4 Tips memotret bagi fotografer pemula

4 Tips memotret bagi fotografer pemula

Foto merupakan sebuah gambar yang tak bergerak. Namun, dari satu gambar tak bergerak tersebut dapat menceritakan banyak hal. Sebuah foto bisa mendokumentasikan momen-momen penting yang ingin diabadikan oleh si pemotret. Bahkan foto juga bisa menjadi media untuk menuangkan ekspresi sang fotografer. Belakangan ini, teknologi kamera semakin berkembang pesat. Memotret kini tidak hanya dapat dilakukan oleh fotografer professional saja, siapapun bisa memotret. Namun, untuk mendapatkan sebuah hasil foto yang baik, tentu saja ada teknik-teknik yang harus dipelajari oleh si pemotret. Bagi para fotografer yang sudah malang melintang di dunia fotografi, memotret dengan menggunakan tehnik apapun bukanlah hal yang sulit. Namun bagaimana dengan anda yang baru ingin memasuki dunia fotografi? Berikut tips-tips yang bisa dicoba bagi anda yang baru menekuni bidang fotografi

4 Tips memotret bagi fotografer pemula


[caption id="attachment_897" align="aligncenter" width="590"]Tips memotret bagi fotografer pemula Tips memotret bagi fotografer pemula (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

1. Pilih kamera dengan fitur sederhana.


Siapa yang tidak mau memiliki kamera yang super canggih dan mahal beserta seluruh peralatan pendukungnya? Hanya dengan menentengnya saja sudah bisa membuat kagum orang-orang yang melihatnya. Namun, bagi anda yang baru belajar fotografi alangkah lebih baiknya memulai dengan kamera yang standar. Karena semakin tinggi level kamera yang anda beli, semakin komplek pula cara mengoperasikannya. Jika anda belum begitu mahir, bisa-bisa malah merusak kamera itu sendiri. Meskipun anda memiliki budget lebih untuk membeli kamera yang harganya mahal, alangkah lebih bijaknya jika uang itu anda tabung terlebih dahulu. Setelah anda menguasai kamera dengan fitur yang sederhana, barulah anda boleh membeli kamera yang lebih professional lagi.

2. Mulailah dengan memotret objek diam.


Objek bergerak akan lebih sulit untuk dipotret terutama bagi para fotografer pemula. Salah-salah objek yang ingin dipotret malah menjadi blur / tidak fokus. Lebih baik anda memulai dengan belajar memotret objek diam. Jangan berpikir bahwa memotret objek diam akan membosankan ya. Justru anda bisa lebih banyak bereskplorasi dalam memotret. Bahkan ada juga kok cabang fotografi yang fokus untuk memotret objek-objek mati, yaitu fotografi still life.

3. Bawa selalu kamera ke manapun anda pergi.


Berbicara fotografi adalah berbicara mengenai rasa dan kepekaan. Semakin sering anda memotret, semakin peka sense photography anda, semakin baguslah karya foto yang dihasilkan. Maka, jangan lupa untuk selalu membawa kamera ke manapun anda pergi. Anda tidak akan pernah tahu kapan dan di mana anda akan mendapatkan objek yang menarik untuk dipotret. Bisa saja di jalan, di kantor, di tempat anda hang out, atau di manapun. Pastikan setiap hari anda menghasilkan setidaknya satu karya foto. Hal ini secara tidak langsung akan melatih rasa kepekaan anda dalam memotret.

4. Ikuti kontes-kontes fotografi

Jangan sampai hasil karya foto anda hanya menjadi file yang menumpuk di laptop saja. Percaya dirilah dan kirimkan karya-karya foto itu untuk mengikuti kontes-kontes fotografi. Kalau foto anda menjadi pemenang, selamat. Itu tandanya anda sudah cukup mahir untuk menjadi fotografer. Kalaupun tidak menang, tak masalah. Anggaplah ini sebagai pengalaman sehingga anda tahu hal apa yang harus diperbaiki dari foto anda.

Demikianlah 4 Tips memotret bagi fotografer pemula. Selamat memotret!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar