Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Basah

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Basah

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Basah - Anda mungkin tidak ingin dipisahkan lagi dengan sang ponsel pintar (smartphone), entah memang karena kecanggihannya atau tuntutan untuk tetap eksis. Berbagai aktivitas Anda pun akan selalu menyertakan smartphone layaknya sahabat setia. Dan bahkan ketika Anda akan pergi ke kamar mandi baik untuk mandi atau keperluan lain, berenang, ataupun untuk bermain ke laut dan pantai, maka smartphone Anda tidak akan pernah ketinggalan. Apabila demikan, maka ponsel pintar Anda akan mempunyai risiko terkena air dan menjadi basah. Basah di sini bukan berarti karena terkena percikan air atau terkena air hujan, akan tetapi akibat tercebur masuk ke dalam bak mandi, terjatuh ke dalam kolam renang, ataupun bisa juga terjatuh dari kantong saat sedang asik bermain di laut.

Panik tentunya tidak akan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi smartphone yang basah. Untuk mengatasi ponsel yang basah, maka Anda harus melakukan pertolongan pertama seperti berikut ini:

Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Basah


[caption id="attachment_762" align="aligncenter" width="640"]Mengatasi Smartphone Yang Basah Mengatasi Smartphone Yang Basah (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

  1. Smartphone sebaiknya jangan langsung dinyalakan saat tercebur ke dalam air. Sebagian besar pengguna memang banyak yang langsung menyalakan smartphone sesaat setelah tercebur ke dalam air untuk memeriksa fungsionalitasnya. Namun, menyalakan smartphone sesaat setelah tercebur ke dalam air justru dapat membuat sirkuit rusak karena hubungan singkat yang terjadi akan menghancurkan segala sistem di dalamnya. Anda kemudian dapat membuka bagian luar smartphone seperti casing, baterai, dan juga kartu sim. Sesudah itu, biarkanlah smartphone tersebut sesaat di udara terbuka.

  2. Setelah itu, rendam seluruh bagian smartphone ke dalam beras. Bisa jadi Anda akan menjadi sedikit kebingungan dengan tujuan dari hal ini. Anda perlu mengetahui bahwa bulir beras faktanya dapat menyerap kelembapan yang terdapat di dalam smartphone. Pada beberapa kasus seperti ponsel yang terendam dalam waktu kurang dari 1 menit, cara ini ternyata akan sangat efektif untuk dilakukan.


Cara di atas dapat dilakukan pada berbagai jenis smartphone seperti Blackberry, iPhone, maupun dan Android. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba pertolongan pertama seperti di atas pada ponsel yang tercebur ke dalam air.

Demikianlah artikel mengenai Tips Mudah Mengatasi Smartphone Yang Basah. Semoga bermanfaat!

 
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar