Tips Mudah Membuat Sabun Cuci Tangan Daur Ulang

Tips Mudah Membuat Sabun Cuci Tangan Daur Ulang

Tips Mudah Membuat Sabun Cuci Tangan Daur Ulang -  Anda mungkin sering menemukan sisa sabun mandi yang sudah mulai mengecil. Bagi anda, mungkin sabun-sabun tersebut sudah selayaknya dibuang ke tempat sampah. Padahal, kandungan sisa sabun tersebut jika dibuang ke sembarang tempat dapat membasmi bakteri-bakteri pengurai sehingga dapat dipastikan bahwa sisa sabun mandi dapat mencemari lingkungan. Simak berikut tentang tips mudah membuat sabun cuci tangan daur ulang.

Tips Mudah Membuat Sabun Cuci Tangan Daur Ulang


[caption id="attachment_766" align="aligncenter" width="640"]Cara membuat sabun cuci tangan Daur Ulang Cara membuat sabun cuci tangan Daur Ulang (Ilustrasi/pixabay)[/caption]

Anda tak perlu repot-repot mencari alat-alat untuk membuat sabun mandi daur ulang. Alat-alat yang harus anda persiapkan sangat gampang dicari, antara lain:

Peralatan membuat sabun cuci tangan daur ulang



  • Siapkan panci kecil yang jarang dipakai untuk memasak, bisa juga menggunakan mangkok aluminium yang biasa digunakan sebagai wadah makanan di rumah sakit. Kemudian siapkan cetakan es atau cetakan agar-agar yang mempunyai bentuk-bentuk berkatakter.

  • Gelas kecil.


Bahan-bahan membuat sabun cuci tangan daur ulang


            Anda bisa mengumpulkan sisa-sisa sabun mandi bekas ke dalam panci kecil. Selanjutnya siapkan baby oil. Anda juga bisa menyiapkan perasan jeruk nipis sebagai bahan penghilang lemak dan kotoran.

Cara membuat sabun cuci tangan daur ulang



  1. Pertama, masukkan semua sisa-sisa sabun mandi bekas ke dalam panci kecil atau mangkuk alumunium. Jika tidak ada keduanya, anda bisa menggunakan kaleng bekas sebagai wadah sisa-sisa sabun tersebut. Letakkan panci/wadah atau kaleng bekas yang berisi sisa sabun mandi di atas kompor. Lalu nyalakan dengan api sedang.

  2. Kedua, selagi menunggu sisa-sisa sabun tersebut meleleh saat dipanaskan, anda bisa memeras empat buah jeruk nipis ke dalam gelas.

  3. Ketiga, berikan minyak baby oil pada cetakan es atau cetakan agar-agar secara merata. Hindari menggunakan minyak tanah karena dapat menghancurkan tekstur cairan sabun itu sendiri dan tidak baik untuk kulit.

  4. Keempat, setelah semua sisa-sisa sabun meleleh dan mulai mencair, anda dapat mencampurkannya dengan sedikit minyak baby oil dan perasaan air jeruk nipis.

  5. Kelima, tuangkan cairan sisa sabun ke dalam cetakan es atau cetakan agar-agar yang sudah dilumuri dengan baby oil. Dinginkan ke dalam tempat yang terbuka dan sejuk.

  6. Keenam, keluarkan isi sabun yang sudah mengeras dari cetakan. Masukkan sabun-sabun berbentuk unik tersebut ke dalam plastik kecil sebagai persediaan. Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu tanpa harus membeli sabun pencuci tangan yang mahal. Cara ini sangat praktis dan tidak membutuhkan peralatan dan bahan khusus untuk membuatnya.


            Jadi, jangan terlalu sering membuang-buang sisa sabun di kamar mandi ya! Disamping lubang pembuangan kamar mandi kita menjadi mampet, limbah sisa sabun juga dapat mencemari tempat yang lainnya. Sebagai manusia yang bijak hendaknya kita memanfaatkan semua yang ada menjadi lebih berguna dan berusaha tidak mencemari lingkungan dengan sampah-sampah rumah. Anda bisa mencobanya di rumah dan menerapkannya kepada keluarga, saudara atau teman-teman terdekat.

Demikianlah Tips Mudah Membuat Sabun Cuci Tangan Daur Ulang, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar