5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis

5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis

5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis - Media sosial facebook sepertinya banyak diminati oleh para seller untuk berbisnis online, dan tidak hanya karena kepemilikan akun yang serba gratis, Facebook mempunyai posisi tertinggi dalam kepemilikan “penduduknya” terbanyak. Sebab hampir setiap orang (tertentu) memiliki akun Facebook, disamping akun-akun yang lain. Faktor-faktor inilah yang menjadi moment dan mendasari para pebisnis online melakukan marketing melalui Facebook, yang salah satunya membuat Fanpage.


Mungkin bagi yang piawai dan mengetahui seluk-belum facebook tidak akan kesulitan dalam   mengoptimalkan fungsi Fanpage, karena pembuatannya tidak mudah. Karena menurut Marketing Analyst Sendible Vishal Pindoriya, bahwa keberhasilan berjualan menggunakan Fanpage Facebook dipengaruhi oleh jenis konten-konten atau postingan-postingan yang akan dimuat dalam Fanpage tersebut. Dan sedikitnya ada lima jenis konten yang akan membikin pembeli akan tertarik dan memberikan kode ‘like’ terhadap Fanpage bisnis tersebut. Berikut adalah contoh-contoh jenis konten yang ‘seharusnya’ dibuat oleh penjual/seller



5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis


Konten yang menghibur




[caption id="attachment_640" align="aligncenter" width="512"]5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis 5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis (Ilustrasi)[/caption]

Semua orang mungkin suka yang lucu-lucu atau terawa. Tawa merupakan reaksi manusia yang mengubah kondisi mood seseorang menjadi lebih baik dalam waktu singkat. Respons psikologis ini mendorong orang untuk memiliki sense (perasaan) dan memiliki pemikiran yang positif area.


Oleh karena itu jadikan konten-konten di Fanpage memuat kalimat yang lucu-lucu dan menghibur, niscaya akan memiliki banyak likes. Dan konten lucu seperti ini bisa dimuat dalam bisnin online. Penjual tidak mutlak harus senantiasa mengunggah postingan yang ada hubungannya dengan produk yang akan dijualnya. Ada baiknya penjual memberikan selingan konten atau postingan yang menghibur di Fanpage bisnisnya.


Dengan adanya metode ini maka secara tidak langsung hubungan antara penjual dan pembeli akan semakin akrab.


Konten mengandung unsur emosional


Apabila pembeli tidak tertarik sama sekali dengan barang dagangan yang ditulisnya, maka ia akan mencari informasi tentang produk lebih lanjut. Kadang produk yang ditawarkan oleh penjual tidak akan mampu mendorong pembeli untuk melakukan transaksi pembelian. Untuk itulah penjual terpaksa memuat konten yang dapat menarik hati pembeli. Yaitu dengan menuliskan konten yang dapat menimbulkan reaksi emosional (bukan marah-marah) tertentu seperti smile, tertawa, kepedulian yang besar, atau rasa iba (bukan mengemis). Nah dengan tema-tema tersebut maka akan membuat pembeli menaruh perhatian yang lebih mendalam terhadap konten-konten dari penjual. Hasilnya adalah ketika penjual melakukan postingan tentang produk-produk yang ditawarkan maka pembeli akan tertarik untuk membacanya.


Konten kontroversial


Cara yang lain untuk dapat menaikan likes pada bisnis di Fanpage adalah dengan menulis konten-konten yang memicu kontroversi, sehingga apabila ada perspektif yang berbeda ditulis pada Fanpage dalam satu konten, maka orang yang melihatnya akan tertarik untuk membaca perdebatan yang terjadi melalui Fanpage milik penjual. Sehingga banyak orang saat itu akan ikut terpancing dan memberikan komentar-komentar atau tanggapan-tanggapannya tentang topik dibicarakan tersebut.


Konten yang esensial dan penting


Sangat penting rasanya bila seorang pembeli membaca konten yang benar-benar penting dan bermanfaat bagi mereka tentunya. Pada saat itulah, penjual sangat diharapkan untuk segera menyajikan konten yang berguna bagi pembeli. Misalnya penjual memuat postingan yang memberi pelajaran kepada pembeli lewat Fanpage-nya terkait dengan bisnis yang dia geluti. Misalnya, sipenjual menggunakan Fanpage untuk berbisnis membuat antenna wifi dengan budget rendah. Nah konten seperti ini sangat penting dan berguna bagi pembeli, dengan demikian maka akan menambah pengetahuan bagi mereka yang membutuhkan antenna wifi.


Konten sebagai sumber referensi


Ini merupakan jenis konten yang paling penting dalam Fanpage bisnis online. Penjual harus mampu dan sesuai kemampuannya menyajikan semua konten-konten yang bisa dijadikan bahan referensi dan panduan ketika pembeli ingin melakukan transaksi pembelian. Fanpage harus dikelola seprofesional dan sedemikian rupa, agar menjadi wadah yang paling tepat bagi para pembeli untuk menemukan informasi produk yang mereka butuhkan.


Update Konten


Mungkin dengan selalu mengupdate konten di Fanpage setiap hari, maka akan terjalin hubungan antara penjual dan pembeli secara spontan, tetapi tidak semuanya kita mengumbar semua konten-konten, tetapi sebaiknya ada beberapa bagian pada Fanpage yang harus selalu Update. Sebab begini aktivitas di facebook setiap detiknya akan berubah-ubah, dan berganti-ganti dengan adanya Update produk secara terus-menerus, maka produk kita di Fanpage akan dikenali orang. Dan lagi konten yang selalu update juga dianggap dapat membantu dalam menaikan peringkat kita di search engine, sehingga bagi kita yang berbisnis di dunia maya, maka sering-seringlah untuk update produk.


Demikianlah 5 Tips Menaikkan Jumlah Likes Fanpage untuk Bisnis, semoga bermanfaat.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar