Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem

Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem

Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem - Wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Para pengendara mobil diminta lebih berhati-hati jika terpaksa harus mengemudi dalam kondisi hujan lebat.

Sony Susmana, dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), memberikan saran yang harus diperhatikan dan dipersiapkan pengemudi saat hujan:

  1. Cek kendaraan setiap pagi.
    Pastikan semuanya berfungsi baik, terutama ban, karet wiper, lampu-lampu, dan rem. Jangan lupa lengkapi peralatan seperti segitiga pengaman, tabung pemadam, senter, strap (sling untuk menarik mobil), dan lainnya.

  2. Lakukan manajemen perjalanan dengan matang.
    Tentukan arah dan jalur yang aman, serta pastikan emosi mengemudi dalam kondisi stabil. Apabila tidak terlalu penting, urungkan aktivitas mengemudi.


Mengemudi dengan tehnik defensive saat cuaca ekstrem sangat diajurkan. Artinya pengemudi harus memiliki sifat proaktif, yaitu memiliki toleransi yang besar dengan pengguna jalan lain, selalu menjaga jarak yang aman, bersiap dengan segala kodisi terburuk.

Berbagai macam gangguan dari luar hampir pasti dialami oleh pengemudi, seperti jarak pandang terbatas akibat kabut, keseimbangan kendaraan terganggu akibat embusan angin kencang, genangan air hujan kontur jalan bergelombang, bahkan pohon tumbang.

[caption id="attachment_518" align="aligncenter" width="635"]Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem (Ilustrasi/Okezone)[/caption]

 

Apa yang harus dilakukan guna terhindar dari masalah akibat kondisi tersebut:

  1. Mengemudilah dengan santai.
    Pastikan pengemudi dalam kondisi nyaman. Jangan terprovokasi oleh kondisi lingkungan. Dengan begitu pengemudi diharapkan dapat fokus menghadapi segala kondisi.

  2. Lakukan proses manuver (menginjak pedal gas, mengerem, berbelok, pindah lajur, menyusul) dengan smooth, tidak boleh kasar, karena mengemudi dengan kasar akan membuat kendaraan lebih mudah slip. (Sumber: Okezone)


Demikianlah artikel mengenai Tips Mengemudi Dalam Kondisi Cuaca Ekstrem, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar