10 Tips Agar Waktumu Efisien

10 Tips Agar Waktumu Efisien

10 Tips Agar Waktumu Efisien - Apakah kamu sering merasa waktu 24 jam ini tidak cukup untuk melakukan semua kegiatanmu? Jika hal ini sering terjadi, itu tanda bahwa kamu belum mengatur waktumu dengan baik. Agar kamu dapat memiliki manajemen waktu yang baik, lakukan hal di bawah ini

10 Tips Agar Waktumu Efisien


1. Perhatikan kesehatan
Menjaga lebih baik daripada mengobati dan kesehatan itu mahal harganya. Oleh karena itu, yuk jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga. Tubuh yang sehat akan membuatmu menjalani aktivitas dengan lancar karena badan tetap bugar dan fit.

2. Selesaikan tugas
Kalau kamu kira kamu bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, kamu salah besar. Melakukan pekerjaan yang banyak hanya akan membuatmu tidak fokus. Ada baiknya lakukan dahulu tugas yang penting, setelah selesai baru beralih ke perkerjaan lainnya. Dengan begitu, hasil pekerjaanmu pasti akan bagus.

3. Hindari hal yang membuang waktu
Jauhkan dirimu dari ponsel. Selain itu, hindari membuka facebook, email, dan media sosial lainnya yang membuatmu banyak kehilangan waktu. Hal itu hanya membuat waktumu terbuang sia-sia. Kamu harus tetap fokus dengan pekerjaanmu.

4. Lakukan sekarang
Jika memiliki pekerjaan, segeralah lakukan dan jangan menunda-nunda karena menunda hanya akan membuat harimu berantakan. Menunda merupakan kebiasaan buruk dan harus dihilangkan. Kamu ngga mau kan pulang membawa pekerjaan kantor karena menunda pekerjaanmu? Apalagi jika kebiasaan menunda ini membuat pekerjaanmu tak kunjung selesai dan membuatmu dimarahi bos.

[caption id="attachment_485" align="aligncenter" width="300"]10 Tips Agar Waktumu Efisien 10 Tips Agar Waktumu Efisien (Ilustrasi)[/caption]

5. Me time
Disela jadwal yang padat, kamu harus memiliki waktu untuk dirimu sendiri. Pastikan ada waktu beberapa jam untuk kamu melakukan hobimu. Hal ini akan membuat dirimu senang dan tubuh tetap rileks.

6. Rapikan rumah
Pastikan rapikan rumahmu agar barang-barang terletak di tempatnya. Sering tidak kamu kelimpungan dalam mencari suatu barang? Hal ini membuat waktumu menjadi tidak efisien. Mulai sekarang, rapikan rumah dan letakkan segala sesuatu pada tempatnya semula sehingga jika kamu membutuhkan benda tersebut, benda tersebut berada di tempatnya.

7. Mencatat
Aturlah semua jadwalmu dengan notes atau aplikasi di smartphonemu. Hal ini membuatmu tetap berada pada hal yang kamu rencanakan dan membuatmu terhindar dari melakukan hal yang membuang waktumu.

8. Buat prioritas
Buatlah prioritas, mana pekerjaan yang harus diselesaikan dahulu. Mana pekerjaan yang sifatnya mendesak? Mana pekerjaan yang masih bisa ditunda, dan sebagainya. Fokuskan pada hal yang penting dan mendesak. Setelah itu barulah beranjak ke hal yang penting namun tidak mendesak, dan sebagainya.

9. Buat catatan kegiatan harian
Buatlah catatan mengenai aktivitas apa saja yang kamu lakukan hari ini. Lakukan selama berhari-hari, setelah itu lihatlah kembali. Kamu akan tahu kegiatan apa yang banyak menyita waktu dan membuatmu harus lebih realistis dalam membuat jadwal harianmu.

10. Jangan dipaksakan
Walaupun kamu telah membuat waktumu efisien, pastikan semuanya tidak dipaksakan. Lakukan dengan enjoy. Jangan sampai membuatmu merasa stress dan sakit. Jangan terlalu dipaksakan. Usahakan setiap weekend kamu merilekskan badan agar nanti dapat kembali fit dan bugar untuk beraktivitas. Jika kamu tidak mampu melakukan pekerjaan yang diberikan, jujur saja daripada kamu dilanda stress dan sakit.

Itulah 10 Tips Agar Waktumu Efisien. Mulai sekarang belajarlah untuk mengatur waktu dengan baik. jangan sia-siakan waktu yang berharga itu. Jadilah orang yang bijak dengan tidak membuang waktu.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar