10 Tips Merawat Bedcover Dan Sprei Kesayangan

10 Tips Merawat Bedcover Dan Sprei Kesayangan

Setelah sekian lama, akhirnya keinginan untuk memiliki rumah baru terwujud sudah. Merupakan kebahagiaan tersendiri ketika orang tua berhasil memberikan hadiah untuk sang buah hati berupa tempat tinggal yang nyaman. Ditambah lagi dengan ruang-ruang yang lengkap dan furniture-furniture yang cukup memadai. Maka istilah rumahmu adalah surgamu bukan lagi hanya sekedar istilah.

Rumah yang nyaman biasanya memiliki kamar tidur yang tidak kalah nyamannya. Akan tetapi kenyamanan tersebut tidak akan lengkap apabila tidak didukung dengan kebersihan. Bed cover adalah salah satu dari banyak jenis perlengkapan yang wajib berada di kamar tidur. Namun, seringkali permasalahan yang dirasakan oleh bunda di rumah adalah cepat pudarnya warna bedcover maupun sprei. Bedvocer dan sprei tidak hanya bermanfaat sebagai penghangat maupun alas tidur kita. Mereka memiliki manfaat yang lebih, yakni membuat kita betah berlama-lama berada di kamar. Lantas bagaimana cara merawat bedcover dan sprei kesayangan agar tidak mudah pudar warnanya? Berikut penulis akan memberikan beberapa tips:

10 Tips Merawat Bedcover Dan Sprei Kesayangan


[caption id="attachment_810" align="aligncenter" width="640"]Tips merawat bedcover dan sprei Tips merawat bedcover dan sprei (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Pisahkan antara sprei, bedcover dan perlengkapan tidur lainnya dengan cucian yang biasa.

  2. Cek terlebih dahulu apakah ada noda membandel, noda tumpahan sayur, atau yang lain-lain pada bedcover dan sprei. Apabila ada, maka lakukan treatment terlebih dahulu pada noda membandel tersebut sebelum melakukan pencucian 'seratus persen'. Bunda dapat menggunakan bahan kimia untuk membersihkan noda minyak pada bedcover atau sprei. Sedangkan untuk bagian yang terkena darah, bunda dapat membersihkannya dengan cara merendam bedcover atau sprei ke dalam air dingin. Jangan terlalu lama membiarkan noda pada sesuatu seperti bedcover maupun sprei. Apabila terkena noda, usahakan langsung dibersihkan.

  3. Cucilah bedcover dan sprei menggunakan air hangat-hangat kuku. Jangan mencuci bedvocer dan sprei dalam air panas. Karena hal tersebut dapat merusak atau memudarkan warna bedcover dan sprei. Cucilah bedcover dan sprei menggunakan air hangat-hangat kuku.

  4. Tidak perlu menggunakan pemutih di dalam mencuci bedcover maupun sprei.

  5. Sebaiknya cuci bedcover dan sprei secara manual yakni menggunakan tangan. Kalaupun tidak terbiasa maka bisa menggunakan mesin cuci dengan mengatur kecepatan mesin pada level normal.

  6. Usahakan untuk tidak menyikat bedcover atau sprei. Kalaupun ada noda membandel, maka yang perlu disikat adalah bagian yang terkena noda saja.

  7. Setelah dicuci, peras secara lembut. Bagi yang menggunakan mesin cuci, keringkan bedcover atau sprei dalam waktu secukupnya saja dan jangan terlalu lama. Karena akan meyebabkan bedcover atau sprei kusut.

  8. Jemur bedcover atau sprei pada tempat yang sejuk. Jangan menjemur langsung di bawah sinar matahari karena akan merusak atau memudarkan warna bedcover dan sprei.

  9. Setelah kering, setrikalah dengan panas yng medium.

  10. Simpan ke dalam lemari yang tidak lembab dan berilah pewangi agar bedcover dan sprei selalu wangi.


Itulah beberapa tips mengenai cara merawat dan mencuci bedcover dan sprei yang dapat bunda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar