan yang lebih luas, ada baiknya menyediakan ruangan khusus untuk buku-buku anda. Mungkin saat ini jumlah koleksi buku yang anda miliki belum terlalu banyak. Namun, tentunya anda akan terus membeli satu demi satu buku yang pada akhirnya anda harus menyiapkan ruang untuk menyimpannya. Jadi, tidak ada salahnya bukan menyiapkan ruang untuk buku-buku yang saat ini belum anda beli.
2. Pastikan tempat penyimpanan aman dari terkena air

Kertas tentunya akan mudah sekali rusak ketika sedikit saja terkena air. Tentunya anda tidak mau air merusak koleksi buku-buku kesayangan anda. Sekalipun anda bisa mengeringkannya, namun buku-buku anda akan menjadi “keriting” dan tidak akan bisa kembali seperti semula. Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan bahwa ruangan tempat menyimpan koleksi buku-buku anda aman dari ancaman terkena air. Pastikan langit-langit di atas ruang penyimpanan tersebut aman dari bocor ketika hujan deras datang.
3. Menata / menyusun koleksi buku berdasarkan kategori

Semakin banyak koleksi yang anda miliki, maka akan semakin memusingkan anda ketika nantinya akan mencari sebuah judul buku. Untuk menghindari hal ini, susunlah koleksi buku-buku anda berdasarkan kategori-kategorinya. Pisahkan buku-buku ilmiah dengan buku-buku fiksi. Anda juga bisa mengkategorikan buku-buku berdasarkan para pengarangnya. Atau anda bisa mengaktegorikan buku berdasarkan ukurannya. Jangan menggabungkan buku berukuran besar dengan buku berukuran kecil, karena dapat membuat anda kebingungan mencari buku berukuran kecil yang ternyata tersembunyi di balik buku berukuran besar.
4. Ingat-ingat siapa saja yang meminjam buku anda

Koleksi buku yang hilang karena dipinjam teman merupakan masalah klasik yang sering sekali terjadi. Terkadang anda juga baru ingat setelah buku itu lama dipinjam dan belum dikembalikan. Karena sudah terlalu lama, anda menjadi tidak enak untuk menagihnya, bahkan mungkin teman anda sudah lama pernah meminjam buku dari anda. Supaya tidak terjadi hal seperti ini, ingat-ingat setiap buku yang dipinjam oleh teman anda. Jika sudah lebih dari sebulan namun buku anda tak kunjung dikembalikan, segeralah tanyakan pada teman anda tersebut. Jangan biarkan sampai berlarut-larut. Jangan lupa untuk selalu menulis nama anda di halaman depan buku. Hal ini akan membuat siapapun yang membaca buku tersebut mengetahui bahwa buku itu milik anda.
Menata dan Merawat Koleksi Buku
Menata dan Merawat Koleksi Buku



Demikianlah artikel tentang 4 Tips Menata dan Merawat Koleksi Buku, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar