4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris

4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris - Ketika Anda mencari lowongan pekerjaan di media massa dan internet, maka Anda dapat menemukan hampir semua perusahaan yang memuat lowongan kerja meminta persyaratan kompetensi bahasa asing, “Proficient in English, both written and oral .” Sebuah Kalimat yang kerapkali kita jumpai di kolom persyaratan atau requirements.


Bagi Anda yang masih belum memiliki pekerjaan tetap, memiliki kemampuan berbahasa asing baik secara lisan maupun tulisan dapat menjadi salah satu nilai tambah. Apalagi jika kompetensi Anda didukung oleh sertifikat asli dari lembaga yang sudah diakui secara internasional. Namun sebelum beranjak ke sana, kami memiliki beberapa tips agar sesi belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris Anda menyenangkan. Kami tidak akan menyuruh Anda untuk membaca minimal dua jam per hari atau mengikuti kursus bahasa asing masyhur yang bercabang di dekat kampus/kantor Anda. Karena sesungguhnya belajar bahasa adalah sesuatu yang menyenangkan, maka kami akan mengajak Anda bersenang-senang. Berikut tips-tipsnya:



4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris


[caption id="attachment_529" align="aligncenter" width="640"]4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris 4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris (Ilustrasi)[/caption]

 


  1. Bermainlah Game dengan Genre RPG




Bagi Anda para gamer sejati seharusnya sudah tahu mengenai jenis game RPG. Ya, RPG atau Role Playing Game merupakan salah satu jenis permainan yang menekankan pada jalan cerita dan peran masing-masing karakter dari game tersebut. Akibatnya game jenis ini akan memunculkan banyak percakapan (dalam Bahasa Inggris tentunya) selama Anda bermain. Bermain game RPG dapat mengasah kemampuan Anda terutama dalam ranah conversation, struktur, serta grammar. Jika Anda merasa masih nol besar dalam bahasa Inggris dan takut malah tidak mengerti sama sekali, jangan khawatir. Ambillah buku kamus atau gunakan Google Translate dan Anda bisa mulai menerjemahkan setiap kata dan kalimat yang diucapkan oleh para tokoh dalam game tersebut. Memang awalnya sedikit merepotkan namun setelah beberapa minggu Anda akan terbiasa bahkan tanpa kamus. Anda juga bisa menanyakan terjemahan pada rekan atau kerabat Anda yang lebih mahir berbahasa asing.


Jadi, jika Anda adalah seorang gamer yang hanya bermain permainan jenis sepakbola, action, atau survival, segeralah beralih ke game RPG untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggris Anda. Jangan lupa untuk memilih game RPG yang memang Anda sukai baik dari segi jalan cerita, gameplay, maupun grafisnya.





  1. Menonton Film Berbahasa Asing




Industri perfilman dunia sedang menjamur terutama setelah banyak brand film yang diproduksi ulang, juga maraknya adaptasi dari novel ke layar lebar. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk belajar bahasa asing.


Sebagai permulaan, cobalah film anak-anak yang tidak terlalu banyak menggunakan kosakata rumit. Gunakanlah subtitel untuk membantu Anda memahami setiap percakapan yang terjadi jika Anda masih belum mahir menyerap informasi secara lisan (listening). Menontonlah di rumah sehingga Anda tidak kelabakan apabila ketinggalan membaca subtitel. Cukup diulang ke beberapa detik yang lalu atau menggunakan tombol pause saat menonton agar memudahkan pemahaman Anda.


Jika menurut Anda film anak-anak tidak menarik, maka cobalah untuk menonton film dengan tema dan alur cerita yang lebih kompleks, selama Anda menyukainya maka secara tidak sadar Anda akan belajar untuk memahaminya. Usahakan film yang Anda tonton berjenis drama sehingga melibatkan lebih banyak percakapan dibandingkan film laga atau horor.


Tontonlah film serial atau film bersambung. Dengan begitu Anda akan lebih terfokus pada gaya bahasa dan aksen tertentu. Fokuslah pada aksen yang umum digunakan seperti aksen US dan British demi memudahkan Anda jika Anda menghadapi tes berbicara bahasa Inggris atau speaking test. Pewawancara tidak terlalu mempermasalahkan aksen apa yang Anda pakai selama itu baik dan jelas bagi mereka. Berfokus pada lebih dari satu aksen dikhawatirkan akan membuat bingung pewawancara.


Anda juga dapat belajar berbagai macam ungkapan dan peribahasa dalam Bahasa Inggris dengan hanya menonton film. Sebagai informasi, melontarkan satu atau dua ungkapan/peribahasa saat wawancara pada tes sertifikasi IELTS dapat menambahkan beberapa poin untuk Anda.


Sekali lagi, film seri yang Anda tonton haruslah yang Anda sukai sehingga Anda tidak akan merasa keberatan menonton film tersebut selama berjam-jam dalam satu hari, dengan catatan Anda sudah menyiapkan beberapa season film serial dengan judul yang sama dalam komputer atau laptop Anda. Anda juga dapat menggunakan trik ini satu sampai dua hari sebelum Anda melakukan tes sertifikasi bahasa asing.


Jika Anda sudah mulai ahli dalam menyerap informasi dalam bentuk tulisan yang berasal dari subtitel, Anda dapat mencoba meningkatkan kemampuan listening dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa teks terjemahan di bawah layar Anda. Mulailah dengan film yang menggunakan pengisi suara atau dubber. Film animasi adalah salah satu contoh film yang menggunakan jasa dubber. Mengapa harus dengan pengisi suara? Karena suara yang dihasilkan dari hasil dubbing akan lebih jelas terdengar di telinga Anda dibandingkan dengan hasil olah suara di film yang bukan animasi. Terlebih lagi, sebagian besar film animasi dikhususkan untuk anak-anak sehingga tidak melibatkan banyak kosakata tingkat tinggi untuk Anda pahami.





  1. Bernyanyilah!




Anda sudah belajar bagaimana menyerap informasi dalam Bahasa Inggris, akan tetapi masih gelagapan ketika diminta untuk berbicara menggunakan bahasa internasional tersebut. Kendalanya seringkali berasal dari aspek pronounciation atau kejelasan pengucapan kata dalam Bahasa Inggris. Tak perlu cemas, mulailah mencari lagu berbahasa Inggris di internet atau harddisk teman Anda dan bernyanyilah!


Perlu diingat juga bahwa Anda harus mencari lirik lagu tersebut agar Anda tahu pasti apa kata-kata yang diucapkan sang penyanyi. Nyanyikanlah lirik lagu-lagu Bahasa Inggris yang Anda sukai semirip mungkin dengan aslinya meskipun suara Anda pas-pasan. Latihan ini dapat memperbaiki kemampuan pronounciation Anda dan membiasakan lidah Anda berbicara berbagai kosakata Bahasa Inggris. Maka dari itu carilah lagu sebanyak mungkin yang Anda sukai.





  1. Peluang Emas




Bila Anda saat ini bekerja ataupun hanya magang di perusahaan multinasional maka gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Perusahaan multinasional memiliki banyak ekspatriat yang bekerja di sana. Jangan takut untuk memulai membuka pembicaraan dengan mereka paling tidak untuk hal-hal yang sederhana seperti, “How long have you been working here? Where do you live? How much do you pay for the rent there?” Dan topik basa-basi lainnya. Kasus yang sering terjadi adalah para ekspat justru merasa canggung untuk membuka pembicaraan karena khawatir sang pribumi yang diajak berbicara tidak mengerti apa yang dia ucapkan. Miris bukan? Oleh karena itu mulailah berbicara agar Anda tidak dicap bisu berbahasa Inggris.


Demikianlah tips-tips belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan, praktis, dan tanpa biaya besar. Sebagai motivasi saja, penulis tidak pernah kursus Bahasa Inggris dimanapun, hanya belajar menggunakan sarana-sarana di atas dan ketika mengikuti tes IELTS penulis berhasil mendapatkan nilai 7. Nilai yang cukup baik dibandingkan standar yang diminta perusahaan/lembaga akademik yang biasanya berkisar di 6,5. Semoga 4 Tips Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris yang sederhana ini berguna bagi para pembaca iGaligo.com dan selamat bersenang-senang!

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar