11 Tips Membuat CV Yang Baik

11 Tips Membuat CV Yang Baik

11 Tips Membuat CV Yang Baik - CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen penting yang digunakan seseorang untuk menginformasikan tentang dirinya. Bagi perusahaan, CV mempermudah mereka untuk mengevaluasi kompetensi yang dimiliki oleh pelamar dan melihat apakah si pelamar benar-benar cocok untuk bekerja di perusahaan mereka. CV berisi data diri, pengalaman kerja, dan sebagainya. CV merupakan dokumen yang menentukan apakah si pengirim CV akan diterima atau tidak. Oleh karena itu CV haruslah dibuat semenarik dan seinformatif mungkin. Lalu apa saja syarat membuat CV yang baik?

11 Tips Membuat CV Yang Baik


1. Tuliskan semua pengalaman
Tuliskan semua pengalamanmu baik pengalaman bekerja, organisasi, maupun pengalamanmu dalam kegiatan sosial. Tunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang aktif dalam berbagai kegiatan.

2. CV yang up to date
Pastikan CV mu selalu update. Pastikan kamu menulis kegiatanmu terakhir, pekerjaanmu terakhir, dan berbagai hal penting lainnya. Kamu juga bisa menulis di mana kamu pernah magang, dan sebagainya.

3. Jumlah halaman
Ada baiknya CV dibuat rapi dengan isi yang jelas dan padat. Buatlah setiap point dengan jelas. Hindari menceritakan hal yang tidak penting. CV yang terlalu banyak mengumbar basa-basi hanya akan ditolak karena tidak menarik. Orang-orang hanya akan melihat CV mu secara sekilas jadi ada baiknya CV dibuat tidak lebih dari dua halaman.

4. Penampilan CV
Pehatikan penampilan CV mu. Susunlah secara hati-hati dan rapi. Masukkan ke dalam amplop dengan hati-hati untuk menghindari tertekuknya kertas. Gunakan foto terbaikmu.

5. Skill
Tuliskan juga skill yang kamu miliki. jika kamu memiliki banyak skill tentu perusahaan akan mempertimbangkanmu untuk menjadi bagian dari mereka. Tuliskan skill yang membuatmu berbeda dari pelamar lain.

[caption id="attachment_490" align="aligncenter" width="500"]11 Tips Membuat CV Yang Baik 11 Tips Membuat CV Yang Baik (Ilustrasi)[/caption]

6. Nama Perusahaan
Pastikan kamu menulis nama perusahaan dengan benar. Nama perusahaan yang salah hanya akan membuatmu dianggap tidak serius karena kamu kurang memahami perusahaan tersebut. Pastikan cek nama dan alamatnya.

7. Kontak
Pastikan contact personmu tertulis dengan jelas mulai dari alamat email, nomor handphone, dan sebagainya karena jika salah satu huruf atau nomor keliru bisa jadi mereka menghubungimu namun tidak sampai atau nyasar ke email atau nomor orang lain.

8. Jujur
Tuliskan dirimu apa adanya di dalam CV. Janganlah berbohong agar CV mu terlihat menarik. Misalnya saja kamu berbohong mengenai umur atau hal lainnya. Siapa tahu perusahaanmu akan mengecek mengenai dirimu. Berbohong hanya akan membuatmu mendapat predikat jelek dari perusahaan.

9. Font
Dalam menulis CV, pilihlah font yang mudah dibaca. CV dibuat untuk dibaca sehingga hindari penggunaan font lebih dari satu jenis kecuali jika anda melamar untuk pekerjaan yang menuntut kreativitas tinggi.

10. Perhatikan jenis CV
Perhatikanlah CV yang dibuat apakah berdasarkan kronologis atau ketrampilan?. Urutan kronologis biasanya lebih disenangi karena dimulai dengan pengalaman kerja terbaru. Sedangkan CV berdasarkan ketrampilan lebih fokus terhadap ketrampilan yang dimiliki. CV ini cocok untuk fresh graduate karena CV ini berusaha meyakinkan bahwa anda memiliki ketrampilan yang dibutuhkan.

11. Cek kembali
Setelah CV selesai dibuat, pastikan cek kembali agar tidak terjadi kesalahan baik penulisan maupun hal lain seperti nama perusahaan, email, nomor handphone, dan sebagainya. Cek kembali sebelum dikirim ya.

Itulah 11 Tips Membuat CV Yang Baik. Bagaimanapun CV yang akan lolos adalah CV yang terbaik sehingga susunlah CV mu sebaik mungkin agar perusahaan tertarik untuk merekrutmu.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar