11 Tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

11 Tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Menyelesaikan skripsi sepertinya adalah the big dream bagi setiap mahasiswa. Ketika tiba masa menjadi mahasiswa akhir, maka pemuda-pemudi Indonesia di seluruh jagat perkampusan akan sibuk mempersiapkan tenaga dan pikiran untuk fokus menyelesaikan pekerjaan rumah satu ini. Skripsi memang masih menjadi SKS yang wajib diambil oleh mahasiswa di kampus Indonesia apabila ingin lulus. Jadi dapat dikatakan 4 tahun kuliahmu hanya akan ditentukan oleh jumlah SKS yang kamu ambil telah mencukupi, KKN (diterapkan di sebagian kampus) yang telah dijalani, dan yang terakhir serta paling menentukan adalah SKRIPSI.

Lantas bagaimana tips dan trik agar kamu lancar dalam mengerjakan skripsi?


[caption id="attachment_822" align="aligncenter" width="640"]Menyelesaikan skripsi tepat waktu Menyelesaikan skripsi tepat waktu (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. NIAT


Ketika kamu telah berada di semester 6 atau 7 maka segeralah mengatur rencana atau target untuk semester mendatang. Target tersebut adalah dengan niatkan segera membuat judul skripsi. Kebanyakan permasalahan yang dialami oleh mahasiswa adalah menunda pekerjaan. “Argghhh skripsi masih lama, masih semester 6 ini masa udah buat judul. Besok aja ah..” atau “Judul? Ehmm stress ah gue. Besok aja”. Menunda pekerjaan adalah hal yang sangat negatif. Kalau bisa dilakukan sekarang kenapa tidak?

  1. BUAT LSIT JUDUL


Permasalahan selanjutnya adalah terlalu banyaknya ide, keinginan untuk melakukan penelitian sehingga akan membuat bingung diri sendiri. Banyak ide memang bagus, akan tetapi lebih bagus lagi kalau ide ide tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan dan list. Buat prosentase dan perkiraan, kira-kira judul mana yang akan diterima sesuai dengan subjek bidang studi. Dengan membuat list akan membuat ide-idemu semakin mengerucut dan kamu akan jauh lebih mudah di dalam melakukan persiapan untuk membuat skripsi.

  1. ‘TEMBAK’ DOSEN PEMBIMBING


Dosen pembimbing skripsi adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh mahasiswa akhir. Ada beberapa kampus yang memiliki peraturan dosen pembimbing ditetapkan oleh Prodi (program studi/jurusan) dan bukan ditentukan oleh mahasiswa sendiri. Kalau sudah begitu maka kamu harus rajin-rajin melakukan pendekatan dengan dosen yang biasanya membimbing skripsi sesuai bidang yang kamu pilih. Kamu bisa tanya-tanya dan sharing terkait skripsi kepada dosen-dosen tersebut. Meskipun judulmu belum fix diterima, tidak ada salahnya belajar dari orang nomer wahid di dunia program studi kampusmu.

  1. SEGERAKAN KONSULTASI


Ketika masa menjadi mahasiswa akhir telah tiba, maka segeralah konsultasi judul kepada dosen pembimbing. JANGAN PERNAH MENUNDA! UCAPKANLAH “AKU SEMANGAT KONSULTASI SKRIPSI HARI INI”. Bisa jadi 3 kali konsul, judulmu baru di accept, bisa jadi sampai berkali-kali baru diaccept. Intinya jangan pernah patah arang, tetap semangat.

  1. BUAT TIMELINE


Timeline adalah alarm bagi mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi dengan segera. Jangan sampai timelinemu adalah satu tahun dalam menyelesaikan skripsi. Buat timeline sesingkat mungkin sebagai pemacu semangatmu untuk segera lulus.

 



















KegiatanTanggal
Konsultasi Judul1-7 November 2015
BAB 18-17 November 2015
Konsultasi BAB 119 November 2015

 

Timeline seperti di atas berfungsi sebagai pengingat kita apabila kita mulai malas untuk mengerjakan skripsi. Dengan memiliki timeline yang waktunya terbilang singkat akan semakin memacu kita untuk segera menyelesaikan skripsi. Sekalipun timeline tidak selalu tepat, itu bukan masalah.

  1. JADILAH RAJIN


Mengerjakan proposal bab 1 - 3 akan membuat pekerjaanmu semakin lancar. Meskipun kamu baru konsultasi bab 1, tidak ada salahnya jika kamu sudah membuat hingga bab 3. Itung-itung sebagai tabungan. Tak apalah menjadi rajin dadakan demi masa depan ini. Hehe...

  1. MANAGE WAKTU


Jika kamu termasuk ke dalam jajaran mahasiswa aktif di kelas dan juga organisasi, maka mengatur waktu adalah hal mutlak yang wajib kamu lakukan. Ada sebagian orang yang bisa mengatur waktu antara akademis dengan organisasi, ada juga yang tidak bisa. Jika kamu termasuk ke dalam bagian orang-orang yang susah mengatur konsentrasi ke banyak pekerjaan, maka jauh lebih baik jika kamu mulai memfokuskan ke satu pekerjaan terlebih dahulu yakni skripsi. Organisasi? Tidak ditinggalkan tetapi dipending dulu. Namun, jika kamu dapat membagi waktu untuk keduanya maka kamu akan memiliki nilai plus dibanding mahasiswa-mahasiswa lainnya. ORGANISASI LANCAR, LULUS PUN LANCAR.

  1. MOOD SUKA DATANG SESUKA HATI


Ketika mood untuk mengerjakan skripsi telah datang, maka segeralah ambil laptop dan selesaikan skripsimu. JANGAN MENUNDA! Karena bisa jadi mood tersebut hanya datang sejam. 1 jam mengerjakan skripsi lebih berharga dibanding berjam jam berada di depan laptop tapi hati dan pikiran sedang tidak bersahabat.

  1. JADWALKAN REFRESHING


Jika pagi hingga sore kamu mengerjakan skripsi dan bosan karena seharian di depan laptop, maka refreshing, kongkow bersama teman di malam hari bisa menjadi moodbostermu. Jangan terus terusan sepaneng garap skripsi. Skripsi dan refreshing harus seimbang. Boleh juga kamu merencanakan piknik, camping, maupun traveling di akhir pekan atau akhir bulan. Asalkan dengan catatan targetmu di timeline telah terpenuhi (di bulan itu).

  1. JANGAN PERNAH MENYERAH


Jangan pernah menyerah ketika hasil karya kita dicoret dengan tinta merah, kita dimarah dan sebagainya. Anggap saja itu adalah bagian dari perjuangan menuju masa depan. Siapkan diri dan hati untuk menerima segala kritikan dan saran. Terima segala masukan yang diberikan oleh dosen pembimbing. Kalaupun kamu tidak setuju dengan argumen beliau, maka sampaikan secara baik-baik.

  1. NEKAT


Yang terakhir adalah nekat. Akan sangat percuma jika kamu hanya memiliki kejeniusan dalam bidang akademik, IPK selalu di atas 3 tapi kamu justru tidak memiliki kenekatan. Nekat buat judul, nekat ngajuin judul, nekat konsultasi, nekat dimarahi, nekat proposal ditolak, nekat mau lulus cepet, dan nekat sidang skripsi.

Itulah beberapa tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu yang dapat admin sampaikan dan semoga bermanfaat untuk pembaca semua di manapun berada. Keep spirit to do your skripsweet :)

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar