11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja

11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja

11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja - Apakah kamu sudah menyiapkan CV terbaik? Mulai sekarang ayo persiapkan CV mu dengan baik. Jika CV mu baik, perusahaan pasti akan mempertimbangkanmu untuk menjadi karyawannya.

Biasanya, setelah memasuki tahap CV, tahap selanjutnya adalah interview dimana kamu akan dihubungi untuk test wawancara. Jangan panic guys, ikuti langkah di bawah ini.

11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja


1. Siapkan pertanyaanmu
Ada kalanya kita diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Agar kamu tidak gugup sebaiknya siapkan daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan ini juga berguna agar kamu siap sehingga tidak menanyakan hal yang tidak relevan. Bisa sangat memalukan jika kamu menanyakan hal yang sudah dibahas sebelumnya.

2. Jangan Telat
Pastikan kamu datang tepat waktu. Hitunglah lama perjalanan dari rumahnmu menuju tempat wawancara. Selain itu, perhatikan juga waktu untuk hal yang tak terduga seperti macet, ban bocor, dan sebagainya. jangan sampai hal ini membuatmu kehilangan pekerjaan impian. Usahakan kamu tiba di tempat wawancara 10-15 menit lebih awal.

3. Hati-hati
Berhati-hatilah dengan pertanyaan yang sifatnya menjebak. Misalnya saja, “Anda menginginkan gaji berapa?”, dan pertanyaan lainnya. Utarakan secara jujur dan adil dalam jawaban yang kamu berikan. Jangan dilebih-lebihkan maupun dikurangi.

[caption id="attachment_481" align="aligncenter" width="580"]11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja 11 Tips Ketika Menerima Panggilan Wawancara Kerja (Ilustrasi)[/caption]

4. Bawa CV mu
Walaupun kamu sudah mengirimnya melalui email, ada baiknya kamu tetap membawa CV mu, siapa tahu pewawancara lupa meletakkan Cv mu dan jangan lupa bawa alat tulis yang disimpan rapi dalam satu tas.

5. Pakaian
Perhatikan pakaian yang kamu kenakan. Pastikan kamu mengenakan pakaian yang cocok. Usahakan penampilanmu berbeda dengan pelamar lain. Berikan sedikit warna, jangan hanya hitam-putih saja. Janganlah mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Gunakan pakaian yang sopan namun tidak berlebihan.

6. Jujur
Dalam menjawab pertanyaan, usahakan kamu selalu menjawabnya dengan jujur. Jangan pernah berbohong untuk membuatmu tampak wah di mata pewawancara. Berbohong hanya akan membuatmu terlihat buruk di mata pewawancara dan membuat perusahaan ragu untuk merekrut orang yang berbohong. Belum bekerja saja sudah berbohong, apalagi jika sudah bekerja.

7. Terlalu santai
Walaupun pemilik perusahaan atau pewawancara adalah temanmu semasa sekolah, pastikan kamu tetap bersikap professional. Boleh saja jika kamu ingin bersikap ramah, namun jangan sampai terlalu santai hingga kamu mengucapkan kata yang tidak penting untuk dibicarakan di kantor.

8. Menceritakan kantor lama
Boleh saja menceritakan kantor lama, namun jangan sampai kamu menjelekkannya di depan pewawancara. Perusahaan tidak mau tahu apakah kamu memiliki bos yang galak atau pekerjaan yang banyak, dan sebagainya.

9. Jangan curhat
Ketika ditanya, jawablah seperlunya. Jangan malah curhat. Perusahaan tidak perlu tahu jika keluargamu sedang kesulitan ekonomi atau urusan lainnya. Jangan sampai kita terkesan ingin dikasihani. Yang membuatmu diterima adalah kualifikasimu, bukan yang lain.

10. Otak kosong
Pastikan kamu mejawab setiap pertanyaan yang diberikan. Jangan sampai kamu menjawab, “Tidak tahu Pak/Bu”. Apalagi terus-terusan tidak tahu. Jika kamu tidak mengetahui jawabannya, jawab saja setahumu. Jawablah, “Setahu saya,….”. dengan begitu kamu tidak terkesan menggurui .

11. Bahasa tubuh
Perhatikan juga bahasa tubuh selama wawancara. Jangan sampai kamu bersalaman dengan tangan yang basah lalu pastikan menjabat tangan secara wajar jangan terlalu meremas atau genit.

Itulah 11 tips bagi kamu yang akan menghadapi test interview. Pastikan kamu tetap semangat dan berusaha memberikan yang terbaik. Kalau belum diterima, mungkin saja perusahaan ini belum cocok untukmu.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar