Cara Manis Memperbaiki Suasana Hati Dengan Ubi Kuning

Cara Manis Memperbaiki Suasana Hati Dengan Ubi Kuning

Terkadang tersenyum bahagia atau menunjukkan emosi yang positif ketika berhadapan orang lain, terasa seperti pekerjaan yang sangat sulit di saat anda dalam suasana hati yang buruk. Karena suasana hati anda tak selamanya dalam kondisi yang baik ketika merasa kelelahan, stres atau rasa jenuh menyerang anda tiba-tiba.

Pada kondisi seperti ini yang diinginkan adalah melepaskan beban di dalam hati dan mencari kesenangan yang dapat mengalihkan kondisi mood anda yang buruk.

Pilihan makanan yang tepat pun pada kenyataannya dapat menjadi mood booster. Makanan dengan kombinasi Omega 3, vitamin E, vitamin D, selenium, vitamin B6, vitamin C, folat dan karbohidrat tinggi serat diketahui mampu memperbaiki suasana hati.

Salah satu makanan yang mampu memperbaiki suasana hati yaitu si Ubi Kuning. Siapa yang tak kenal makanan dari kelompok umbi-umbian ini. Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan enak, namun ternyata ubi kuning juga kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat.

Manfaat Ubi Kuning

Cara memperbaiki suasana hati dengan ubi kuning
Cara memperbaiki suasana hati dengan ubi kuning (Foto: BKD Prov. Jabar)

1. Sumber Karbohidrat dan Energi

Ubi kuning tidak seperti kebanyakan sumber karbohidrat lainnya yang kadang menjadikan anda mengantuk setelah mengonsumsinya terlalu banyak. Kandungan serat pada ubi kuning merubah karbohidrat menjadi glukosa yang diserap secara bertahap melalui aliran darah.

Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi ubi kuning anda akan mendapatkan energi yang stabil, demikian juga kondisi emosi anda. Karena kondisi emosi yang mudah berubah dapat terjadi apabila terjadi perubahan energi yang drastis.
2. Sumber Serat Alami

Ubi ungu berukuran kecil mengandung 4 gram serat yang jika anda mengonsumsinya dapat membawa anda pada perasaan nyaman dan senang. Hal tersebut dikarenakan serat berguna dalam pembentukan serotonin. Seperti yang diketahui serotonin sendiri merupakan salah satu hormon yang dapat membuat perasaan nyaman dan senang.
3. Sumber Vitamin B6

Ubi manis kaya akan kandungan vitamin B6, dimana diketahui vitamin B6 sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat. Satu gelas sajian ubi kuning panggang mengandung 17 persen kebutuhan harian akan vitamin B6.

Seperti karbohidrat, vitamin B6 juga dibutuhkan dalam pembentukan serotonin. Selain itu vitamin B6 juga penting untuk pembentukan melatonin yang merupakan hormon yang dapat mempengaruhi kualitas tidur di malam hari.

Tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari mampu meningkatkan kadar serotonin. Sehingga apabila seseorang tidak mencukupi kebutuhan akan vitamin B6, maka seseorang akan sulit mengistirahatkan tubuh secara maksimal di malam hari. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan kelelahan dan tidak nyaman sehingga akan mempengaruhi kondisi emosi seseorang.
4. Sumber Vitamin C

Kandungan nutrisi dari ubi ungu ternyata tak cukup sampai di situ saja. Vitamin C ternyata bisa juga didapatkan dari ubi manis berwarna kuning ini. Dengan segelas ubi kuning rebus telah mampu mencukupi 37,2 persen kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Seperti yang diketahui bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik dalam pembentukan serotonin yang merupakan hormon yang menciptakan perasaan senang. Banyak yang telah diketahui juga bahwa vitamin C juga sumber nutrisi yang mampu menjaga kondisi daya tahan tubuh seseorang. Dimana dengan kondisi badan yang selalu sehat, maka seseorang akan merasa jauh lebih bahagia.

Selain itu manfaat dari vitamin C juga membantu produksi dopamin yang merupakan senyawa yang bekerja sebagai penghantar sinyal atau stimulan antar sel syaraf. Dimana secara spesifik dopamin memiliki peran dalam memberikan perasaan senang seperti ketika seseorang sedang merasakan jatuh hati.

Tersenyum dan selalu merasa bahagia adalah cara agar anda selalu awet muda. Jadi untuk apa melakukan perawatan pengangkatan wajah, kalau mengonsumsi ubi kuning mampu secara alami menjadikan anda tampak awet muda.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar