5 Tips Makan Sehat dan Hemat Untuk Mahasiswa

5 Tips Makan Sehat dan Hemat Untuk Mahasiswa

Apakah anda pernah merasakan kehidupan sebagai mahasiswa ? Ataukah anda saat ini adalah seorang mahasiswa. Memang bermacam ragamnya mahasiswa itu, ada dari berbagai daerah. Apalagi mahasiswa ada yang merantau hanya untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman hidup. Namun, di balik itu semua mahasiswa yang merantau tidak akan memiliki kesamaan dari mahasiswa yang tidak merantau dalam hal uang saku. Ya, uang saku mahasiswa perantau tidaklah begitu banyak. Sehingga banyak cara untuk menghemat keuangan mereka selama sebulan diantaranya menghemat untuk makan. Banyak mahasiswa yang membiasakan bangun siang hari hanya agar mereka tidak bangun pagi dan sarapan ataupun yang setiap harinya hanya makan mie instant. Nah kali ini kita akan membahas mengenai tips makan sehat namun hemat untuk para mahasiswa perantau

5 Tips Makan Sehat dan Hemat Untuk Mahasiswa

Tips makan sehat dan murah
Tips makan sehat dan murah


1. Makan nasi 3 kali sehari

Ini yang biasa mahasiswa abaikan dari aspek konsumsi, mereka selalu beranggapan bahwa makan mie akan menghemat budget yang ada. Memang cara itu menghemat uang saku namun dari segi kesehatan itu tidak baik sekali. Apalagi dalam mie banyak sekali bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Disarankan lebih baik untuk makan nasi saja 3 kali sehari walau itu dalam porsi kecil yang mungkin harganya lebih murah dibanding porsi besar dan pasti semua juga tahu bahwa nasi itu lebih baik dari pada mie instant.

2. Makan lauk yang murah namun bernutrisi

Bila anda makan pasti anda selalu menyisipkan lauk-pauk. Ya, bagi kalian mahasiswa perantau coba anda cari lauk yang murah dan sehat. Kebanyakan dari mereka hanya tahu lauk seperti ayam goreng yang harganya agak mahal. Namun mengapa tidak mencoba untuk menggunakan lauk seperti tempe, tahu, telor rebus atau goreng yang sama bernutrisi namun lebih murah harganya.

3. Cari pengganti nasi

Nah ini dia selalu salah dari mahasiswa yang menganggap mie instant sebagai pengganti nasi. Namun mie instant hanya bisa membuat anda sakit, ada yang lebih baik yaitu makan roti. Ya, roti sudah tentu mengandung karbohidrat yang dapat mengenyangkan namun juga lebih sehat dibanding mie instant.

4. Sesekali makan sayur

Para mahasiswa pun selalu mengabaikan sayur dari menu yang akan dimakan, mereka seolah-olah ingin begitu instant dalam hal makan. Sehingga mereka mengabaikan sayur. Cobalah dari sekarang,a mungkin setiap hari ataukah setiap 3 hari sekali makan sayur agar pencernaan terjaga dan tidak terjadi konstipasi.

5. Makan buah

Dengan menghemat uang saku pasti ada sisa yang tersimpan, mengapa tidak dicoba untuk beli buah dari pada dipakai untuk jajan yang tidak jelas. Mungkin seminggu sekali kita beli buah, itupun sudah cukup untuk kesehatan kita sebagai mahasiswa

Mungkin itu saja mengenai tips makan sehat dan hemat untuk mahasiswa, selain tips di atas mungkin masih banyak lagi cara-cara lain.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar