7 Tips Traveling Hemat Ala Backpacker

7 Tips Traveling Hemat Ala Backpacker

Anda mau travelling untuk menghilangkan kejenuhan rutinitas, tapi dana di kantong terbatas? Tak masalah, ada beberapa tips bagi Anda agar tetap bisa bepergian ke tempat unik dan menarik, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Mau tau apa saja tipsnya? Yuk simak infonya berikut ini.

7 Tips Traveling Hemat Ala Backpacker

Tips Traveling Hemat
Tips Traveling Hemat


1. Pilih Lokasi Aman

Aman maksudnya adalah lokasi yang aman untuk kantong Anda, alias tak perlu sewa hotel atau penginapan mahal selama perjalanan. Mulailah runut lokasi tempat tinggal sanak saudara dan teman-teman yang berada di kawasan wisata. Nah, sebagai basa-basi Anda bisa mulai menghubungi mereka untuk sekadar say hello. Selanjutnya, ajukanlah permintaan untuk bisa menginap di rumah mereka selama Anda travelling, sehingga Anda bisa melepas satu masalah finansial yaitu nol biaya penginapan.
2. Pilih Transportasi Murah Meriah

Untuk masalah transportasi, Anda bisa berguru pada “mbah google” alias mencari tiket kendaraan super murah. Contoh, cari promo tiket pesawat ke daerah tujuan Anda. Memang sih, biasanya tiket promo akan berlaku jauh setelah Anda booking, tapi ini salah satu solusi memangkas biaya perjalanan lho.
Kalau Anda bepergian hanya ke daerah yang bisa dijangkau dengan jalur darat, cara jitunya adalah memanfaatkan kenalan Anda yang akan melakukan perjalanan ke daerah tujuan Anda, atau setidaknya ke daerah yang dekat dengan tujuan Anda. Selain bebas ongkos, Anda juga tak perlu berdesakan di dalam bus yang sumpek. Mungkin Anda bisa menawarkan untuk menyetir bergantian atau membayar bensin selama perjalanan, dijamin lebih hemat ketimbang Anda harus menggunakan transportasi umum.
3. Tempat Wisata Gratis

Sekarang saatnya mencari tempat wisata gratis, yang tak perlu biaya masuk mahal, tak perlu biaya parkir dan lainnya. Sebagai contoh adalah pantai yang bisa Anda nikmati pemandangannya tanpa harus bayar apapun. Selain itu Anda juga bisa berenang mengarungi lautan sembari melihat sunset yang menakjubkan. Atau ke danau di daerah wisata seperti Medan dengan Danau Tobanya, Padang Dengan Danau Maninjaunya, atau danau di pulau Jawa yang sangat menawan.
4. Manfaatkan Keahlian

Ketika memutuskan berangkat travelling dengan dana seadanya. Anda jangan panik jika kehabisan dana. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda untuk mencari dana tambahan lho. Misalnya membantu orang yang mobilnya rusak, atau memperbaiki komputer, atau bahkan jadi guide dadakan di tempat wisata yang Anda kunjungi. Jadi yang paling penting adalah Anda punya skill yang bisa mendatangkan uang ketika Anda membutuhkan.
5. Bawa Bekal

Ini satu lagi cara hemat saat bepergian dengan “kantong tipis”. Yaitu membawa perbekalan yang cukup untuk digunakan selama perjalanan. Baik itu makanan, minuman, obat-obatan dan bekal yang menurut Anda perlu dibawa. Sehingga apapun yang terjadi saat Anda travelling bisa diatasi tanpa harus mengeluarkan duit lebih.
6. Enjoy Aja

Nah tips terakhir adalah selalu enjoy selama perjalanan. Jangan panik apapun yang terjadi. Tetap percaya diri dan percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Nikmati perjalanan Anda semaksimal mungkin. Karena yang namanya traveling akan membuat Anda menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya.
7. Selalu Bawa Peta Dan Aktifkan GPS

Selama perjalanan, tentu Anda akan menelusuri banyak jalan baru. Nah kemungkinan tersesat itu akan sangat besar. Untuk menghindarinya, Anda harus bawa peta lokasi daerah yang dikunjungi, sehingga jika tak tahu jalan pulang, Anda bisa melihat peta atau GPS pada ponsel Anda.

Demikianlah beberapa tips bagi Anda yang ingin pergi liburan dengan anggaran terbatas. semoga bermanfaat ya. Selamat berpetualang.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

avatar
Mika_Putra

Mantap tips Traveling murah meriahnya. Mau lihat tips lainnya? kunjungi seribunegeri.com

Balas