Tips Memilih Sepatu Olahraga Berdasarkan Bentuk Kaki Anda

Tips Memilih Sepatu Olahraga Berdasarkan Bentuk Kaki Anda

Tips Memilih Sepatu Olahraga Berdasarkan Bentuk Kaki Anda - Olahraga adalah salah satu kunci agar stamina dan kesehatan kita terjaga. Selain istirahat yang cukup, pola makan yang sehat, olahraga merupakan unsur penting agar tubuh anda tetap bugar dan tidak rentan terkena penyakit.

Olahraga sendiri memliki beragam jenis, mulai dari yang dapat dilakukan di dalam ruangan maupun luar ruangan atau outdoor. Untuk melakukan aktifitas olahraga outdoor, pastinya akan membutuhkan sepatu khusus untuk menemani aktifitas olahraga anda. Mengapa? Karena, dengan sepatu khusus olahraga, kaki anda akan lebih aman dan nyaman sehingga terhindar dari cedera-cedera yang mungkin akan terjadi.

Namun memilihi sepatu olahraga juga tidak bisa sembarangan. Perlu memperhatikan bentuk kakimu untuk menentukan sepatu olahraga apa yang cocok dan nyaman bagi kaki anda. Di sini saya akan coba memberikan tips memilih sepatu olahraga berdasarkan bentuk kaki anda.

Tips Memilih Sepatu Olahraga Berdasarkan Bentuk Kaki Anda



  1. Cari tahu bentuk kaki anda


Sebelum memlih sepatu olahraga yang cocok bagi kaki anda, langkah pertama yang harus dilakukan ialah mencari tahu seperti apa betuk telapak kaki anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara basahi telapak kaki anda dan kemudian jejakkan telapak kaki yang basah tersebut pada sebuah kertas buram atau kertas koran. Maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

[caption id="attachment_667" align="aligncenter" width="600"]bentuk kaki bentuk kaki (Sumber : www.shinsplintsclinic.com)[/caption]




  1. Pilihlah sepatu sesuai bentuk kaki anda


Kaki Normal (Medium Arch)

Bagi anda yang memliki bentuk kaki normal, biasanya beban tubuh anda akan tertumpu pada telapak kaki bagian depan dan bagian tumit belakang. Namun tumpuan anda kaki akan cederung menggunakan kaki bagian depan.

Untuk bentuk kaki yang normal biasanya disarankan untuk memilih sepatu olahraga yang memiliki bantalan atau sol cukup tebal di bagian belakang (tumit kaki) agar beban telapak kaki anda menjadi seimbang.

Kaki Over Pronation (Flat Arch)

Untuk kaki yang memiliki bentuk telapak over pronation atau memliki telapak kaki yang cenderung rata di bagian permukaannya tentu memiliki letak beban yang berbeda. Letak tumpuan beban pada kaki bertipe seperti ini biasanya berada pada keseluruhan bagian telapak kaki.

[caption id="attachment_668" align="aligncenter" width="550"]Bentuk kaki over pronation Bentuk kaki over pronation (Sumber : Tennis express.com)[/caption]

Jika anda memiliki bentuk kaki yang seperti ini, maka disarankan untuk menggunakan sepatu yang cenderung lebih lentur dari sepatu olah raga yang biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pergerakan kaki anda menjadi lebih lincah. Lebih tepatnya agar kaki anda lebih aman dan menghindarkan anda dari cedera yang serius.

Kaki Supination (High Arch)

Berbeda lagi dengan tipe kaki supination. Tipe kaki yang satu ini adalah tipe kaki yang agak bengkok, atau biasa disebut juga kaki bertipe “O”. Letak tumpuan beban kaki ini terletak pada bagian luar telapak kaki tersebut, pada bagian tepi telapak kaki anda lebih tepatnya. Bagi anda pemilik kaki ini seringkali anda akan merasa pegal pada beberapa bagian tubuh anda setelah berolahraga. Hal tersebut biasanya menyerang bagian tubha anda seperti pada bahu, punggung, persendian lutut, hingga mencapai bagian leher anda.

[caption id="attachment_669" align="aligncenter" width="459"]Bentuk kaki Supination Bentuk kaki Supination (Sumber : Tennis express.com)[/caption]

Memilih sepatu olahraga dengan bantalan empuk pada bagian tengah sepatu tersebut tentunya akan menjadi pilihan yang tepat bagi para pemilik kaki “O”. Bantalan empuk pada bagian midsole atau outsole sepatu anda akan menjadi solusi terbaik bagi anda untuk memperoleh kenyamanan saat berolahraga. Dan yang pasti, pegal yang anda rasakan di beberapa bagian tubuh anda juga akan berkurang.

Nah demikian tips memilih sepatu olahraga berdasarkan bentuk kaki anda yang telah kami coba bagikan kepada anda semua, pembaca setia igaligo.com. Jika ada komentar atau pertanyaan terkait hal tersebut silahkan isi kolom komentar di bawah ini.

Selamat berolahraga.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar