Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan

Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan

Dipecat? Ini yang harus anda lakukan - Mimpi buruk seluruh karyawan dunia adalah dipecat. Ketika harus menghadapi situasi seperti ini, terkadang perasaan marah, kecewa, putus asa hingga stress langsung menyelimuti.

Padahal, diterima atau tidak, setuju atau tidak, pemecatan ini telah terjadi. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika mengalami kondisi yang kurang menyenangkan ini.

Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan


1. Jangan panik dan bersikap negatif.
Wajar bila anda ingin marah besar terhadap atasan dan lingkungan kerja. Apalagi bila pemecatan ini terlihat "tidak fair" di mata anda. Usahakan untuk tetap tenang dan menjaga mulut. Jangan biarkan kemarahan sesaat menghancurkan reputasi. Jangan pula memberitahukan kepada seluruh dunia perihal pemecatan ini. Semakin anda dapat berfikir secara jernih, semakin mudah pulalah anda mendapat solusi untuk step selanjutnya.

2. Tinggalkan kesan baik.

Jangan biarkan anda melakukan hal yang buruk sehingga atasan dan perusahaan anda semakin merasa benar dalam pemecatan ini. Pamitlah kepada seluruh rekan kerja dan client. Tetaplah berhubungan baik dengan mereka. Tinggalkan kantor dengan kepala terangkat. Anda belum tentu meninggal besok, jadi bisa saja suatu hari nanti anda akan kembali bertemu dan bekerja sama dengan mereka.

[caption id="attachment_522" align="aligncenter" width="670"]Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan (Ilustrasi dipecat. ©2012 Shutterstock/Lasse Kristensen)[/caption]

 

3. Batasi pengeluaran.

Menyenangkan diri dengan belanja dan liburan mungkin hal yang pertama anda pikirkan. Apalagi bila uang pesangon telah masuk ke dalam rekening. Namun pikirkan jangka panjangnya. Anda bisa saja tidak mendapat pekerjaan dan pemasukan secepat yang anda harapkan. Perhatikan dengan seksama pengeluaran anda untuk beberapa bulan ke depan dan lakukan pemotongan untuk hal hal yang tidak terlalu penting. Anda tidak ingin menjadi pengangguran yang miskin bukan ?

4. Tenangkan diri.

Akui saja bahwa ego anda telah terpukul dan anda ingin segera merubah situasi secepatnya. Daripada anda sibuk mengirimkan CV ke seluruh perusahaan tanpa pandang bulu, lebih baik anda menenangkan diri terlebih dahulu. Tarik nafas dalam dalam dan coba pikirkan dalam beberapa hari mengapa hal ini terjadi. Inilah saatnya anda mengevaluasi hidup. Cobalah jujur terhadap diri anda pribadi. Bisa saja prilaku anda atau pola kerja anda penyebabnya. Tapi, jangan sampai anda malah menyalahkan diri anda sepenuhnya. Ada banyak penyebab kenapa anda dan pekerjaan anda tidak berjalan mulus.

5. Bersyukur.

Bersikap objektif mungkin tidaklah mudah pada awalnya. Tetapi anda harus menyadari bahwa anda tidak sendirian. Dan pemecatan ini mungkin saja membawa anda ke sebuah perjalanan karir yang lebih baik. Anda bisa mencari pekerjaan yang mungkin sudah anda idamkan dari dulu. Siapa tau anda malah menemukan "passion" anda yang telah hilang.

Sadarilah bahwa dipecat bukanlah akhir dari hidup anda. Memulai hidup baru adalah hal yang harus anda syukuri. Banyak orang di luar sana malah jauh lebih sukses setelah dipecat dari perusahaan tempat mereka bekerja bertahun tahun. Pengalaman berharga anda ini akan menjadikan anda lebih kuat kedepannya. Rebutlah kembali mimpi mimpi anda. Good Luck!

Demikianlah Dipecat? 5 Hal Ini yang harus anda lakukan, semoga bermanfaat.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar