3 Cara Merawat AC dalam Mencegah Kerusakan

3 Cara Merawat AC dalam Mencegah Kerusakan

Jika menggunakan AC rumah, jangan lupa merawatnya dengan teratur. Karena ketika AC tidak dirawat secara teratur dan hati-hati, maka udara kotor akan masuk sehingga menjadikannya berkarat atau rusak. AC kotor dapat menyimpan berbagai macam virus dan bakteri yang menyebar ke seluruh ruangan. Ini juga bisa menyebabkan rumah-rumah penduduk menjadi bau. Akibatnya, penghuni akan mengalami sakit atau infeksi yang sesering mungkin. Berikut pemeliharaan di bawah ini yang anda harus lakukan untuk membuat kinerja AC optimal dan tahan lama.

3 Cara Merawat AC untuk Mencegah Kerusakan

merawat AC
merawat AC


  1. Jangan lupa matikan AC

Ketika bepergian atau ruangan tidak dipakai, jangan lupa untuk mematikan AC. Jika udara tidak terlalu panas, cobalah matikan sekitar satu atau dua jam sehari. Bila perlu menggunakan pengingat atau waktu yang ada di dalam AC tersebut. Ketika AC dimatikan, hendaknya jendela dan pintu dibuka selebar-lebarnya sehingga ada pertukaran udara.
2. Bersihkan AC dengan Teratur

Periksa komponen filter pada AC minimal sebulan sekali. Sebuah filter (penyaringan) udara yang kotor akan menghambat sirkulasi udara dan menjadikan tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri dan jamur. Bakteri merupakan sesuatu benda yang akan mengalir melalui evaporator coil dan kemudian menyebar kembali melintasi ruangan. Komponen AC yang kotor dapat berpengaruh pada kinerja sistem pendingin menjadi lebih berat, sehingga tidak menghasilkan dingin yang maksimal dan boros.
3. Selektif dalam Pemakaian

Meminimalkan masalah kesehatan dengan pemakaian AC seselektif mungkin. Karena, jika di ruangan yang sama terdapat anggota keluarga yang sakit, maka virus dan bakteri telah menyebar melewati udara. Jadi ketika anggota keluarga sakit flu, misalnya, coba meminimalkan penggunaan AC. Saran ini juga berlaku jika ada satu anggota keluarga yang merokok di kamar atau ruangan tengah dengan furnitur agar supaya dibersihkan.

Demikianlah 3 Cara Merawat AC dalam Mencegah Kerusakan, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar