5 Tips mengatur biaya fotocopy bagi anak kos

5 Tips mengatur biaya fotocopy bagi anak kos

Tips mengatur biaya fotocopy bagi anak kos - Bagi sebagian, atau dapat dipastikan seluruh mahasiswa, tentu pernah berhadapan dengan yang satu ini, yup! betul sekali, fotocopy! Sebagai mahasiswa, kita sering disibukkan oleh tugas yang diberikan dosen, baik itu materi perkuliahan, buku, atau bahan ujian. Banyak juga mahasiswa yang punya kegiatan di luar kampus, seperti organisasi mendapatkan tugas menyebarkan selebaran suatu acara, dan itu juga berhubungan dengan fotocopy. Jadi, dapat disimpulkan bahwa fotocopy tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa, seperti surti dan si tejo!!!

Nah, masalahnya adalah ketika si mahasiswa itu adalah perantauan, atau yang lebih kita kenal sebagai anak kos, yang notabene mendapat uang jajan secara berkala tiap minggu atau bulannya, pasti kita sering dibuat frustasi dengan tugas kuliah yang berhubungan dengan cetak mencetak, baik itu print atau fotocopy tugas. Di sini penulis ingin memberikan sedikit tips untuk menghemat biaya tersebut, tips sederhana namun cukup efektif bila diterapkan ke kehidupan mahasiswa.

5 Tips mengatur biaya fotocopy bagi anak kos


[caption id="attachment_786" align="aligncenter" width="640"]Tips menghemat biaya foto copy Tips menghemat biaya foto copy (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Fotocopy atau cetak kertas bolak balik atau timbal balik.


Tips ini bisa menjadikan biaya kertas sobat lebih irit hampir 50 % dari biaya kertas tanpa timbal balik. Bila hanya tugas biasa, coba tanyakan kepada dosen bersangkutan untuk mencetak atau fotocopy secara timbal balik. Atau bagi sobat yang sedang mencopy catatan teman, bisa menerapkan tips ini.

2. Kalau bisa di foto, mengapa mesti di cetak atau foto copy?


Untuk sebagian catatan teman yang rapi, kita sering foto copy tanpa pikir panjang. Kenapa tidak kita foto saja menggunakan kamera hp kita? Hp sekarang memiliki resolusi kamera yang mumpuni dan bisa diandalkan bila zoom diperlukan. Ini untuk menghemat biaya kertas yang kita keluarkan.

3. Khusus mencetak, perkecil font huruf dan margin.


Hal ini untuk memaksimalkan kertas yang dipakai. Kertas kita akan berguna dan tidak ada lembar kosong yang membuang biaya kertas kita. Hemat bukan?

4. Khusus mencetak slide power point, atur jumlah slide menjadi enam atau sembilan.


Hal ini bila dosen memberikan materi dalam bentuk slide dan kita hendak mencetaknya, jangan mencetak satu slide tiap satu kertas. Hal ini akan membuang kertas banyak. Setting atau atur keluaran print menjadi 6 atau 9 slide tergantung kebutuhan.

5. Fotocopy atau cetak dalam jumlah banyak, biasanya dapat diskon atau potongan harga


Bagi sobat yang terpaksa harus fotocopy atau mencetak tugas, coba diskusikan dengan teman-teman lainnya apakah bisa join untuk memfotocopy atau cetak secara bersamaan. Biasanya untuk warung fotocopy atau cetak langganan dan ditambah dalam jumlah besar, mereka akan memberikan potongan harga. Ini menjadi keahlian sobat dalam bernegosiasi.

Oke sekian tips sobat blog kali ini tentang 5 Tips mengatur biaya fotocopy bagi anak kos. Tetap kunjungi blog ini ya sobat. Jangan lupa untuk berkomentar dan membagikannya bagi kalian bila merasa bermanfaat!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar